[Jawaban] Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas? Ini Alasannya


Alat Pemuas Kebutuhan – Kebutuhan manusia atau disebut human needs adalah rasa yang timbul secara alami dalam diri manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang dibutuhkan dalam kehidupannya.

Hal ini sehingga memunculkan keinginan manusia atau disebut “human wants” , untuk mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan sebagai alat pemuas kebutuhan hidupnya.

Pada kenyataanya untuk mendapatkan macam-macam alat pemuas kebutuhan ada yang bisa didapatkan karena usahanya tersendiri, dan ada yang karena bantuan pihak lain atau jalin kerja sama diantaranya.

Namun, biasanya terkadang hal itu harus didapatkan dari pihak lain sebab terdapat keterbatasan kemampuan untuk menyediakan kebutuhan sendiri.



Apabila terdapat alat-alat pemuas kebutuhan seperti barang atau jasa tidak bisa disediakan sendiri, maka dibutuhkan layanan dari pihak lain untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan.



Untuk memenuhi ini sehingga itulah mengapa dikatakan manusia sebagai makhluk sosial yang hidup saling membutuhkan.



Dalam memenuhi kebutuhan itu, manusia menjalin kerja sama yang sifatnya timbal balik atau saling menguntungkan atau dalam hukum Indonesia di kenal dengan istilah perikatan.

Perikatan adalah suatu hubungan hukum antara dua individu atau dua pihak, dimana pihak yang satu menuntut sesuatu hal atau prestasi dari pihak yang lain, dan pihak yang lain berkewajiban untuk memenuhi tuntutan tersebut.

Namun pada kali ini, penulis tidak akan lebih jauh menyoal bagaimana terjalinnya kerja sama dalam memenuhi kebutuhan manusia.

Akan tetapi lebih kepada alat pemuas kebutuhan sebagaimana topik pembahasan kali ini mengenai “Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas”. Terkadang juga disebut langka.

Sebelum menjelaskan tentang jawaban mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas, tahukah anda mengenai Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan itu?

Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian alat pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan manusia baik itu yang berupa barang dan jasa.

Berdasarkan dari definisi alat pemuas kebutuhan diatas yang menyebutkan bahwa alat pemuas kebutuhan adalah barang dan jasa yang merupakan 2 jenis dari alat pemuas kebutuhan, maka definisi dari kedua jenis alat pemuas kebutuhan itu adalah:

  1. Arti Barang adalah alat pemuas kebutuhan yang berwujud, yang bisa diinderai contohnya pulpen, handphone, buku pelajaran, tas sekolah, baju, sepatu, perumahan, dan kendaraan.
  2. Arti Jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud (abstrak) namun bisa dirasakan manfaatnya. Contohnya adalah guru, pengacara, dokter, perawat, taksi, gojek, grab, tukang becak dll.

Dalam menghasilkan barang kebutuhan, perlu sumber daya contohnya dalam membuat sepeda, yang dibutuhkan besi, karet, cat, tempat, tenaga manusia.

Dengan kata lain bahwa sumber daya untuk menghasilkan barang kebutuhan terbatas apabila dibandingkan dengan kebutuhan manusia yang tak terbatas.

Maka dari itulah, pada kali ini penulis akan menjawab pertanyaan “Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas Atau Langka”? yang dapat dilihat dibawah ini:

[Jawaban] Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas? Ini Alasannya (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas? Ini Alasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas Adalah?

Menciptakan dan mengelolah benda menjadi barang berguna untuk memuaskan kebutuhan manusia perlu usaha dan produksi yang membutuhkan sumber daya manusia dan sumber daya alam sebagai sumber daya produksi.

Sedangkan sumber daya produksi adalah terbatas, sebab terdapat sedikit sumber daya manusia yang bisa membuat benda tersebut dan juga sumber daya alam yang tidak langsung akan terbentuk sebab membutuhkan waktu yang lama diproses oleh alam.

Olehnya itu, bagi wirausaha terkadang kesulitan untuk mencari ketiga sumber daya seperti alam, manusia dan modal dalam melancarkan produksi alat pemuas kebutuhan manusia karena jumlahnya yang sedikit, langka atau terbatas.

Berdasarkan dari jawaban diatas tentang Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas, yang apabila diuraikan kembali secara spesifik terdapat 5 point alasan mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas atau langka yang dapat dilihat dibawah ini:

  1. Terbatasnya persediaan sumber alam.
  2. Terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah alam.
  3. Keserakahan manusia dengan akibat berkurangnya benda pemuas kebutuhan, atau menjadi cepat rusaknya benda, misalnya: penebangan hutan liar.
  4. Meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat dari kemampuan manusia untuk menghasilkan atau belum ditemukannya sumber-sumber baru.

Demikianlah jawaban mengenai Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagai teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *