Manusia Yang Sempurna Dari Wujud & Pengetahuan Dinamakan? Ini Jawabannya


Arti Insan Kamil Adalah –¬†Manusia adalah sesuatu yang terkesan mudah untuk dijelaskan, namun jauh dari pada itu adalah hal yang sulit. Terdapat hal yang misterius dalam diri kita. Walaupun kita adalah yang mengendalikannya,

Hal itu adalah naluri manusia untuk terus mencari sesuatu yang seperti ada yang hilang dalam diri kita. Dari perasaan itu, membuat manusia terus mencari dan mencari hingga menemukan sesuatu yang hilang dalam dirinya.

Mencari sesuatu tersebut adalah proses yang dijalani manusia di muka bumi ini. Dengan berbekal wujud dan pengetahuan, maka manusia dapat mencapainya.

Namun apabila wujud tidak difungsikan sebagaimana mestinya untuk dapat melihat tanda-tanda apa yang ada di langit dan di bumi, maka kesempurnaan itu tidak didapatkan oleh manusia.



Sudah ada banyak yang mencoba dan ini adalah tugas dan kewajiban dari setiap manusia untuk menyempurnakan dirinya melalui apa yang ada di muka bumi ini. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami keraguan, kecelakaan dan kemunduran dalam perjalanannya.



Hingga pada akhirnya, tersesat dalam kegelapan menjadikan dirinya seorang kriminal, penjahat dll. Olehnya itu, untuk mendapatkan kesempurnaan dalam wujud dan pengetahuan itu dibutuhkan proses yang panjang dan usaha yang banyak.



Manusia yang sempurna dari segi wujud dan pengetahuan dinamakan dengan insan kamil? apasih itu insan kamil? Berikut pengertiannya.

Pengertian Insan Kamil Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan istilah Insan Kamil sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yang terdiri atas 2 kata yaitu Insan dan kamil.

Secara harfiah, arti Insan adalah manusia, dan kamil adalah yang sempurna. Dengan demikian, pengertian insan kamil secara etimologi adalah manusia yang sempurna.

Sedangkan pengertian insan kamil secara umum adalah suatu keadaan untuk menunjukkan pada sempurnanya zat dan sifat melalui terkumpulnya sejumlah potensi dan kelengkapan seperti ilmu, dan sekalian sifat yang baik lainnya.

Menurut pendapat para ahli dalam hal ini Jamil Shaliba bahwa yang dimaksud dengan Insan adalah sesuatu yang digunakan untuk arti manusia dari segi sifatnya bukan fisiknya. Sifat yang terpuji, kasih sayang, mulia dan lainnya.

Selanjutnya kata insan dipakai oleh para filosof klasik untuk mendefinisikan manusia secara totalitas yang secara langsung mengarah pada hakikat manusia.Diketahui bahwa Nabi Muhammad Saw dikatakan sebagai teladan insan kamil yang dalam istilah populernya dapat ditinjau dalam Q.S. al- Ahdzab/33:21:

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”.

Allah SWT tidak membiarkan kita untuk menginterpretasikan tata nilai tersebut semaunya, berstandard seenaknya, tapi juga memberikan kepada kita, Rasulullah SAW yang menjadi uswah hasanah.

Rasulullah SAW merupakan insan kamil, manusia paripurna, yang tidak ada satupun sisi-sisi kemanusiaan yang tidak disentuhnya selama hidupnya. Ia adalah ciptaan terbaik yang kepadanya kita merujuk akan akhlaq yang mulia. Sebagaimana firman Allah SWT:

“Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar memiliki akhlaq yang mulia.” (QS. Al-Qolam:4)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Manusia Yang Sempurna Dari Wujud & Pengetahuan Dinamakan? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *