Manfaat Kunyit Untuk Lambung Adalah? Ini Cara Mengolahnya


Manfaat Kunyit Untuk Lambung  – Kunyit merupakan rempah-rempah yang mudah tumbuh dan sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman tradisional ini tersebar merata di seluruh pelosok Indonesia. Biasanya tanaman ini dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan bahan untuk membuat jamu. Selain itu, sejak lama kunyit telah banyak mengandung manfaat yang mengobati penyakit tertentu yang dijadikan sebagai bahan utama.

Hal itu dikarenakan bahan ini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh manusia dan juga berbagai penyakit. Terkadang, kunyit juga menjadi campuran dari berbagai bahan herbal untuk membuat obat. Terbukti dimana keyakinan akan kunyit ini sudah sejak dulu digunakan dari 2500 tahun yang lalu di India, yang pada saat itu Kunyit dimanfaatkan sebagai pewarna dan juga obat-obatan.

Saat ini, ada banyak hasil-hasil penelitian yang membuktikan manfaat dan khasiat kunyit yang dimana diketahui bisa mengatasi dan mengobati masalah sendi sampai masalah lambung. Penyakit asam lambung adalah penyakit yang sering terjadi apalagi bagi mahasiswa. Sebab terkadang penyakit ini muncul karena aktivitas atau pola hidup yang tidak teratur dimana sering makan telat dll. Pada saat asam lambung naik, gejala yang dirasakan oleh manusia akan merasakan nyeri yang berada di bagian ulu hati.

Walaupun penyakit yang biasa terjadi dan yang kemungkinan sangat kecil mematikan tapi, penyakit asam lambung ini sangat mengganggu karena bisa naik sampai ke kerongkongan dan memberikan efek yang tidak nyaman di kerongkongan. Maka dari itu, pada kali ini penulis akan menjelaskan mengenai manfaat kunyit untuk lambung terkhusus mengobati asam lambung.



Manfaat Kunyit Untuk Lambung Adalah?

Sebenarnya tidak ada bukti atau hasil penelitian yang langsung menyebutkan tentang manfaat kunyit untuk lambung, akan tetapi dari kandungan yang ada ternyata kunyit memiliki manfaat karena kaya akan senyawa antiperadangan dan antioksidan. Selain itu dalam pengobatan tradisional negara China dan Ayurveda yang berasal dari India ternyata kunyit dimanfaatkan untuk mengobati penyakit seperti radang sendi, nyeri haid serta meningkatkan fungsi hati dan pencernaan.



Apalagi dalam mengatasi asam lambung yang naik, kunyit mampu untuk mengobati hal itu dengan cara-cara tertentu. Sebab kandungan kunyit dengan bahan aktif curcumin memberikan pengaruh bagi tubuh agar tetap sehat. Curcumin juga adalah antioksidan dan polifenol yang bertindak sebagai agen antivirus, antibakteri, dan potensial sebagai antikanker.



Berdasarkan penelitian yang ditemukan pada tahun 2007 menyebutkan bahwa GERD (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung naik ini disebabkan karena peradangan dan stres oksidatif. Melalui hal itu dari gejala sehingga asam lambung naik, maka dibutuhkan zat atau obat yang mempunyai kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Studi laboratorium terpisah pada 2011 juga menunjukkan, zat antiinflamasi curcumin dapat mencegah peradangan esofagus.

Dengan demikian, kunyit dan ekstrak curcumin potensial digunakan sebagai obat asam lambung alami. Berdasarkan dari hal itu, lantas seperti apa cara mengolah atau membuat obat asam lambung dengan kunyit?. Berdasarkan dari hal itu, dibawah ini akan dijelaskan tentang cara mengolah kunyit untuk mengobati asam lambung.

Cara Membuat Kunyit Untuk Obat Asam Lambung Adalah?

Cara membuat kunyit untuk mengobati asam lambung tidaklah susah, melainkan hanya dengan beberapa menit saja, setiap orang mampu membuatnya. Cukup dengan mengikuti alur dari tahap ke tahap cara membuat obat asam lambung dengan bahan kunyit.

    1. Gunakan batang atau rimpang kunyit kering
    2. Tumbuk sampai menjadi bubuk
    3. Manfaatkan bubuk tersebut menjadi minuman atau campuran memasak.
    4. Dosis untuk mengobati asam lambung adalah 500 miligram curcumin atau 1/2 sendok teh bubuk kunyit perhari.

Hal yang perlu diketahui adalah kunyit tidak mudah diserap oleh tubuh sehingga harus dicampur dengan sedikit lada hitam. Apabila berlebihan dalam memakai kunyit, maka efek samping yang dihasilkan adalah mual, diare, dan alergi pada kulit.

Kandungan Kunyit Adalah 

Selain itu, untuk informasi tambahan, ternyata kunyit memang memiliki banyak kandungan yang berguna bagi tubuh seperti untuk jumlah per 100 g, kunyit mempunyai berbagai kandungan seperti:

    • Kalori (kcal) 354
    • Jumlah Lemak (10 g)
    • Lemak jenuh (3,1 g)
    • Lemak tak jenuh ganda (2,2 g)
    • Lemak tak jenuh tunggal (1,7 g)
    • Kolesterol (0 mg)
    • Natrium (38 mg)
    • Kalium (2.525 mg)
    • Jumlah Karbohidrat (65 g)
    • Serat pangan (21 g)
    • Gula (3,2 g)
    • Protein (8 g)
    • Vitamin A (0 IU)
    • Vitamin C (25,9 mg)
    • Kalsium (183 mg)
    • Zat besi (41,4 mg)
    • Vitamin D (0 IU)
    • Vitamin B6 (1,8 mg)
    • Vitamin B12 (0 µg)
    • Magnesium (193 mg)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Manfaat Kunyit Untuk Lambung Adalah? Ini Cara Mengolahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *