Manfaat Jus Pare Untuk Mengatasi Diabetes, Ini Caranya


Manfaat Jus Pare Untuk Mengatasi Diabetes – Penggunaan obat berbahan tanaman tradisional sudah sering dilakukan oleh banyak orang salah satunya adalah Pare. Siapasih yang tidak mengenal tentang tanaman pare ini yang mempunyai rasa yang pahit. Namun walaupun demikian, buah yang berasal dari tumbuhan Mamordica Charantia mempunyai segudang manfaat sekalipun rasanya pahit tetap saja buah ini dijadikan sebagai sayuran dan sekaligus sebagai obat.

Memang ada banyak makanan yang dapat dibuat dengan berbahan dasar pare, sejauh kreativitas seseorang untuk membuat buah yang berkhasiat tinggi bisa dinikmati setiap orang. Sebab perlu diketahui bersama bahwa manfaat pare yang utama adalah dapat mengatasi sakit perut, demam, batuk kronis, nyeri haid, dan gatal-gatal.

Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh seseorang adalah dengan membuat jus pare. Memang terdengar sedikit baru dan aneh, sebab biasanya jus dibuat dengan buah-buah yang menyegarkan dan manis. Namun tidak jadi masalah bagi seseorang yang ingin membuat jus pare sebab khasiat dan manfaat buah ini sangat luar biasa sebab dapat mengobati penyakit kronis salah satunya adalah diabetes. Hal itu karena jus pare dapat menurunkan kadar gula darah.

Manfaat Jus Pare Untuk Diabetes?

Manfaat jus pare dapat mengatasi dan mengobati diabetes bukanlah ungkapan semata tanpa bukti, sebab hal ini berdasarkan kandungan pare bernama Charanti yang mempunyai efek samping dalam menurunkan kadar gula darah. Selain itu, Pare juga mengandung lektin yang fungsinya untuk mengurangi konsentrasi gula darah.



Lantas bagaimana sih cara kerja pare dalam mengatasi dan mengobati diabetes?, hal itu dilakukan dengan menekan nafsu makan melalui pengendalian jaringan perifer ke otak. Kandungan pare ini yang menjadi faktor utama dalam menurunkan kadar gula darah setelah mengonsumsi pare yang bermanfaat dalam mengobati diabetes.



Selain itu, buah ini mempunyai zat yang dapat membawa glukosa ke dalam sel hati, otot dan lemak untuk menjadi pasokan energi dan membantu tubuh dalam mempertahankan nutrisi.



Penelitian Buah Pare Untuk Atasi Diabetes?

Sebenarnya perlu diketahui bersama bahwa walaupun pare bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah, akan tetapi pare belum menjadi obat tradisional alami yang direkomendasikan. Sebab buah ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Adapun laporan ilmiah soal buah pare yang dapat mengatasi diabetes seperti publikasi dari Cochrane Database of Systematic Reviews menyimpulkan, konsumsi pare untuk pasien diabetes tipe 2 membutuhkan penelitian lanjutan khususnya terkait efek dan penggunaannya untuk terapi.

Sedangkan apabila mengacu dari studi yang dirilis di Journal of Ethnopharmacology membandingkan efektivitas pare dan obat diabetes untuk mengontrol gula darah. Ternyata hasil yang didapatkan bahwa memang buah pare bisa mengatasi diabetes tipe 2 karena dapat mengurangi kadar fruktosamin.

Walaupun demikian, ternyata efektivitas buah pare dalam mengatasi diabetes kalah dari obat diabetes. Selain itu, sulitnya mengetahui dosis atau takaran pas dalam mengonsumsi pare bagi penderita diabetes. Namun tidak ada salahnya saja, jika penderita diabetes mengkonsumsi sayur pare atau membuatnya dalam bentuk jus pare. Asal yang paling utama adalah tidak berlebihan.

Kandungan Buah Pare Adalah?

Berdasarkan dari informasi yang didapatkan bahwa sayuran ini mempunyai sejumlah nutrisi yakni:

    1. Vitamin C, A, E, B-1, B-3, dan B-9
    2. Mineral kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, zat besi
    3. Antioksidan fenol, flavonoid, dll.

Penderita diabetes yang ingin makan sayur pare atau minum jus pare perlu lebih cermat. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Konsumsi pare bersamaan dengan obat pengontrol gula darah dapat mengubah efektivitas obat sampai bisa memberikan efek samping gula darah drop.

Sedangkan saat mengkonsumsi pare berlebihan dapat menyebabkan diare, muntah, sakit perut, dan masalah pencernaan lain. Batasi konsumsi pare maksimal seberat dua ons atau tak lebih dari dua buah pare per hari.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Manfaat Jus Pare Untuk Mengatasi Diabetes, Ini Caranya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *