Manfaat Jambu Biji Merah, Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda


Bisa dikatakan bahwa Indonesia punya letak dan iklim yang sangat cocok dalam pertumbuhan tanaman yang kaya akan manfaat dan khasiat seperti tanaman jambu biji. Sejak dulu, tanaman ini sudah dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai makanan dan minuman. Tanaman buah ini dalam sejarahnya bukan asli berasal di Indonesia melainkan berada di Amerika Tengah dan selanjutnya menyebar ke Asia khususnya di Jawa.

Apalagi ditengah iklim Indonesia yang sangat cocok bagi tanaman ini membuat jambu biji tersebar hingga ke pelosok pulau Indonesia. Salah satu jenis buah jambu biji yang terkenal dan populer adalah Jambu Biji Merah. Biasanya buah ini dijadikan dalam bentuk minuman maupun makanan mulai dari jus, smoothies, hingga salad buah. Hal itu karena kandungan rasa yang manis dan asam membuat seseorang ketika mengkonsumsi akan merasa segar.

Selain dari rasanya, buah jambu biji merah ini juga kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitami C yang merupakan sumber imunitas atau daya tahan tubuh yang diketahui bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh apalagi musim saat ini penuh dengan wabah atau virus yang telah menginfeksi jutaan orang yakni Virus Corona atau Covid-19.

Berdasarkan data pada 11 Juli 2020 yakni telah mematikan 3.469 orang warga Indonesia serta 559 rb orang meninggal dunia pada 11 Juli 2020. Jumlah terkena Virus Corona atau Covid-19 ini terus bertambah dari data-data grafik dan terbaru yang. Secara menyeluruh, jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Indonesia sekitar 72.347 orang dan 12,4 jt didunia. Berkat kerja keras seluruh tenaga kesehatan dan para ilmuwan medis akhirnya dapat menekan jumlah kematian dimana diketahui dari data yang ada tercatat 33.529 orang sembuh di Indonesia dan 6,83 jt orang sembuh di dunia.



Kandungan Jambu Biji Merah Adalah?

Maka dari itu, kebutuhan akan zat yang kaya akan gizi dan mineral yang bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah terserang virus adalah dengan memanfaatkan buah seperti buah jambu biji merah. Adapun kandungan gizi dari jambu biji merah sehingga bermanfaat bagi tubuh adalah:



    • Fosfor 28 mg
    • Zat Besi 1,1 mg
    • Protein 0,9 g
    • Lemak (0,3) g
    • Vitamin B1 0,02 mg
    • Energi 49 kal
    • Air 86 g
    • Karbohidrat 12,2 g
    • Serat 5,6 g
    • Kalsium 14 mg
    • Vitamin C 87 mg
    • Vitamin A 25 IU

Manfaat Jambu Biji Merah Dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh

Seperti penjelasan singkat diatas yang dikatakan bahwa jambu biji merah memiliki sumber vitamin C yang tinggi dan bahkan jika dibandingkan dengan Jeruk, jambu biji merah adalah pemenangnya. Kandungan yang kaya akan vitamin C ini membuat sistem imunitas atau daya tahan tubuh meningkat. Dengan kandungan jambu biji merah ini sehingga setiap orang dapat terlindung dan terhindar dari serangan berbagai infeksi kuman, bakteri hingga virus penyebab penyakit.



Tidak hanya bermanfaat untuk terhindar dari Virus, Bakteri dan kuman, jambu biji merah juga menjaga kesehatan tulang, gusi, gigi dan pembuluh darah. Bahkan dengan kandungan ini, berkhasiat dalam penyerapan zat besi, meningkatkan fungsi otak serta mempercepat penyembuhan luka anda.

Selain itu, jambu biji merah juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol, melancarkan saluran pencernaan, baik untuk kesehatan mata, menyehatkan kulit dan mencegah demam beradara. Manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonoid dan fitonutrien yang efektif untuk mencegah kanker.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Manfaat Jambu Biji Merah, Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *