Apa Manfaat Gotong Royong Adalah? Ini 6 Manfaatnya


Manfaat Gotong Royong Adalah – Setiap bangsa dalam sebuah negara pasti mempunyai suatu kebudayaan yang menjadi ciri khas yang menjadi pembeda yang terdapat dalam bangsa lain seperti bangsa Indonesia. Sebagaimana yang diketahui dan yang diungkapkan oleh banyak negara bahwa Indonesia adalah negara yang terkenal ramah.

Selain itu, ciri khas dari bangsa Indonesia juga merupakan negara yang menjunjung tinggi nilai luhur kebudayaan yang diwariskan oleh generasi terdahulu. Salah satu budaya yang masih dipegang oleh masyarakat Indonesia yaitu budaya gotong royong.

Gotong royong adalah ciri khas nenek moyang Indonesia sejak awal yang diwariskan dari setiap generasi. Budaya yang mengedepankan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi. Dimana setiap orang bahu membahu membantu meringankan beban orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan.

Gotong royong itu sendiri adalah nilai asli bangsa Indonesia yang menyatukan atau mempersatukan perbedaan dan merupakan perilaku yang dinyatakan dalam Pancasila dalam sila ke-3 “Persatuan Indonesia”. Maka tidaklah salah bisa dikatakan bahwa gotong royong adalah perilaku yang membuat seluruh warga menjadi bersatu dalam hal-hal sederhana ditengah berbagai perbedaan karena luas wilayah negara yang besar.



Dulu dan sekarang budaya gotong royong masih tetaplah ada, walaupun budaya ini dari waktu ke waktu mengalami pergeseran yang merupakan dampak dari modernisasi, yang merupakan dampak dari kapitalisme yang mempunyai banyak dari warga Indonesia menjadi individual atau egois.



Padahal, Gotong royong merupakan salah satu budaya kearifan lokal masyarakat Indonesia yang lahir dari kesadaran diri sendiri tanpa adanya unsur paksaan atau perintah dari orang lain. Seperti kerja bakti membersihkan lingkungan di sekitar kita.



Apa Manfaat Gotong Royong Adalah? Ini 6 Manfaatnya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Manfaat Gotong Royong Adalah? Ini 6 Manfaatnya (Foto: Artikelsiana.com)

Namun, aktivitas ini sudah mulai langka dilakukan di lingkungan masyarakat atau meluntur kebudayaan ini. Terlebih lagi anak muda yang turut serta kerja bakti saat ini, hampir tidak ada.

Pengertian Gotong Royong Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian gotong royong adalah sebagai bentuk solidaritas sosial, terbentuk karena adanya bantuan dari pihak lain, untuk kepentingan pribadi ataupun kepentingan kelompok sehingga di dalamnya terdapat sikap loyal dari setiap warga sebagai satu kesatuan.

Selain itu, bisa juga dijelaskan bahwa arti gotong royong adalah aktifitas bekerjasama antara sejumlah besar warga desa untuk menyelesaikan suatu proyek tertentu yang dianggap berguna bagi kepentingan umum.

Secara etimologi, istilah gotong royong sebenarnya berasal dari kata yang terdapat dalam bahasa Jawa atau bernuansa Jawa. Kata gotong royong berasal dari 2 kata yaitu gotong dan royong. Arti kata gotong bisa diartikan sebagai kata “pikul atau angkat”. Sedangkan arti kata royong adalah “dengan bersama-sama”.

Menurut Kemendikbud (2014: 70) bahwa yang dimaksud dengan pengertian gotong royong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.

Selain itu gotong royong mengedepankan kesatuan, kebersamaan, kekeluargaan dan kerukunan sebagai unsur dari gotong royong. Kegiatan gotong royong dilakukan warga komunitas, baik yang berada di pedesaan maupun di perkotaan, yang penting mereka dalam kehidupannya senantiasa memerlukan orang lain.

Gotong royong tidak hanya membantu sesama saja, melainkan terdapat indikator sehingga dikatakan sebagai gotong royong seperti terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah, kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan, aktif dalam kerja kelompok, mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain,

Selain itu indikator selajutnya dapat dikatakan bahwa orang itu atau kelompok itu melakukan gotong royong adalah mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama dan memusatkan perhatian pada tujuan kelompok, tidak mendahulukan kepentingan pribadi, bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan.

Manfaat Gotong Royong Adalah?

Budaya gotong royong dapat memberikan manfaat bagi kehidupan bermasyarakat dan berwarga negara, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung.
  2. Karena saling menanggung pekerjaan membuat pekerjaan dapat selesai.
  3. Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat.
  4. Keamanan warga semakin terjamin.
  5. Menjalin dan membina hubungan sosial yang baik dan harmonis antarwarga masyarakat.
  6. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.
Apa Manfaat Gotong Royong Adalah? Ini 6 Manfaatnya
Apa Manfaat Gotong Royong Adalah? Ini 6 Manfaatnya

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Manfaat Gotong Royong Adalah? Ini 6 Manfaatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *