Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Jerawat Membandel, Ternyata Ampuh


Bagi kalangan anak muda jaman sekarang yang sering disebut anak milenial, melihat orang tua mengunyah daun sirih dikatakan membuat seseorang risih. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa daun sirih ini adalah tanaman pengganggu atau gulma. Sebab tumbuhnya, di area lembab dan tersembunyi seperti sawah dan pekarangan rumah.

Tapi sebelum menganggap daun sirih sebagai tanaman yang buruk, perlu kamu ketahui bahwa daun sirih ini mempunyai banyak manfaat yang berguna bagi tubuh. Terdapat lebih dari 100 varietas daun sirih yang tersebar di seluruh dunia. Berdasarkan dari Ayurveda (pengobatan kuno India), daun sirih sudah menjadi obat sejak 400 SM silam dan di sana daun sirih dilambangkan sebagai daun ’emas’.

Hal itu karena tanaman yang kerap dikonotasikan sebagai tanaman tak berguna dan bahkan pengganggu. Ternyata tanaman ini justru diistilahkan sebagai tanaman emas. Istilah ini tidak asal disematkan, sebab daun sirih mempunyai segudang manfaat bagus untuk tubuh walaupun kelihatannya hanya tanaman biasa.

Daun sirih merupakan tanaman yang termasuk keluarga Piperaceae (keluarga lada hitam) yang sudah sejak dulu dipakai sebagai pengobatan sebab berbagai riset penelitian telah menyebutkan bahwa daun sirih mempunyai kandungan yang berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh manusia apalagi salah satu jenisnya yakni daun sirih Cina.



Apa itu Daun Sirih Cina?

Daun Sirih Cina adalah tanaman yang mempunyai nama ilmiah Peperomia pellucida. Daun Sirih Cina juga sering disebut ketumpang air, dan orang jawa biasa menyebutnya seladan atau suruhan dan orang sunda menyebutnya sirih ciha.



Seperti daun sirih biasanya, tapi daun sirih cina ini mempunyai daun yang lebih kecil, dan biasanya tumbuh hanya sekitar 45 cm dan tidak tahan dengan sinar matahari. Hal itu membuat tanaman ini rentan untuk mati, itulah yang membuat daun sirih cina banyak tumbuh di tempat yang lembab dan tersembunyi.



Berbagai fakta tentang kandungan Daun Sirih sebenarnya ada banyak, dan fakta-fakta tentang manfaatnya untuk kesehatan juga tidak terhitung. Terkhusus daun sirih Cina pun demikian, dimana daun ini mempunyai kandungan seperti alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak dan minyak. Selain itu Daun Sirih Cina mengandung sifat anti inflmatory, antibiotik, dan analgesik. Sudah banyak penyakit yang biasa diobati oleh daun sirih cina seperti penyakit abses, bisul, radang kulit.

Dalam mengobatinya sangatlah simpel dan teramat sederhana, hal itulah mengapa daun sirih Cina digolongkan sebagai obat traditional yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pengobatan tubuh. Memang, manfaat daun sirih khususnya daun sirih cina sudah tersebar luas dalam hal kesehatan dan pengobatan, tapi beda halnya dengan kecantikan.

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Jerawat Membandel

Apakah ia daun sirih cina bisa bermanfaat untuk kecantikan?. Tentu ini sangat mengagetkan bagi setiap orang, orang mendengar pasti akan terkejut dan mengatakan bahwa daun sirih cina mustahil untuk memiliki manfaat untuk kecantikan. Ungkapan ini bukanlah sekedar kata yang tanpa bukti, sebab daun sirih cina baik kuning atau hijau mempunyai sifat antiseptik dan kaya polifenol. Selain itu, daun sirih cina mempunyai kandungan chavicol yang baik melindungi kulit.

Hal inilah yang menjadi senyawa atau kandungan utama yang yang membuat daun sirih cina bermanfaat bagi kecantikan tubuh apalagi persoalan kulit yakni masalah-masalah kulit. Tentu masalah kulit yang paling utama adalah persoalan jerawat.

Kandungan inilah yang membuat daun sirih cina mampu mengatasi jerawat membandel yang bisa merusak penampilan setiap orang. Selain dari chavicol, daun sirih cina mengeluarkan minyak esensial alami yang dipercaya dapat mengeringkan jerawat meradang para area wajah, punggung, leher atau dada. Sebagaimana diketahui bahwa minyak atsiri punya sifat antibakteri, antiprotozoal, dan antijamur.

Cara Mengatasi Jerawat Membandel Dengan Daun Sirih Cina?

Adapun tata cara mengatasi atau langkah-langkah yang bisa dilakukan atau bagaimana cara mengolah bahan daun sirih cina untuk mengatasi jerawat adalah:

    1. Pertama-tama, siapkan 10 lembar daun sirih, sedikit garam halus dan air hangat
    2. Tumbuk daun sirih tersebut hingga halus dan bubuhkan sedikit garam halus
    3. Berikan beberapa tetes air hangat di tumbukan tersebut
    4. Campur hingga merata
    5. Oleskan tumbukan tersebut ke jerawat yang membandel
    6. Diamkan 15 – 30 menit dan basuh dengan air bersih
    7. Ulangi setiap hari hingga jerawat menghilang

Selain itu, daun sirih juga bisa dipakai masker wajah. Caranya hampir sama seperti di atas. tapi untuk masker wajah, ditambahkan garam. Cukup tumbukkan daun sirih, ditambahkan sedikit air hangat. Lalu balurkan ke seluruh wajah, dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, basuhlah menggunakan air bersih. Nah, wajah awet muda dan berseri-seri sudah menanti Anda.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Jerawat Membandel, Ternyata Ampuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *