Makhluk Hidup Tersusun Atas Sel Prokariotik Adalah? Ini Arti, Contoh & Ciri-Cirinya


Makhluk Hidup Tersusun Atas Sel Prokariotik Adalah – Berbicara soal sel, apabila merujuk pada pengertiannya adalah unit terkecil kehidupan. Sel tidak dapat berdiri sendiri, sel walaupun menjadi bagian terkecil namun tetap saja mempunyai struktur atau bagian-bagian sel yang menyusun kehidupan. Secara garis besar, sel tersusun atas membran sel, sitoplasma, dan organel-organel.

Sel Gabus pertama kali ditemukan bukanlah berupa ruangan berisi cairan yang ditengahnya terdapat inti, melainkan hanya berupa deretan ruangan kecil. Sel seperti itu tidak menggambarkan sel sebenarnya. Ruangan yang ada di dalam sel makhluk hidup tidak sederhana,tetapi mempunyai sekat-sekat yang tersusun atas membran dalam.

Membran dalam tersebut membentuk sistem membran dalam atau sistem endomembran. Dengan adanya sistem endomembran, ruangannya sel dibagi menjadi beberapa bagian. Misalnya, terdapat sekat yang berliku-liku membentuk lorong kecil yang dikenal sebagai retikulum endoplasma (RE, retikulum = anyaman, endoplasma = cairan dalam)cairan dalam).

Bagian terkecil dari suatu makhluk hidup adalah sel. Sel memiliki struktur yang dibagi menjadi dua apabila digolongkan berdasar pada struktur sel penyusun tubuhnya yaitur sel prokariotik dan sel eukariotik. Seluruh organisme tersusun atas salah satu sel prokariotik dan sel eukariotik. Berbicara soal sel prokariotik, tahukah anda apa pengertian, ciri-ciri dan makhluk hidup yang tersusun atas sel prokariotik adalah:



Pengertian Sel Prokariotik Adalah?

Secara Umum, Pengertian Sel Prokariotik adalah sel yang tidak memiliki selaput inti atau membran inti sel. Sedangkan dari Pengertian Sel Eukariotik adalah sel yang memiliki selaput inti/membran inti sel.



Sel prokariotik memiliki materi genetik yang tidak dibungkus oleh selaput. Umumnya sel prokariotik adalah uniseluler, walaupun terdapat beberapa dari multiseluler. Sel prokariotik uniseluler dapat membentuk koloni. Istilah prokariota berasal dari bahasa Yunani dari kata pro yang berarti sebelum sedangkan kata karyon yang berarti kacang atau biji. Contoh sel prokariotik adalah bakteri (bacteria) dan sianobacteria (cyanobacteria).



Sel Prokariotik punya DN sirkuler (plasmid), dan ribosom yang untuk sintesis protien, membran plasma membatasi sel, dinding sel yang ada di luar membran plasma dan dilapisi kapsul yang mirip gel. Kebanyakan sel prokariotik adalah bakteri. Selain itu bakteri yang terdapat dalam sel prokariotik adalah yang memiliki organel perlekatan berupa pili dan organel pergerakan berupa flagela. Sel bakteri (prokariotik) pada umumnya berdiameter 0,1-1,0 m.

Ciri-Ciri Sel Prokariotik Adalah?

Selain itu, untuk membedakan sel prokariotik dengan sel eukariotik sangatlah mudah, cukup mengacu atau mengidentifikasi sel prokariotik dengan merujuk pada ciri-ciri atau karakteristik sel prokariotik itu yang bisa dilihat dibawah ini:

  1. Tidak mempunyai organel lain selain ribosom.
  2. Tidak dijumpai mitokondria, retikulum endoplasma (RE), dan badan golgi, tetapi di jumpai adanya ribosom.
  3. DNA atau Bahan gen terletak dalam sitoplasma yang memiliki bentuk cincin bulat.
  4. Sitoplasma dan materi genetik bercampur, sehingga materi inti tidak dibatasi oleh membran inti melainkan hanya mengumpul pada daerah yang di sebut nukleoid

Makhluk Hidup Yang Tersusun Atas Sel Prokariotik Adalah:

Makhluk Hidup Tersusun Atas Sel Prokariotik Adalah? Ini Arti, Contoh & Ciri-Cirinya (Foto: Artikelsiana.com)
Makhluk Hidup Tersusun Atas Sel Prokariotik Adalah? Ini Arti, Contoh & Ciri-Cirinya (Foto: Artikelsiana.com)

Jawaban mengenai makhluk hidup yang tersusun atas sel prokariotik sedikit yang bisa ditemukan penulis terdapat 4 contoh. Adapun nama-nama empat contoh makhuk hidup yang tersusun atas sel prokariotik yakni:

  1. Bakteri Escherecia coli, yaitu bakteri yang terdapat dalam sistem pencernaan manusia dan
  2. Sel bakteri Lactobacillus, bakteri yang hidup di kulit dan mulut manusia.
  3. Archaea dari jenis Sulfolobus acidocaldarius yang hidup di mata air panas.
  4. Mycobacterium tuberculosis adalah bakteri dari kingdom monera yang menjadi penyebab penyakit TBC

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Makhluk Hidup Tersusun Atas Sel Prokariotik Adalah? Ini Arti, Contoh & Ciri-Cirinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *