Apa Arti Lingkungan Organisasi Internal dan Eksternal? Ini Penjelasannya


Lingkungan Organisasi Internal dan Eksternal –¬†Organisasi merupakan kumpulan orang atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara tertentu dan aturan tertentu.

Diketahui jenis organisasi sangatlah beragam apalagi organisasi yang berada pada tingkatan yang lebih spesifik pun ada. Namun pada umumnya, jenis organisasi yang dikenal adalah keluarga, organisasi masyarakat, organisasi sekolah, organisasi politik, organisasi internasional dan lain sebagainya. Setiap jenis organisasi ini mempunyai tujuan dan mekanisme yang berbeda-beda.

Membahas organisasi erat kaitannya dengan kerja-kerja manajemen yang membutuhkan suatu strategi yang biasa disebut manajemen strategi. Dalam manajemen strategi selalu terjadi perubahan keputusan yang mengarah pada penetapan kinerja jangka panjang organisasi seperti analisa mengenai lingkungan internal dan eksternal. Karena itu dalam tingkatan manajer atau top manajeman sangatlah dipengaruhi oleh berbagai faktor untuk mengambil suatu keputusan dan peran dari Lingkungan eksternal dan lingkungan internal ada didalamnya untuk mengambil keputusan guna mewujudkan visi perusahaan ataupun organisasi. Dengan interaksi keduanya akan memberikan dampak besar dalam memberikan pengaruh serta strategi yang tepat sasaran. Sebab tanpa mengetahui kekurangan dan kelebihan dari apa yang berasal dari dalam atau lingkungan internal dan apa yang berasal dari luar atau lingkungan eksternal, perusahaan atau organisasi tersebut tidak dapat meningkat dengan baik.

Bagi para manajer, pembahasan ini sangatlah penting bagi status dan jabatannya. Sebab perbedaan dan kondis lingkungan yang ada akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan, yang harus memperhatikan keduanya, baik itu lingkungan internal dan eksternal.



Begitu juga bagi organisasi atau perusahaan yang dapat menyesuaikan tentang perubahan lingkungan yang ada, maka perusahaan atau organisasi tersebut dapat maju lebih cepat dan meninggalkan pesaingnya. Inilah mengapa lingkungan internal dan eksternal begitu penting untuk diketahui apalagi bagi anda yang belajar tentang ilmu ekonomi atau berprofesi sebagai manajer atau mengelola suatu usaha.



Lingkungan Organisasi Internal dan Eksternal

Adapun yang dimaksud dengan lingkungan organisasi internal dan lingkungan organisasi eksternal adalah?



1. Pengertian Lingkungan Organisasi Internal Adalah

Lingkungan internal yang berpengaruh langsung dalam organisasi meliputi karyawan/pegawai organisasi dalam, serta pimpinan manajer. Lingkungan juga bisa dibedakan menjadi lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung (direct) terhadap organisasi dan yang tidak langsung (indirect).

Faktor internal mencakup kekuatan dan kelemahan di dalam internal perusahaan itu sendiri. Penyusunan strategi perusahaan yang tepat harus memperhatikan betul-betul apa kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya yaitu

  1. Relationships among the functional areas of business
  2. Management
  3. Marketing
  4. Finance/Acounting
  5. Production/operation
  6. Research and development
  7. Computer information system
  8. Human Resources

Lingkungan Internal juga berisi seluruh unsur bisnis yang ada di dalam perusahaan seperti struktur organisasi perusahaan, budaya perusahaan dan sumber daya.

2. Pengertian Lingkungan Organisasi Eksternal Adalah

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Lingkungan eksternal adalah elemen-elemen di luar organisasi yang relevan tehadap kegiatan organisasi. Organisasi memperoleh input dari lingkungannya (bahan baku, karyawan), memprosesnya menjadi output (produk: barang/jasa).

Selain itu lingkungan ini memiliki jumlah faktor yang berpengaruh selalu berubah-ubah, beragam dan dan terkadang menjadi kejutan bagi organisasi atau perusahaan.

Diketahui lingkungan eksternal dalam manajemen stratejik terbagi atas 2 kelompok yaitu lingkungan eksternal jauh dan dekat. Untuk faktor lingkungan eksternal jauh adalah ekonomi, politik, sosial, teknologi, industri. Sedangkan untuk faktor lingkungan eksternal dekat adalah pesaing, penyandang dana, pasaran tenaga kerja, pemasok dan pelanggan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Arti Lingkungan Organisasi Internal dan Eksternal? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *