Letak Endodermis Pada Penampang Melintang Akar Tumbuhan Dikotil


Endodermis merupakan lapisan sel yang berfungsi untuk mencegah nutrisi meninggalkan struktur tumbuhan dan kembali ke tanah. Umumnya, Endodermis biasa ditemukan akar tumbuhan.

Fungsi endodermis untuk setiap zat terlarut dalam air, dan untuk mencegah air, dan tidak melewati lapisan demikian lewat jalur apoplast.

Diketahui air hanya dapat melewati endodermis dengan cara menyeberangi membran sel endodermal sebanyak 2 kali. 2 kali disini adalah sekali untuk masuk dan 2 kali untuk keluar.

Air yang bergerak ke dalam atau keluar dari xilem, bagian dari apoplast, dengan demikian dapat diatur sebab melalui symplast di endodermis.



Peran penting endodermis pada tumbuhan dikotil pada akar berguna dalam memilih apa-apa saja yang akan masuk ke tanaman melalui dari tanah.



Karakteristik Lapisan Endodermis

Letak Endodermis Pada Penampang Melintang Akar Tumbuhan Dikotil

Hal ini merupakan lapisan sel yang mencegah nutrisi untuk meninggalkan struktur tumbuhan dan kembali ke tanah. Adapun karakteristik dari lapisan endodermis pada tumbuhan dikotil adalah:



  • Tersusun dari sel parenkim tunggal berlapis dengan bentuk barel.
  • Lapisan yang bekerja bersama untuk menyerap air dan nutrisi, yang penting untuk menjaga tanaman tetap hidup.
  • Sel yang mengandung banyak butiran pati yang disebut selubung pati.

Hal ini memungkinkan tanaman untuk mengontrol gerakan air sampai tingkat tertentu dan secara selektif mengambil atau mencegah berlalunya ion atau molekul lain.

Letak Endodermis Berada Diantara Korteks dan Silinder Pusat

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Endodermis akar adalah batas silinder yang memisahkan jaringan pembuluh darah bagian dalam dari korteks luar dan berfungsi sebagai penghalang apoplasmik untuk penyerapan nutrisi secara selektif.

Lapisan terdalam dari korteks disebut endodermis. Lapisan endodermis tersusun atas selapis sel. Letak endodermis pada tumbuhan akar dikotil dapat ditemukan diantara korteks dan silinder pusat yang berfungsi sebagai pembatas.

Dalam endodermis terdapat pita kaspari yang berguna untuk jalannya larutan yang diserap dari tanah masuk ke silinder pusat.

Di sebelah dalam endodermis terdapat daerah silinder pusat atau stele. Sel-sel perisikel berfungsi untuk membentuk cabang akar. Berkas-berkas pembuluh pengangkut terdiri atas xilem dan floem.

Demikianlah informasi mengenai Letak Endodermis Pada Penampang Melintang Akar Tumbuhan Dikotil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *