Jelaskan Latar Belakang Terjadinya Perang Tabuk? Ini Sejarahnya


Latar Belakang Terjadinya Perang Tabuk – Terdapat perang yang bisa dikatakan bukanlah perang, sebab perang tersebut belum terjadi atau dikatakan mundur sebelum berperang, perang tersebut adalah perang Tabuk. Perang ini terjadi antara pasukan yang dipimpin oleh Kaisar Heraklius dengan ratusan ribu tentaranya dengan 30 ribu pasukan yang dipimpin oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa salam .

Sejarah peperangan ini terjadi sekitar 9-Hijriyah pada musim panas di bulan Rajab. Latar belakang atau mengapa perang tabuk bisa terjadi karena awalnya dipicu dari kekalahan pasukan romawi saat perang dalam Perang Mu’tah pada tahun 6 Hijriyah.

Betapa tidak menjadi latar belakang terjadinya peperangan tabuk, lantaran saat itu menurut Abdul Latip Talib daam buku ‘The Kalifah’ mengatakan bahwa Heraklius memiliki tentara berjumlah dua ratus ribu dan kalah dari tiga ribuan pasukan muslim.

Pasukan yang dipimpin Kaisar Heraklius kemudian berpikir dan berdasarkan dari saran Perdana Menteri untuk memberikan cuti selama enam bulan. Selam waktu itu, Kaisar Heraklius menyusun strategi untuk menyerang tentara Islam.



Dengan ratusan ribu pasukkannya, Kaisar Heraklius bergerak ke wilayah utara Jazirah Arab dan menaklukkan Irak, Mesir, dan Damsyik serta membuat basis pertahanan di Semenanjung Palestina. Berita itu terdenga oleh Nabi Muhammad SAW di Arab membuat rasul bergerak walaupun pasukan Heraklius menduduki lebih jauh jazirah Arab apalagi sampai menyerang Madinah.



Sebelum terjadinya perang tabuk ini membuat suasana Masjid Nabawi sesak, karena Rasulullah SAW mengumumkan untuk menghadang Pasukan Romawi yang akan menyerang Madinah. Deklarasi itu kemudian disambut dengan semangat para warga dan sahabat untuk membiayai perang, uang, kuda, unta juga makanan.



Dalam keberangkatan memulai perang tabuk, tidak ada yang mengetahui hari dan waktu pasukan 30.000 Islam berangkat, namun untuk lokasi perangnya diketahui terletak di tengah-tengah antara Damaskus dengan Madinah. Kurang lebih jaraknya 760 kilometer dari Kota Madinah.

Rasulullah SAW sukses melewati padang pasir yang menurut Kasira Heraklius tidak mungkin, hingga Rasul mampu membuat markas dan menaklukkan wilayah Daumatul Jandal yang dipimpin oleh Akidar bin Abdul Malim saat mendukung romawi.

Dalam peristiwa sejarah itu membuat Pasukan Romawi mundur dari jazirah Arab hingga sampainya tentara Islam di tabuk, Rasulullah SAW mencegah Panglima Khalid bin Walid untuk mengejar Heraklius dan tentaranya.

Kepada tentara Islam, putra Abdullah bin Abdul Muthalib itu mengatakan bahwa kedatangan pasukan muslim ke Tabuk adalah untuk merebut kembali wilayah Arab yang ditaklukkan Romawi. Pasukan Islam sudah membuat gentar tentara Romawi.

Jelaskan Latar Belakang Terjadinya Perang Tabuk? Ini Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Latar Belakang Terjadinya Perang Tabuk? Ini Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)

Setelah sepuluh hari berada di Tabuk, tentara Islam kembali ke Madinah. Tepatnya pada 26 Ramadhan tahun ke-9 Hijriyah. Perang Tabuk menjadi perang terakhir Nabi Muhammad SAW.

Latar Belakang Terjadinya Perang Tabuk Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa latar belakang penyebab terjadinya perang tabuk dapat tuliskan dalam beberapa point yakni:

  1. Perang tabuk terjadi sekitar bulan rajab tahun 9 hijriah, perang tabuk masih ada kaitannya dengan prang mu`tah sebab kaisar romawi Heraklius tidak terima kekalahan tersebut dengan jumlah pasukannya lebih besar.
  2. Terdapat ancaman dari kuaidir bin abdul malik al-kindi yang seorang nasrani dan yang mengancam akan memberontak dengan bantuan dari pasukan romawi, namun gagal dan dijadikan tawanan untuk membuka pintu gerbang dumah, yang kemudian Khalid bin walid meminta tebusan kepada rakyat dumah.
  3. Para pedagang yang kembali dari Negeri Syam memberi kabar kepada Rasulullah saw bahwa Raja Romawi ingin menyerang wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Rasulullah saw dan mempersiapkan penyerangan di perbatasan wilayah arab sebelah utara.
  4. Gugurnya tiga orang panglima kaum musimin pada perang Mu’tah (Syalabi 2000, 210) yaitu Zaid ibnu Haritsah, Abdullah ibnu Abi Rahawah dan Ja’far ibnu Abi Thalib (Syalabi 2000, 194). Meurut sebagian pendapat mengatakan bahwanabi menuntut balas atas kematian panglima muslimin tersebut.

Demikianlah informasi yang berjudul Jelaskan Latar Belakang Terjadinya Perang Tabuk? Ini Sejarahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *