Landasan Struktural Koperasi Adalah? Ini 4 Landasannya


Landasan Struktural Koperasi – Koperasi adalah sebuah gerakan ekonomi rakyat yang dimulai pada abad ke-20 ini. Untuk di Indonesia diperkenalkan oleh R. Aria Wiraatmadja tahun 1896. Gerakan koperasi terus berkembang pesat apalagi saat Bung Hatta ditetapkan sebagai bapak Koperasi Indonesia.

Tujuan koperasi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melandaskan kegiatan yang berprinsip Koperasi. Koperasi sangatlah identik dengan nilai kebersamaan dan kerja sama antar anggota sebagaimana yang dijelaskan dalam UU No.25 Tahun 1992 Pasal 3. Selain itu, di landasan Koperasi itu juga memuat bahwa koperasi ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sebagai suatu badan usaha yang mengusung kerja sama antar anggota, koperasi mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing serta memiliki hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang diambil karena didasarkan pada musyawarah dan mufakat. Kiranya, mekanisme yang terdapat dalam koperasi mirip semboyan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.

Sehingga dengan adanya koperasi maka orang-orang yang tidak memiliki modal yang banyak bisa ikut bergabung dan bekerja sama. Sehingga budaya yang terjadi sekitar kita seperti hanya golongan yang bermodalkan besar yang bisa bertahan dan persaingan usaha yang terus terjadi dimana-mana, bisa di kurangi dengan hadirnya koperasi berprinsip gotong royong.



Terbukti dengan kehadiran koperasi saat ini, peran yang didapatkan dalam perekonomian Indonesia sangat besar karena dapat mengembangkan kegiatan usaha masyarakat contohnya usaha pengadaan alat pertanian secara murah. Selain itu itu dengan kehadiran koperasi maka tingkat pendapatan anggota semakin tinggi karena yang didapatkan dari Sisa Hasil Usaha (SHU).



Jadi semakin besar jasa seseorang atau tenaga yang disalurkan dalam koperasi maka semakin besar juga apa yang akan didapatkannya. Dengan hal itu, maka problem sosial yakni pengangguran yang terjadi masyarakat dapat berkurang dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.



Landasan Struktural Koperasi Adalah?

Berjalannya koperasi saat ini karena landasan atau dasar yang kokoh hingga kekhawatiran dalam berkoperasi sangatlah kecil. Tidak seperti badan usaha lainnya yang terkadang justru berbelit-belit dan bahkan landasan yang dimiliki sangat mengkhawatirkan untuk digeluti.

Berbeda dengan koperasi, koperasi mempunyai landasan yang dikenal dengan dengan 4 landasan yaitu landasan idil, landasan struktural, landasan mental, landasan operasional. Menurut penjelasan dari Suyanto dan Nurhadi (2003:41) bahwa landasan koperasi ini adalah:

1. Landasan Idiil

Koperasi mempunyai landasan idil Pancasila. Maksudnya adalah koperasi harus mendasarkan dirinya kepada Pancasila dalam upaya mencapai cita-citanya.

2. Landasan Struktural

Landasan struktural koperasi adalah UUD 1945. Secara jelasnya, dijelaskan dalam pasal 33 ayat 1 tidak menyebutkan koperasi sebagai salah satu bangun struktural perekonomian Indonesia. Akan tetapi, kata-kata asas kekeluargaan yang dapat menjamin keberadaan struktural koperasi (kekeluargaan) merupakan asas bagi seluruh koperasi.

3. Landasan Mental

Sedangkan landasan mental dalam koperasi adalah kesetiakawanan dan kesadaran pribadi. Artinya diantara sesama anggota koperasi harus ada rasa kesetiakawanan, kebersamaan, rasa kekeluargaan, sadar akan pentingnya bekerja sama dan sekaligus mempunyai rasa percaya diri.

4. Landasan Operasional

Landasan operasional koperasi berupa undang-undang dan peraturan-peraturan yang disepakati secara bersama. Maka dari itulah sehingga landasan operasional dalam koperasi terdiri atas 2 point yaitu:

    1. Undang-Undang No. 25 tahun 1992 tentang pokok-pokok perkoperasian.
    2. Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Landasan Struktural Koperasi Adalah? Ini 4 Landasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *