Lagu Kambanglah Bungo Berasal Dari? Ini Sejarah & Makna Lagunya

Lagu Kembanglah Bungo –¬†Minang adalah daerah yang berasal di Sumatera Barat. Sebagai daerah yang terkenal dengan sejarah dan maknanya, daerah Minang menjadi daerah yang terkenal baik secara nasional maupun internasional. Hal itu juga didukung dari kesenian Minang yang membuat nama daerah menjadi terkenal.

Salah satu lagu yang terkenal dan diketahui banyak orang adalah Kambanglah Bungo. Diketahui lagu Kembanglah Bungo ini berasal dari daerah tanah Minang adalah rumah gadang. Yang dimaksud dengan rumah gadang adalah rumah tradisional bagi masyarakat minang yang mempunyai keunikan dengan atapnya mirip dengan tanduk.

Rumah Gadang atau Rumah Godang disebut juga oleh masyarakat Minangkabau sebagai rumah bagonjong atau rumah baanjuang. Dalam lagu Kambanglah Bungo menceritakan tentang rumah unik ini. Arti rumah gadang dalam lagu kambanglah bungo ini adalah bahwa rumah gadang adalah sebagai naungan, rumah adat dan sebagai tempat terletaknya segala pusaka seni-budaya dan sebagainya di tanah Minang. Maka tidak salahlah jika dikatakan bahwa lagu-lagu Minang lebih dari sekedar menceritakan tentang kerinduan terhadap alam Minangkabau, bahkan merupakan upaya masyarakat untuk berbagi nilai-nilai moral.

Lagu Kambanglah Bungo Berasal Dari Daerah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat diketahui bahwanya lagu kambanglah bungo ini berasal dari daerah Minang, Provinsi Sumatera Barat.

1. Pencipta Lagu Kambanglah Bungo

Lagu Kambanglah Bungo diciptakan oleh Syofyan Naan dan dipopulerkan oleh Oslan Husein pada era tahun 1960-an. Lirik lagunya secara keseluruhan menceritakan tentang tanah Minang. Tanah Minang disebutkan sebagai tempat penuh kebudayaan dan beragam keindahan lainnya. Tanah Minang diceritakan merupakan daerah menyenangkan.

2. Pola Nada dan Irama Lagu Kembanglah Bungo

Diketahui bahwa perjalanan melodi Kambanglah Bungo mempunyai empat jenis jarak nada (internval) yakni

  1. Interval prime dengan 13 buah
  2. Interval seconde dengan 50 buah
  3. Interval ters sebanyak 18 buah dan
  4. Interval kwart sebanyak 2 buah.

Pola irama lagu Kambanglah Bungo yang berasal dari Minang Provinsi Sumatera Barat ini mempunyai kesamaan dengan pola irama lagu Bareh Solok dan lagu Si Nona namun dari segi kecepatan berbeda. Sebab lagu kambanglah bungo lebih lambat. Selain itu pola lagu Kambanglah Bungo memiliki pola irama khas minang yang yang tentram, dama, adil dan harmonis.

Lagu Kambanglah Bungo Berasal Dari? Ini Sejarah & Makna Lagunya (Foto: Artikelsiana.com)
Lagu Kambanglah Bungo Berasal Dari? Ini Sejarah & Makna Lagunya (Foto: Artikelsiana.com)

Hal itu diketahui dari ambitus lagu Kambanglah Bungo yang berada pada nada B (5)-5#(2) yang berjarak 1 1/2 oktaf dan tergolong pada nada jangkauan pendek. Dari hal itu membuat lagu yang berasal dari daerah Minang ini sangat mudah dinyayikan oleh banyak orang termasuk anak-anak. Selain itu, dari penjelasan itu pula yang menjelaskan mengapa saat menyanyikan Kambanglah Bungo seseorang lebih mudah dalam berekspresi.

3. Lirik lagu Kambanglah Bungo;

Kambanglah bungo parawitan
Simambang riang ditarikan
Di desa dusun Ranah Minang
Bungo kambang sumarak anjuang
Pusako Minang ranah Pagaruyuang
Dipasuntiang siang malam
Tabayang-bayang rumah nan gadang

4. Arti lagu Kambanglah Bungo:

Mekarlah bunga idaman yang megah
Tari Simambang ditarikan
Di kampung dan desa tanah Minang
Bunga mekar semarak anjungan
Pusaka minang tanah Pagaruyung
Dipersunting tiap waktu
Dalam bayangan rumah gadang

Makna Lagu Kambanglah Bungo Adalah

Berdasarkan dari penjelasan pengantar diatas, maka dapat disimpulkan bahwa arti dan makna lagu kambanglah bungo yang berasal dari daerah minang provinsi sumatera barat ini tiada lain tiada bukan adalah:

Menceritakan tentang kondisi gadih-gadih atau gadis-gadis MInang yang sebagai bunga atau limpapeh Rumah Gadang. Setelah mereka menikah akan menjadi ibu dan menurut aturan bahwa penerus keterunan diambil dari garis ibu.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Lagu Kembanglah Bungo Berasal Dari? Ini Sejarah & Makna Lagunya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *