Konsep Dasar Administrasi Pendidikan: Ini Pengertian, Fungsi & Tujuannya


Berbicara soal dunia pendidikan, istilah administrasi punya beberapa pengertian, fungsi dan tujuan tertentu yang ingin dicapai. Hal itu karena definisi dari administrasi jika berbicara dalam pendidikan memang akan mempunyai konsep dasarnya sendiri.

Hal itu karena pendidikan merupakan faktor penting dalam peningkatan SDM yang menopang gerak pembangunan. Tidak hanya itu, pendidikan adalah investasi terbaik yang dimasa depan nanti akan menghasilkan produk berkualitas dengan manusia berpengetahuan, sikap dan terampil untuk pembangunan bangsa, untuk mengatur agar dapat terstruktur dengan baik.

Hal itu maka perlunya administrasi pendidikan dibutuhkan sebab untuk membuat pendidikan tertuama di sekolah-sekolah lebih baik. Walaupun diketahui dalam realita yang ada dimana administrasi pendidikan yang ada masih terdapat masalah dan hambatan dalam prosesnya, seperti perencanaan yang belum matang, sehingga belum maksimal.

Dengan banyaknya masalah yang terdapat dalam dunia pendidikan, maka dibutuhkan pemahaman yang mendasar tentang seperti apa konsep dasar administrasi pendidikan (pengertian administrasi pendidikan, pentingnya administrasi pendidikan dan tujuan administrasi pendidikan), fungsi/proses administrasi pendidikan agar masalah tersebut bisa diatasi.



Sebab bisa jadi hal itu karena pengetahuan dan pengalaman tentang administrasi pendidikan masih rendah. Hal itu terjadi karena perhatian kita yang secara fisik dan kenyataannya dilakukan dalam praktek tulis menulis,alat tulis,mesin ketik atau komputer.



Padahal kegiatan administrasi pendidikan bukan hanya pada persoalan kegiatan lapangan, tentang juga pada persoalan itu teoritis. Sebab dimana diketahui bahwa administrasi merupakan usaha menciptakan kerjasama antara guru dan personil sekolah lainnya untuk mengefektifkan proses belajar mengajar.



Administrasi tidak hanya tentang keuangan tapi juga keterampilan dan pembukuan serta memiliki tujuan yang sejalan dengan tujuan pendidikan. Sebelum berbicara panjang lebar soal administrasi pendidikan tentang seluk beluk didalamnya seperti apa, tahukah anda bagaimana konsep dasar administrasi pendidikan itu?

Konsep Dasar Administrasi Pendidikan Adalah?

Pada dasarnya apabila berbicara tentang konsep dasar pada dasarnya terbagi atas 3 pembahasan yaitu pengertian, tujuan, fungsi dan pentingnya administrasi pendidikan itu. Adapun penjelasan tentang ketiga hal konsep dasar administrasi pendidikan adalah:

1. Pengertian Administrasi Pendidikan Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Administrasi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penataan sumber daya yaitu manusia, kurikulum atau sumber belajar dan fasilitas untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal dan penciptaan suasana yang baik bagi manusia yang disepakati.

2. Tujuan Administrasi Pendidikan

Pada umumnya, tujuan administrasi pendidikan adalah tercapainya pendidikan atau untuk mencapai tujuan pendidikan itu sendiri. Atau menurut Sergiovanni dan Carver (1975) mengapa perlu administrasi pendidikan karena terdapat 4 tujuan yaitu:

    • Efektifitas produksi,
    • Efisiensi,
    • Kemampuan menyesuaikan diri (adaptivenes),
    • Kepuasan kerja.

3. Fungsi Administrasi Pendidikan

Administrasi pendidikan merupakan tindakan mengoordinasikan perilaku manusia dalam pendidikan untuk menata sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara produktif. Penjabaran istilah produktif biasanya tergantung kepada siapa yang meninjaunya. Ada tiga pola pandang tentang sekolah yang produktif, yakni administrator, psikolog, dan ekonomi.

a. Pandangan Administrator

Administrator bertanggungjawab untuk mengolah sistem pendidikan. Penentuan untuk mengkategorikan sekolah produktif dapat dilakukan dengan mengaitkan antara input yang digunakan, yaitu ruangan, guru, buku, dan peralatan lainnya dengan output ang diharapkan. Output yang diharapkan harus dapat mencapai keseimbangan yang paling menguntungkan dengan input yang tersedia.

b. Pandangan Psikolog

Mereka mengaitkan ukuran sekolah yang produktif dengan perubahan dan perilaku peserta didik, yang mencakup pertambahan pengetahuan, nilai dan peningkatan kemampuan lainnya dan mengaitkan pula dengan input yang tersedia. Kesulitan utama dalam pola pandang ini adalah cara mengidentifikasikan dan mengukur perubahan perilaku sebagai akibat pendidikan di sekolah. Kesulitan ini terjadi karena perubahan perilaku peserta didik (output) adalah gabungan antara pengaruh sekolah dan lingkungan luar sekolah.

c. Pandangan Ekonomi

Pendidikan memberikan kontribusi pada peserta didik untuk berperan dalam sistem ekonomi. Sekolah disebut produktif jika nilai moneter yang diterima oleh setiap individu akibat

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Konsep Dasar Administrasi Pendidikan, Ini Jawabannya. Semoga informasi ini diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *