Kondisi Sosial, Budaya dan Ekonomi di Singapura? Ini Jawabannya


Singapura adalah negara terdapat yang ada di dunia ini dengan penguni rumah susun sekitar 85&. Untuk letak negara ini sendiri secara astronomis berada pada koordinat geografi 1°11’ LU (Lintang Utara)- 1°28’ LU (Lintang Utara) dan antara 103°38’BT (Bujur Timur) – 104°5’ BT (Bujur Timur).

Lalu untuk geografisnya sendiri, negara ini berbatasan dengan Malaysia Peninsula dan Negara Bagia Johor, dan batasan bagian utara, juga Malaysia Malaysia serta untuk di selatan, singapura berbatasan dengan Kepulauan Riau, Indonesia.

Terdapat 63 pulau kecil yang ada di Singapura seperti Pulau Tekong, Pulau Ubin dan Sentosa serta dataran tinggi yakni sekitar 166 mdpl di Bukit Timah. Negara Singapura, juga dikenal dengan negara yang sering melakukan reklamasi yang dimulai pada tahun 1960.

Dengan strategi tersebut, membuat negara ini mempunyai wilayah yang semakin luas dengan pertambahan wilayah sekitar 581.5 kilometer persegi, dan hingga sekarang tercatat luas wilayah Singapura 699.3 kilometer persegi serta diprediksi akan bertambah 100 kilometer persegi pada tahun 2030 sebab pulau pulau kecil di Jurong telah di reklamasi dan dihubungkan untuk menjadi pulau baru yang lebih besar.



Kondisi Sosial Budaya Singapura

Ternyata bukan hanya di Indonesia saja yang mempunyai keberagaman suku, budaya dan bahasa juga. Ternyata negara dengan luas wilayah demikian, juga tidak boleh dianggap enteng sebab didalamnya terdapat etnis Tionghoa (77,3%), etnis Melayu yang merupakan penduduk asli (14,1%), dan etnis India (7,3%), serta etnis lainnya (1,3%). Selain itu untuk penganut agama, umumnya beragama Buddha (31,9%), Tao (21,9%), Islam (14,9%), Kristen (12,9%), Hindu (3,3%), dan lainnya 0,6%, sedangkan sisanya (14,5%) tidak beragama.



Dengan beragamnya etnik yang menetap di Singapura, membuat negara ini mempunyai banyak makanan khas yang menjadi perpaduan antar komunitas. Seperti roti prata yang sederhana hingga kari dan nasi ayam hainan. Bahkan, makanan tradisional yang ada di Singapura adalah perpaduan dari hidangan India-Tionghoa seperti kari dengan gaya sichuan dan nasi basmati goreng.



Sedangkan dalam hal kesenian sendiri, negara singapura aktif dalam mempromosikan seni drama. Puncaknya, pemerintah Singpaura membangun Esplanade sebagai pusat seni drama kelas atas yang dibuka pada 12 Oktober 2022.

Tidak hanya itu, negara ini juga mempunyai program yang digelar setiap tahunnya seperti Singapore Arts Festival yang kebanyakan acara-acara pameran, konser, dan festival. Dalam perkembangannya hingga saat ini, drama komedi jalanan juga cukup drastis meningkat, bahkan terdapat acara standup commedy yang diadakan setiap minggu.

Itulah mengapa negara ini menurut data World Happiness Report pada tahun 2018 menempatkan negara Singapura di Asia Tenggara sebagai negara yang bahagia karena berada di peringkat teratas yakni 34. Diikuti oleh Malaysia (35) dan Thailand (46).

Kondisi Ekonomi Singapura

Walaupun negara terkecil, jangan salah sangka kalau negara kecil ini justru memiliki kekuatan ekonomi yang kuat bahkan negara Singapura sebagai negara maju.

Walaupun negara ini berada di garis khatulistiwa, kebanyakan perekonomian Singapura bukan pada sektor alam, melainkan pada bidang manufaktur dengan 26& PDB tahun 2005. Itulah mengapa Singapura, masuk dalam jajaran empat macam asia bersama Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan.

Selain itu, tecatat Singapura masuk dalam jajaran London, New York dan Tokyo sebagai negara terbesar keempat yang menjadi pusat pertukaran mata uang asing. Hal ini juga membuat Bank Dunia menempatkan Singapura pada peringkat hub logistik teratas dunia.

Tercatat sebagai negara paling terbuka, kompetitif dan inovatif di dunia pada sektor ekonomi dan ramah bisnis dengan berani membuat ratusan ribu ekspatriat asing bekerja di Singapura di banyak-banyak perusahaan multinasional. Terdapat juga ratusan ribu pekerja manual asing.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Kondisi Sosial, Budaya dan Ekonomi di Singapura? Ini Jawabannya. Semoga inforamsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *