Kepanjangan USB Adalah? Ini Pengertian & Fungsinya


Kepanjangan USB Adalah? – Jika mendengar istilah USB, tentu pikiran setiap orang akan mengarah pada kabel yang biasa disambungkan di komputer dan di charge handphone. Hal itu tidaklah salah jika menganggap demikian, karena pada faktanya memang USB banyak difungsikan dalam komputer, handphone dan berbagai perangkat lainnya. Melihat dari aktivitas atau kebutuhan dari USB ini adalah menghubungkan perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.

Contohnya dari komputer atau laptop ke Handphone atau CD ROM atau ke Headshet dll. Dengan adanya pula USB maka seseorang tidak perlu kesusahan lagi saat ingin menginstal, apalagi kalau tidak ada CD ROM. Hal itu karena dengan menggunakan USB maka seseorang dapat menginstal sesuatu dengan menghubungkan CD ROM eksternal dengan komputer dengan meminta bantuan USB.

Tidak hanya menginstal saja, dengan adanya USB, maka bagi pengguna laptop tentu saja mengharapkan kehadiran keyboard eksternal adalah pilihan yang baik apalagi bagi yang memiliki aktivitas menulis yang banyak. Dengan kehadiran USB, maka keyboard eksternal dapat dihubungkan ke Laptop. Penulis sendiri juga memakai laptop, namun karena aktivitas penulisan yang cukup padat maka penulis lebih memilih menggunakan keyboard eksternal dibandingkan dengan keyboard internal laptop.

Perlu diketahui bersama bahwa ada banyak varian warna kabel yang terdapat dalam Kabel USB. Adapun warna-warna tersebut adalah merah, coklat, kuning dan biru dengan fungsinya masing-masing. Apabila ingin membuktikannya, cobalah buka kabel USB dan lihat warna apasaja yang ada. Dari keempat warna tersebut, untuk kabel berwarna merah dan coklat berfungsi sebagai power atau untuk arus listrik. Kabel berwarna kuning dan biru berfungsi untuk membawa atau mentransfer data.



Itulah mengapa kelebihan USB ini mempunyai kecepatan lebih tinggi karena transfer data yang cepat dan ukuran data dipotong dengan 64 byte. Selain itu banyaknya peminat dalam penggunaan USB karena penggunaannya fleksibel yang bisa menghubungkan berbagai perangkat ke komputer. Berdasarkan dari penjelasan diatas, tahukah anda pengertian USB itu? atau sebelum itu apasih kepanjangan dari USB?



Kepanjangan USB Adalah?

Pertanyaan demikian tidaklah apabila bertanya tentang kepanjangan USB atau singkatan USB dari sebab bukan hanya anda yang mencari tentang jawaban tersebut, tapi ada banyak orang. Berdasarkan dari hal itu diketahui bahwa kepanjangan dari USB adalah “Universal Serial Bus”. Lantas demikian, apasih pengertian USB itu?



Pengertian USB Adalah

Disingkat dengan USB, pengertian Universal Serial Bus adalah suatu teknologi yang menghubungkan komputer ke berbagai alat eksternal. USB banyak menghubungkan berbagai alat, namun secara umum yang diketahui adalah scanner, printer, mouse, keyboard, zip drive, flash disk, kamera digital. Saat ini, komputer sudah mempunyai port USB yang biasanya terdapat 4 port, dan laptop biasanya terdapat 2 port.

Kepanjangan USB Adalah? Ini Pengertian & Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Kepanjangan USB Adalah? Ini Pengertian & Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Sejarah USB Adalah: 

Dalam sejarahnya diketahui bahwa penemu USB adalah seseorang yang berasal dari Jepang yang bernama Dr. Fujio Masuoka pada tahun 1984. Awalnya, USB tercipta dari kerja sama 7 perusahaan yakni Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC dan Nortel untuk menggantikan berbagai macam konektor yang terdapat di PC ke perangkat eksternal. Akhirnya pada Januari tahun 1996 lahir USB generasi pertama (1.0) bernama “Full Speed” dengan kecepatan transfer data maksimal 12 megabit per detik.

Pada 2000 April lahir USB generasi 2.0 bernama “High Speed” dengan kecepatan transfer data 480 megabit per detik. Pada tahun November 2008 lahir USB 3.0 bernama “Super Speed” dan diperkenalkan pada Januari 2010 dengan kecepatan transfer data yang tinggi hingga 5 gigabit per detik. Selain itu mempunyai backwards compatibility dengan USB generasi sebelumnya jadi bisa dipakai oleh konektor milik USB 2.0.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Kepanjangan USB Adalah? Ini Pengertian & Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *