Kenapa Matahari Tenggelam? Ini Jawabannya


Langit yang berwarna merah dan oranye keemasan menjadi pemandangan indah yang biasa kita lihat saat matahari terbit dan terbenam. Tidak sedikit orang yang mengunjungi tempat-tempat menarik yang mampu menangkap keindahan dari tenggelamnya matahari dan terbitnya matahari.

Peristiwa matahari tenggelam dan terbit adalah peristiwa yang bisa kita lihat. Terbit dan tenggelamnya matahari mempunyai waktu yang berbeda-beda. Perlu diketahui bersama bahwa matahari adalah pusat tata surya dari sejumlah planet dan benda langit lainnya yang terikat dalam gaya gravitasi.

Diketahui terdapat 8 planet, 5 planet kecil serta 173 satelit alami, meteor, asteorid, dan komet yang tak terhitungnya jumlahnya berada dalam tata surya matahari.

Matahari juga adalah bintang di tata surya sebagaimana bintang yang terang dilihat pada malam hari. Namun karena saking dekatnyanya matahari yang membedakan dengan bintang-bintang lainnya. Bentuk matahari berukuran 1.392.684 km dengan bulat penuh dengan material plasma panas bercampur medan magnet.

Matahari terdiri atas hidrogen 3/4 dari jumlah seluruhnya dan sisanya adalah helium dan sekitar 1,69% terdiri dari oksigen, karbon, neon, besi dll. Diketahui bahwa matahari terbentuk pada 4,6 milliar tahun yang lalu yang dipicu dari awan molekul besar, terkumpul, memanas dan memadat serta intinya memulai proses fusi termonuklir hingga menjadi pusat tata surya.

Jadi apabila disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan matahari sebenarnya adalah bola gas yang besar dengan energi raksasa. Suhu yang terdapat diperkiran mencapai 15-20 juta derajat C. Matahari memancarkan gelombang cahaya sinar X, sinar gamma, sinar ultraviolet, sinar inframerah dan gelombang mikro.

Matahari juga mempunyai 4 lapisan penyusun diantaranya inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Setiap lapisan matahari ini mempunyai ciri dan karakteristik masing-masing.

Telah dijelaskan diatas, bahwa terdapat 8 planet yang mengelilingi matahari diantaranya merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus dan neptunus. Setiap planet ini mempunyai rotasi tersendiri. Arti rotasi sendiri adalah perputaran plaet pada sumbunya.

Untuk Bumi berputar dari arah barat ke arah timur. Dalam satu kali rotasi waktu yang dibutuhhkan adalah 23 jam 56 menit 4 detik. Namun dibulatkan menjadi 24 jam. Sekali rotasi disebut satu hari.

Dalam rotasi ini seperti yang terjadi di bumi sangat bermanfaat karena dengan rotasi yang ada maka terjadi pergantian siang dan malam dimana matahari seakan-akan tenggelam dan juga matahari seakan-akan terbit.

Padahal sebenarnya yang bergerak adalah bumi yang berputar pada sumbunya mengelilingi matahari. Sedangkan matahari diam (mengorbit ke galaksi bima sakti). Hal inilah yang disebut dengan gerak semua yang menyebabkan terjadinya pergantian pagi, siang, sore dan malam hari.

Sebab saat itu menjadi pertanda bahwa matahari tenggelam atau menjauh dari timur ke barat maka akan membuat suhu udara pada bagian timur menjadi lebih dingin dan terjadi malam, dibandingkan dengan daerah barat yang disinari matahari akan tampak terang dan lebih panas.

Kenapa Matahari Tenggelam?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban mengenai topik yang berjudul Kenapa Matahari Tenggelam sangatlah sederhana.

Karena terjadi rotasi bumi dimana bumi perputar pada sumbunya (kutup utara dan selatan) dari arah barat ke timur mengelilingi matahari. Sehingga seakan matahari tenggelam dari arah timur dan matahari terbit dari barat.  Padahal matahari tidak tenggelam namun tetap bersinar tetapi berganti daerah atau wilayah karena putaran bumi itu (rotasi). 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Kenapa Matahari Tenggelam? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *