Kegiatan Ekspor Barang Ke Luar Negeri Termasuk Kegiatan Adalah? Ini Jawabannya


Perdagangan adalah sektor jasa yang begitu menunjang kegiatan ekonomi antarbangsa. Peran sentral perdagangan bagi negara-negara seperti Indonesia dapat meningkatkan pembangunan ekonomi secara berkesinambungan, begitupula pelaksanaannya karena dapat mewujudkan pemerataan pembangunan beserta hasil-hasilnya untuk memelihara kemantapan stabiltias nasional.

Saat ini, kondisi perdagangan telah memasuki era perdagangan bebas dengan tingkat dunia dan untuk Indonesia pun juga harus membuka pasar bebas agar produk barang atau jasa yang terdapat dari luar negeri dapat masuk dengan barang yang terdapat di dalam negeri begitu juga sebaliknya dimana produk dalam negeri dapat dengan mudah masuk dan bersaing dengan pasar luar negeri.

Aktivitas ini adalah aktivitas yang dikenal dengan impor dan ekspor. Memang kegiatan ini akan terjadi dan tidak bisa dihalau dalam perdagangan internasional. Selain itu peranan besar ekspor dan impor dalam kestabilan perekonomian suatu negara, dimana secara langsung akan mempengaruhi jumlah devisa suatu negara.

Walaupun tidak sediit pemberitaan yang memperlihatkan aktivitas Indonesia lebih banyak kepada hal yang berbau impor. Tetapi dalam berbagai sumber juga menyebutkan bahwa Indonesia juga telah menjadi negara yang menjadi instrumen ekspor sebagai komponen pendorong pendapatan nasional, memperluas kesempatan kerja, peningkatan devisa dan pengembangan teknologi.

Dengan peningkatan ekspor barang ke luar negeri tersebut akan mempengaruhi nilai tukar, sehingga jika nilai ekspor tinggi maka dapat menyebabkan permintaan terhadap uang domestik naik dan membuat nilai tukar rupiah menguat. Seperti ketika dilihat dari nilai tukar rupiah dengan dollar dimana nilai tukar rupiah bisa sampai 13.000 atau 12.000 maka sangat luar biasa.

Itulah juga mengapa banyak yang begitu bangga dan memuji suatu pemimpin ketika mampu membuat nilai tukar rupiah menguat walaupun terdapat faktor-faktor yang begitu kompleks membuat hal itu terjadi.

Sebaliknya ketika mendengar kegiatan impor dimana barang ke dalam negeri membuat banyak orang kepanasan karena jika nilai impor yang tinggi akan menyebabkan permintaan terhadap mata uang negara lain juga ikut meningkat sehingga mata uang domestik atau rupiah akan semakin melemah.

Tetapi kegiatan ekspor dan impor barang ke dalam negeri dan luar negeri tidak bisa terwujud apabila tidak terdapat jalinan komunikasi yang dibangun suatu negara dengan negara lainnya. Hal itu dikenal dengan kerja sama ekonomi. Sejalan dengah hal itu, pada kali ini penulis akan menjawab beberapa pertanyaan soal kegiatan ekspor barang ke luar negeri termasuk kegiatan apa?

Kegiatan Ekspor Barang Ke Luar Negeri Termasuk Kegiatan?

Pada dasarnya jawaban dari pada pertanyaan kegiatan ekspor barang ke luar negeri termasuk kegiatan kerja sama ekonomi. Karena arti dari Kerjasama Ekonomi adalah suatu kerja sama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang saling menguntungkan.

Maka, ekspor merupakan kegiatan yang termasuk dalam kerjasama ekonomi karena dengan adanya ekspor maka kedua negara saling menguntungkan. Negara yang mengekspor akan mendapat keuntungan dari ekspor dan negara yang menerima ekspor akan dapat memenuhi kebutuhannya.

Olehnya itu dalam contoh soal yang seperti dibawah ini maka jawabannya adalah..

Kegiatan ekspor barang ke luar negeri termasuk kegiatan…..

a. Kerjasama ekonomi
b. Distribusi tidak langsung
c. Konsumsi internasional
d. Produksi masyarakat asing

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Kegiatan Ekspor Barang Ke Luar negeri Termasuk Kegiatan? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *