[Jawaban] Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena?


Jawaban Keberadaan guru di Australia terjadi adalah karena Australia terletak pada wilayah turunnya massa udara. Hal ini disebabkan semakin rendahnya suatu massa udara maka akan semakin tinggi suhu pada suatu tempat dan akan menyebabkan suatu kekeringan. DI dalam pengertian massa udara, semakin tinggi suatu massa udara maka akan semakin tinggi pula massa airnya. Hal inilah yang menjadi alasan guru yang kering di Australia itu disebabkan oleh kurangnya massa udara di tempat tersebut karena berada jauh dari laut, dimana letak kutub ada di australia bagian barat dan tengah dan beberapa bagian selatan.

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui penjelasan lengkap tentang penyebab keberadaan gurun di australia terjadi karena apa? maka silahkan anda menyimak informasi yang ada di bawah ini:

Artikel ini dapat membantu anda dalam menjawab pertanyaan Keberadaan gurun di Australia terjadi karena??. Terdapat beberapa informasi yang berhubungan dengan yang akan kita bahas antara lain seperti fakta dan daftar gurun yang ada di Australia.

Australia adalah sebuah benua sekaligus negara yang letaknya ada di selatan Indonesia. Seperti mayoritas daratan benua yang lainnya yang luas, di wilayah Australia juga telah ditemukan beberapa gurun pasir yang kering dan luas.

“Adanya gurun di Australia itu disebabkan karena posisi benua tersebut. Seperti kebanyakan gurun besar yang ada di dunia, gurun di Australia bisa ditemukan di sekitar garis lintang tertentu (sekitar 30 derajat utara atau selatan dari khatulistiwa) dimana fenomena cuaca nya menciptakan iklim kering.

[Jawaban] Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena?
[Jawaban] Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena?

Keberadaan Gurun di Australia terjadi karena

Mengapa Gurun Hadir di Australia

Udara yang lembab dan panas yang meningkat pada ekuator dan mendingin ketika bergerak pada bagian ke utara atau selatan bumi telah membuat kelembaban mengembun dan akan jatuh sebagai hujan yang melimpah pada kawasan tropis seperti Indonesia.

Adapun udara yang kering hanya menyelimut bagian kawasan subtropis dan akan mengalami pemanasan yang mengakibatkan terjadinya penguapan.

Kalau suatu wilayah menerima lebih banyak penguapan dibandingkan hujan maka hal tersebut merupakan suatu kondisi yang sempurna untuk bisa membentuk gurun.

Gurun Gurun di Australia

Nah, berikut ini terdapat beberapa gurun pasir luas yang terdapat di benua Australia.

– Gurun Pedirka dengan luas 1250 km persegi
– Gurun Tirari dengan luas 15.250 km persegi
– Gurun Batu Sturt / Sturt Stony Desert memiliki luas 29.750 km persegi
– Gurun Strzelecki memiliki luas sekitar 80.250 km persegi
– Gurun Pasir Kecil / Little Sandy Desert memiliki luas 111.500 km persegi
– Gurun Gibson memiliki luas sekitar 156.000 km persegi
– Gurun Simpson memiliki luas sekitar 176.500 km persegi
– Gurun Tanami memiliki luas sekitar 184.500 km persegi
– Gurun pasir besar / great sandy desert memiliki luas sekitar 284.993 km persegi
– Gurun Victoria Besar / Great Victoria Desert seluas 424.400 km persegi.

Fakta Gurun Australia

Terdapat beberapa fakta mengenai gurun australia yang menarik untuk kita ketahui

– Saat ini gurun di Australia menjadi semakin begitu populer karena saking banyaknya turis yang berkunjung utnuk mencari sesuatu yang berbeda. Mereka datang untuk dapat menikmati pemandangan yang begitu menakjubkan yang mungkin saja tak ditemukan di negara mereka.

– Hanya 3% dari populasi Australia yang tinggal di 70% lahan kering pada benua tersebut, sisanya terkonsentrasi pada pesisir-pesisir pantai yang lebih basah.

– Gurun-gurun yang ada di Australia yang dicantumkan di atas merupakan sekitar 18% daripada luas benua ini, akan tetapi sekitar 35% wilayah Australia menerima curah hujan yang terbilang sangat sedikit, sehingga diklasifikasikan sebagai gurun.

– 70% daripada luas wilayah Australia dianggap sebagai daerah kering / arid atau semi arid yang berarti memiliki curah hujan kurang dari 500 mm per tahun.

– Berdasarkan data-data yang ada di atas maka menjadikan Australia sebagai benua yang berpenghuni paling kering di dunia. Sebagai informasi, Antartika adalah benua yang paling kering di dunia.

Kemudian beberapa gurun pasir yang ada di Australia menyajikan pemandangan bebatuan dan ngarai yang indah serta pasir yang berwarna. Turis juga dapat menemukan berbagai macam hewan dan tanaman yang unik di padang pasir.

Australia tak hanya menyajikan pemandangan alam yang sangat begitu spektakuler. Pada benua tersebut juga terdapat beberapa kota dan pantai yang terbilang sangatlah indah yang menarik untuk kita kunjungi.

Gurun Australia juga mempunyai salah satu atraksi yang paling populer yakni Uluru.

Seperti yang dikutip dari wikipedia bahwa Ulur yang juga dikenal sebagai Ayers Rock merupakan informasi batuan pasir besar yang letaknya terdapat di bagian selatan Northern Territory di Australia bagian tengah. Tempat indah tersebut letaknya berada di sekitar 335 km dari kota Alice Springs barat daya.

Uluru adalah salah satu dari tujuan wisata yang begitu populer di Australia yang sudah masuk berada di daftar situs warisan dunia UNESCO. Selain daripada itu, ULURU juga merupakan tempat suci untuk suku Aborigin yang tinggal pada kawasan tersebut.

Area yang ada di sekitar Uluru juga termasuk tempat yang menarik untuk bisa dijelajahi karena telah menyimpan beberapa kekayaan alam dan kekayaan sejarah.

Nah, itulah pembahasan singkat untuk dapat menjawab pertanyaan tentang “Keberadaan Gurun di Australia terjadi karena?”. Semoga pembahasan ini dapat membantu kalian yang sedang mencari informasi mengenai jawaban keberadaan gurun di Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *