Kartunis Adalah Istilah Untuk? Ini Arti Kartunis Yang Sebenarnya


Tentu saja berbicara soal seputar gambar menggambar mempunyai banyak jenis yang mana diketahui bersama ada banyak rupa yang saat ini masih ada. Jenis-jenis menggambar sendiri salah satu yang paling diminati dan populer adalah kartun. Apa sih itu kartun?., Tentu bagi mereka yang telah melihat seperti apa itu kartun, bisa dikatakan bahwa masa kecil mereka sangatlah menyenangkan.

Sebab dalam kartun mempunyai banyak nilai positif yang sangat bermanfaat bagi pribadi, pendidikan, keluarga dan lingkungan sekitar yang dimana nilai tersebut dapat dibawah hingga saat ini. Tak sedikit anak-anak yang menunggu berbagai kartun kesayangannya di berbagai media massa. Jika demikian, seperti apa sih yang dimaksud dengan kartun itu?.

Apa itu Kartun?

Kartun dalam bahasa Inggris disebut dengan cartoon, yang dalam bahasa Italia disebut dengan cartone yang artinya kertas. Sedangkan menurut A.S Hornby dalam Mat Nor Husin (1988) yang mengatakan bahwa kartun adalah lukisan mengenai suatu peristiwa harian yang tergambar secara menyenangkan/menarik. Lalu menurut T. Iskandar yang mendefinisikan bahwa kartun adalah sejenis lukisan yang mengisahkan hal-hal sehari-hari secara berjenaka.

Selain itu yang perlu diketahui bersama bahwa kartun mempunyai ciri-ciri seperti gambarnya agak ringkas, mudah difahami dan dikenali, tidak banyak memakai kata-kata, dan pesan yang lebih segar dan jelas. Kartun juga terdiri atas 5 jenis yaitu kartun gag, editorial, karikatur, animasi dan komik.



Kartun sebagai bentuk komunikasi grafis yang menggunakan simbol-simbol untuk menyampaikan pesan secara cepat dan ringkas, situasi atau kejadian-kejadian tertentu. Kartun mempunyai kemampuan besar untuk menarik perhatian, mempengaruhi sikap maupun tingkah laku. Kartun mengungkap esensi pesan yang disampaikan dalam gambar yang sederhana, serta karakter yang mudah dikenal dan dimengerti secara cepat.



1. Pengertian Kartunis Adalah?

Secara sederhana kartunis adalah orang yang ahli menggambar kartun. Secara terminologi kartunis adalah orang yang kerjanya melukis kartun secara profesional. Itulah definisi dari apa yang dimaksud dengan kartunis.



2. Kartunis Adalah Istilah Untuk?

Berdasarkan dari pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan mengenai kartunis adalah istilah untuk apa? adalah kartunis adalah istilah untuk orang yang ahli menggambar kartun.

 

3. Tujuan Kartunis Adalah?

Perlu diketahui bersama bahwa tujuan dari pada kartunis adalah agar wacana yang diciptakan itu bisa menarik dan menghibur pembaca. Salah satu contohnya adalah para kartunis menghasilkan sesuatu yang aneh dan unik yang bisa menimbulkan reaksi yang membuat orang tertawa atau tersenyum saat membaca wacananya. Itulah mengapa humor adalah unsur yang dibutuhkan dalam proses penciptaan karya.

Selain itu ada juga yang dinamakan dengan kartunis Lepas. Dikatakan bahwa kartunis yang ada di Indonesia merupakan ladang subur bagi penghidupan. Sebab dengan kartunis lepas itu mereka bisa bisa mencari penghasilan tambahan dengan mengandalkan honorarium dari karya apa yang mereka telah muat setelah melewati berbagai seleksi yang ketat di meja redaktur.

Kartunis lepas juga sebagai kontributor media cetak khususnya yang terdapat di koran dan majalah karena menyediakan ruang untuk kartun humor kiriman pembaca. Walaupun dengan melimpah ruahnya sumber penghidupan di Indonesia, akan tetapi masih terdapat tantangan yang dihadapi oleh kartunis lepas yakni mulai kurangnya lahan pengiriman kartun seiring dengan perkembangan teknologi digital.

Walaupun demikian tetap saja, masih banyak media cetak yang ke media digital dengan menyediakan koran digital seperti di media-media besar yakni jawa pos, kompas, liputan6, dan detiknews, rakyat sulsel dan rakyatku.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Kartunis Adalah Istilah Untuk? Ini Arti Kartunis Yang Sebenarnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *