Karakter Seperti Apa Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Wirausaha Menurut Bygrave


Saat ini dunia pendidikan sedang berupaya untuk membangkitkan semangat berwirausaha. Hal itu terlihat dalam setiap kurikulum yang ada, materi kewirausahaan mulai digembor-gemborkan dan bahkan semangat untuk berwirausaha mulai banyak di publikasikan di social media.

Hal itu memang tepat, dimana secara dahulu pikiran kita hanya seputar bagaimana mencari kerja setelah menyelesaikan pendidikan. Dengan pikiran tersebut, banyak yang setelah lulus menjadi pengangguran. Disisi lain, paradigma yang berkembang dimasyarakat bahwa menjadi wirausaha bukanlah pilihan yang menarik karena terdapat ketidakpastian situasi dan tantangan dalam membangun usaha tersebut.

Apalagi menjadi wirausahaan terkadang terkendala oleh akses modal, pembiayaan, pemasaran, akses informasi dan kebijakan pemerintah serta ketidakpercayaan diri menghadapi sebuah risiko. Hal ini yang menjadi faktor penyebab yang menghambat setiap orang untuk menjadi wirausahaan. Apalagi bagi para generasi muda yang ingin terjun dalam dunia wirausaha melihat dari faktor tersebut tentu menjadi kendala besar.

Olehnya itu dibutuhkan semacam pendidikan yang mampu menyalurkan semangat, minat dan perilaku mereka untuk berwirausaha. Melalui pendidikan tersebut maka diharapkan dapat menanamkan karakter seperti apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha.

Sebab Wirausaha sendiri adalah sikap, semangat dan kemampuan menciptakan sesuatu yang baru yang berharga dan berguna untuk diri sendiri dan orang lain. Olehnya itu butuh mental, jiwa aktif, kreatif, berkarsa, bercipta dan bersahaja sebagai karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha.

Di Indonesia sendiri memang saat ini banyak orang yang kemudian beralih menjadi seorang wirausahaan. Apalagi akses informasi yang tersebar luas sehingga banyak usaha yang hanya membutuhkan modal yang sedikit itu kemudian bisa dibangun oleh wirausaha muda.

Ditambah lagi dengan berbagai seminar usaha dan bisnis yang bisa didapatkan secara gratis membuat pola pikir dan mindset setiap orang itu bisa terbangun dengan mudah dan mempengaruhi semangat mereka untuk dapat berubah sebagaimana karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha.

Secara umum karakter seorang wirausaha berhubungan erat dengan ciri khas, perilaku, watak, tabiat, sikap serta tindakan seseorang terhadap untuk mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia usaha. Karakter apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha tersebut dianggap berhasil apabila dalam setiap harinya mempunyai komitmen untuk melakukan sepenuh hati.

Dengan mempelajari dan memiliki karakteristik wirausaha sebagai modal awal maka tujuan dapat tercapai dan menghadapi permasalahan dalam usaha yang berubah setiap saat bisa dihadapi dengan mudah. Selain karakter wirausaha yang dijelaskan diatas, terdapat beberapa pendapat atau teori dari para ahli yang dapat dijadikan sandaran untuk membangun diri menjadi wirausaha yang sesungguhnya.

Karakter Seperti Apa Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Wirausaha Menurut Bygrave

Menurut Bygrave (2009) ada 10 karakteristik kewirausahaan yang dikenal dengan sebutan 10D yaitu dream (mimpi), decisiveness (Tegas), Doers (Pelaku), Determination (Ketetapan Hatu), Dedication (Dedikasi), Devotion (Kesetiaan), Details (Rinci), Destiny (Nasib), Dollars (Uang) dan Distribute (Distribusi). Adapun penjelasan dari seluruh karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha menurut William Bygrave adalah:

1. Dream (mimpi)

Seorang wirausaha mempunyai visi keinginan terhapad masa depan pribadi dan bisnisnya serta mempunyai kemampuan untuk mewujudkan impiannya.

2. Decisiveness (ketegasan)

Seorang wirausaha adalah orang yang tidak bekerja lambat. Mereka membuat keputusan secara cepat dengan penuh perhitungan. Kecepatan dan ketepatan mengambil keputusan adalah faktor kunci dalam kesuksesan bisnisnya.

3. Doers (pelaku)

Bahwa seorang wirausaha akan langsung menindaklanjuti keputusan yang diambilnya. Mereka melaksanakan kegiatan secepat mungkin. Seorang wirausaha tidak mau menunda-nunda kesempatan yang baik dalam bisnisnya. Wirausaha selalu beranggapan bahwa kesempatan tidak akan datang dua kali.

4. Determination (determinasi)

Seorang wirausaha melaksanakan kegiatan dengan penuh perhatian. Rasa tanggung jawabnya tinggi dan tidak mau menyerah, walaupun dihadapkan pada halangan dan rintangan yang tidak mungkin dapat diatasi.

5. Dedication (dedikasi)

Seorang wirausaha didalam melaksanakan pekerjaannya tidak mengenal lelah. Semua perhatian dan kegiatannya dipusatkan semata-mata untuk kegiatan bisnisnya.

6. Devotion (pengabdian)

Wirausaha mencintai apa yang dikerjakannya. Rasa cinta dapat menahan wirausahawan ketika usaha mereka mendapat kesulitan. Rasa cinta akan produk atau jasa dapat menyebabkan efektif dalam menjualnya.

7. Details (cermat)

Seorang wirausaha sangat memperhatikan faktor-faktor krisis secara rinci. Dia tidak mau mengabaikan faktor-faktor kecil yang dapat menghambat kegiatan usahanya.

8. Destiny (nasib)

Seorang wirausaha bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya. Dia merupakan orang yang bebas dan tidak mau tergantung kepada orang lain.

9. Dollars (uang)

Seorang wirausaha tidak mengutamakan mencapai kekayaan. Motivasi utamanya bukan karena uang, uang dianggap sebagai kesuksesan bisnisnya. Ia beransumsi jika berhasil dalam bisnis maka ia pantas mendapatkan laba, bonus atau hadiah.

10. Distribute (distribusi)

Seorang wirausaha bersedia mendistribusikan kepemilikan bisnisnya kepada orang-orang kepercayaannya, yaitu orang-orang yang kritis dan diajak untuk mencapai sukses dalam bidang bisnis.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Karakter Seperti Apa Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Wirausaha Menurut Bygrave. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *