Kapan ASEAN Berdiri? Ini Jawaban & Nama Tokoh-Tokoh Pendirinya


Pada tahun 1945 sampai 1965 tengah mengalami persaingan dunia Internasional dimana terdapat dua kekuatan super power yang membagi dunia ini menjadi dua blok yaitu blok barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan juga Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet.

Persaingan tersebut tidak terjadi secara singkat, namun sangat lama hingga terjadi sebuah peristiwa dengan terbentuknya pakta pertahanan yaitu Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) oleh Amerika Serikat dan sekutunya, dan Pakta Warsawa oleh Uni Soviet dan satelit-satelitnya.

Persaingan keduanya terdiri atas seluruh aspek yaitu ideologi, politik dan ekonomi, serta sosial budaya. Begitu juga dalam pembesaran wilayah yang terus menerus sampai kawasan Asian hingga Pasifik. Dari sisi keorganisasian juga muncul berbagai organisasi yang mempunyai keberpihakan diantara kedua kekuatan itu khususnya di Asia Tenggara. Sebab terdapat peran Asia tengara dalam membuat berdirinya organisasi untuk memilih dua diantara negara adidaya itu,

Contohnya ASA, SEATO dan ASEAN yang dikatakan pro Amerika Serikat dan Persekutuan Indocina yang mendukung Uni Soviet. Memang latar belakang kerja sama ini dilatar belakangi karena terdapat negara barat untuk persaingan Timur-Barat.



Asia Tenggara bukanlah suatu kawasan yang amat penting bagi Amerika Serikat dan juga dari Uni Soviet. Walaupun cukup berarti sebagai jalur lalu-lintas laut untuk perpindahan armada perang kedua adikuasa dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik dan sebaliknya, dan bagi jalur suplai energi dan perdagangan Jepang.



Melalui pandangan demikian, dalam pembentukan ASEAN dapat berlangsung sebab dilatar belakangi dari kekuatan antara Amerika Serikat, Uni Soviet dan China bergeser dari wilayah ASEAN ke Indo China. Sedangkan dukungan Amerika Serikat dan Jepang terhadap ASEAN tidak dilihat sebagai ancaman langsung oleh lawannya sehingga kedua raksasa komunis itu tidak berusaha menggagalkannya.



Kapankah ASEAN Berdiri Adalah?

Sebagaimana diketahui bahwa ASEAN adalah organisasi regional yang dibentuk dan di deklarasikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Filipina yang di tandatangi oleh 5 Menteri Luar Negeri negara dan saat itu juga, dinyatakan mengenai tujuan didirikannya ASEAN yaitu untuk meletakkan dasar-dasar yang kokoh bagi usaha kerjasama regional dalam usaha mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan.

Tokoh Negara Pembentuk ASEAN Adalah?

Diketahui dalam terbentuknya ASEAN ini dibentuk oleh 5 negara, dimana dalam kelima negara pembentuk ASEAN tersebut terdapat perwakilan yang menjadi tokoh pembentuk ASEAN dalam hal ini adalah:

    1. Indonesia diwakili oleh Adam Malik
    2. Malaysia diwakili Tun Abdul Razak
    3. Filipina diwakili oleh Narciso Ramos
    4. Singapura diwakili oleh S. Rajaratnam
    5. Thailand diwakili oleh Thanat Khoman

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Kapan Asean Berdiri? Ini Jawaban & Nama Tokoh-Tokoh Pendirinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *