Jenis Latihan Kekuatan Dalam Kebugaran Jasmani Adalah?

Latihan Kekuatan Dalam Kebugaran Jasmani –  Semua orang butuh kebugaran jasmani yang baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tubuh. Dengan latihan kebugaran jasmani, maka kekuatan tubuh akan semakin meningkat.  Ada banyak contoh latihan dengan tata cara yang benar agar pembentukan kekuatan dalam kebugaran jasmani bisa efektif.

Sebab dengan melatih kebugaran jasmani maka akan bermanfaat dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Tingginya kebugaran jasmani maka kemampuan kerja fisiknya pun tinggi. Sebab arti kebugaran jasmani itu sendiri adalah istilah untuk menyebutkan kegiatan atau bentuk aktivitas yang menyehatkan pada tubuh manusia.  Semakin bugar seseorang maka semakin kuat pula fisik atau daya tahan pada tubuh yang dimilikinya. Namun mendapatkan kekuatan fisik, dibutuhkan latihan-latihan yang tidak sedikit.

Walaupun banyak jenis latihan yang harus dilakukan dalam meningkatkan kekuatan tidaklah begitu penting sebab apabila tubuh anda sampai sakit, maka disitulah setiap orang akan menyesal untuk tidak melatih kekuatan dalam meningkatkan kebugaran jasmaninya. Sebab apabila kita sakit, ada banyak biaya yang harus dikeluarkan, itulah mengapa ada yang mengatakan bahwa sehat itu mahal.

Maka dari itu, pentingnya setiap orang untuk berlatih kebugaran jasmani. Sebab dengan melatih kebugaran jasmani maka hal yang bisa didapatkan adalah kelincahan, daya ledak, daya tahan, Kecepatan, Kekuatan Otot, Daya Tahan Kardiorespirasi dan Kelenturan. Namun untuk mendapatkan hal ini, dibutuhkan pelatihan dari setiap komponen kebugaran jasmani tersebut contohnya saja adalah melatih kekuatan.

Kekuatan Dalam Kebugaran Jasmani 

Dalam kebugaran jasmani, melatih kekuatan sangatlah penting sebab dengan kekuatan otot yang kuat maka saat mendapatkan aktivitas atau melakukan pekerjaan otot maka otot dapat tahan dan tidak mudah letih atau keselo.

Arti kekuatan disini adalah kemampuan otot yang dipakai untuk menerima beban saat beraktivitas atau bekerja. Kekuatan otot baik itu baik otot lengan ataupun otot kaki didapatkan dari latihan teratur dengan beban berat dan frekuensi sedikit.

Jenis Latihan Kekuatan Dalam Kebugaran Jasmani Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)
Jenis Latihan Kekuatan Dalam Kebugaran Jasmani Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun jenis-jenis latihan kekuatan dalam kebugaran jasmani yang bisa dilakukan dengan mudah adalah push up, sit up, angkat beban, back up. Adapun penjelasan dari jenis latihan kekuatan dalam kebugaran jasmani ini adalah

Latihan Kekuatan Dengan Squat Jump

Squat jump adalah bentuk latihan dengan merendahkan posisi tubuh sampai setengah jongkok, kedua tangan saling berkait dibelakang kepala, bergerak keatas dengan kuat, dan menjaga kepala tetap tegak, usahakan posisi kaki lurus ketika melayang di udara, pendaratan kembali ke posisi awal dan lakukan secara berulang-ulang.

Latihan Kekuatan Dengan Push Up

Push up adalah senam kekuatan untuk menguatkan otot bisep dan trisep. Latihan push up adalah latihan untuk mengembangkan otot-otot dada, bahu, dan lengan. Caranya dengan tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan.

Badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Menurut Sadoso (1994: 45) terdapat macam-macam push up yakni:

  1. Push up dengan tangan menumpu pada bangku,
  2. Push up dengan kaki dan tangan menumpu pada lantai (normal),
  3. Push up dengan posisi kaki ditinggikan
  4. Push up dengan lutut menumpu pada lantai (wanita),

Latihan Kekuatan Dengan Sit Up

Sit up adalah gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat dengan lutut yang diangkat kearah atas dan dilakukan secara berulang-ulang. Biasanya latihan ini dilakukan untuk membantu membentuk otot bagian perut dan mmbakar lemak perut.

Latihan Kekuatan dengan Angkat Beban

Latihan angkat beban adalah aktivitas fisik yang diterapkan secara sistematis dengan memakai beban sebagai alat untuk meningkatkan kekuatan otot serta untuk mencapai tujuan seperti memperbaiki kondisi fisik, mencegah terjadinya cedera atau tujuan kesehatan. Latihan beban tubuh akan dipaksa menyesuaikan diri dengan membesarnya jaringan otot yang dilatih.

Latihan Kekuatan Dengan Back Up

Gerakan Back up adalah bentuk latihan kebugaran jasmani yang bermanfaat untuk penguatan otot perut, selain itu Back Up juga merupakan latihan untuk daya tahan dan kekuatan otot punggung. Cara melakukan Back Up adalah

  1. Tidur tengkurap,
  2. kaki dalam posisi merapat dan 2 tangan di rapatkan di depan dagu.
  3. Angkat tubuh bagian depan ke atas, sehingga dada berada dalam posisi tidak menyentuh lantai
  4. Kembali ke posisi semula dan lakukan secara berulang ulang.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jenis Latihan Kekuatan Dalam Kebugaran Jasmani Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *