Jelaskan Yang Dimaksud Pluralitas Kebudayaan? Ini Jawabannya


Sejak awal negara Indonesia berdiri merupakan negara yang berawal dari kehidupan yang majemuk dimana terdapat hampir 300 kelompok etknik atau sekitar 1.340 suku sesuai dengan sensus BPS tahun 2010. Dari hal itu, kita semua dapat melihat bahwa Indonesia adalah negara yang multikultural.

Biasanya multikulturalisme terkadang disamakan dengan pluritas. Hal itu karena apa yang dimaksud dengan multikulturalisme dengan maksud pluritas dianggap sama atau mirip. Padahal keduanya sangatlah berbeda. Jika di identikkan dengan Indonesia.

Maka penggambaran yang tepat adalah multikulturalisme. Sebab dalam bahasa Multikulturalisme adalah penegasan bahwa segala perbedaan mereka tetaplah sama baik dalam ruang privat maupun dalam ruang publik.

Sedangkan untuk yang dimaksud dengan pluralitas atau pluralisme adalah ajaran yang menyatakan bahwa adanya berbagai unsur tidak berhubungan satu dengan yang lainnya. Sejalan dengan itu Aristoteles menyatakan bahwa hakikat manusia ditemukan dalam individu. Dari kedua pernyataan ini kita mengetahui bahwa pada dasarnya pluralitas individu berakibat pada plutalitas kebudayaan.



Sesuai dengan pembahasan kali ini, penulis akan membahas mengenai pluralitas kebudayaan seperti apa, sebab ternyata hal ini juga mengundang daya tarik bagi sebagian orang untuk mengetahui seperti apakah yang dimaksud dengan pluralitas kebudayaan itu. Tidak hanya soal pluralitas kebudayaan sebenarnya terdapat pluralisme filsafat dan pluralisme bidang sosial. Tapi pada kali ini penulis hanya akan menjelaskan soal pluralitas kebudayaan itu.



Pluralitas Kebudayaan

Menurut pendapat para ahli dalam hal ini adalah Koentjaraningrat yang mengatakan bahwa pluralism kebudayaan adalah dua macam tradisi kebudayaan atau lebih yang membagi masyarakat kedalam golongan sosial yang berbeda-beda.



Berbicara soal Pluralisme Budaya memandang bahwa satu masyarakat dapat bisa hidup berdampingan ketika perbedaan yang ada tidak bertentangan dengan nilai dan kaidah utama yang merupakan suatu kebudayaan yang dominan.

Jadi dalam pluralitas kebudayaan sebenarnya terdapat satu kebudayaan yang dominan dan satu kebudayaan minoritas yang bisa hidup berdampingan apabila tidak ada nilai dan kaidah yang bertentangan. Hal ini sangatlah menarik apabila dalam perspektif pluralisme budaya melihat keberadaan aliran keagamaan.

Dimana dengan adanya pluralisme budaya, maka manfaat positif yang didapatkan adalah aliran tidak akan hilang oleh karena ditelan arus aliran keagamaan yang dominan dan disisi lain bisa menjadi penangkal aliran keagamaan yang dominan.

Tidak hanya itu, apabila berkaca di Indonesia hadirnya pluralitas budaya sangat memberika ndampak positif bagi Indonesia sebab bahasa dan budaya lokal dapat meningkatkan kekayaan daerah seperti pariwisata, identitas daerah yang sebenarnya akan membentuk budaya nasional atau bisa disebut sebagai identitas nasional.

Walaupun akan semakin memperkaya Indonesia, tetapi dengan adanya pluralitas budaya juga dapat dengan mudah untuk memicu konflik sosial seperti isu SARA yang banyak terjadi di setiap daerah.

Jelaskan Yang Dimaksud Pluralitas Kebudayaan?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian dan penjelasan mengenai pluralitas kebudayaan adalah:

Pluralitas kebudayaan adalah satu masyarakat atau lebih dapat hidup berdampingan dengan kebudayaan dominan jika nilai dan kaidah utama tidak saing bertentangan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Yang Dimaksud Pluralitas Kebudayaan? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *