Jelaskan Yang Dimaksud Orientasi? Ini Pengertiannya


Dalam beberapa hal dalam bahasa Indonesia terdapat istilah-istilah yang menjadi pembagi dalam teks yang menjadi struktur untuk memudahkan bagi setiap orang mengetahuinya, sebut saja istilah seperti orientasi, komplikasi, resolusi dan reorientasi.

Berbagai istilah itu bagi sebagian orang memang ada yang bisa menyederhanakannya dalam bentuk arti sederhana, namun hal itu berbeda ketika istilah-istilah itu dilekatkan pada setiap jenis teks, tentunya mempunyai definisi yang berbeda dengan yang biasanya didengar.

Seperti apabila istilah orientasi dilekatkan pada penerimaan pegawai baru, maka sudah jelas definisi atau pengertian mengenai orientasi akan sesuai dengan karakter dari apa yang dilekatkan setelah kata orientasi tersebut.

Dalam pengenalan pegawai baru, arti orientasi adalah proses penyediaan informasi tentang perusahaan yang butuh diketahui setiap karyawan baru. Informasi didalamnya terdapat latar belakang perusahaan sampai kepada peraturannya.



Namun apabila orientasi dilekatkan tentang teks, maka yang dimaksud dengan pengertian orientasi juga akan berubah seperti apabila dilekatkan dengan teks ulasan, cerpen, fabel, biografi, dan teks drama.



Pengertian orientasi adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian orientasi adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Walaupun terdapat beberapa definisi tentang orientasi, paling tidak terdapat definisi umum yang bisa menjadi rujukan bagi setiap orang sebagai dasar dalam mengenal orientasi itu. Adapun yang dimaksud dengan pengertian orientasi itu dapat dilihat dibawah ini:



Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Orientasi Adalah?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara umum yang dimaksud dengan pengertian orientasi adalah peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar; pandangan yang mendasari pikiran, perhatian atau kecenderungan. Tetapi, arti orientasi mempunyai makna yang berbeda apalagi saat berhubungan dengan suatu teks.

1. Orientasi Pada Teks Cerpen

Secara umum, arti orientasi adalah awal atau pengenalan dari sebuah cerita atau peristiwa sejarah. Biasanya berisi tentang tokoh-tokoh dalam cerita yang akan diceritakan.

Contoh orientasi: Pada zaman dahulu hiduplah seekor rusa yang sedang berjalan di padang rumput nan hijau dengan bahagia, karena ia baru saja mendapatkan tempat baru dengan sumber makanan yang melimpah.

2. Orientasi Pada Teks Fabel

Pengertian orientasi pada fabel adalah bagian awal dari suatu cerita yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat, dan waktu.

3. Orientasi Pada Teks Ulasan

Pengertian Orientasi pada teks ulasan adalah paragraf pertama dalam teks ulasan yang menjelaskan keberadaan suatu teks yang mendapat penghargaan,sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.

4. Orientasi Pada Teks Drama

Pengertian orientasi pada drama adalah bagian awal cerita yang menggambarkan situasi yang sedang sudah atau sedang terjadi.

5. Orientasi Pada Teks Biografi

Pengertian orientasi pada teks biografi adalah bagian yang berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar/pembaca.

Pengertian orientasi adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian orientasi adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Yang Dimaksud Orientasi? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *