Jelaskan Yang Dimaksud Makhluk Hidup Uniseluler? Berikan Contohnya


Pelajaran biologi adalah pelajaran yang begitu menarik sebab didalamnya membahas mulai dari yang terbesar sekalipun hingga yang terkecil seperti Sel yang terdapat dalam tubuh manusia, hewan, tumbuhan dll.

Sel (Sitologi) merupakan salah satu cabang Ilmu Biologi yang mempelajari tentang sel. Sebagai unit dasar kehidupan yang susunannya secara struktural dan fungsional sangat berpengaruh terhadap kepribadian dan tingkah laku dari masing–masing makhluk hidup. Seluruh makhluk hidup tersusun atas sel yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Dewasa ini pemahaman setiap orang mengenai sel dan juga cara mereka untuk mengetahui keberadaan sel tersebut sudah mengalami perkembangan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan zaman dahulu saat pertama kali mengenai sel ini dilahirkan sebagai bahan pembelajaran bagi kehidupan.

Perlu diketahui bersama bahwa tubuh setiap organisme yang hidup ini tersusun atas sel, jika organisme itu hanya mempunyai satu sel maka mereka disebut dengan uniseluler yang contohnya adalah protozoa, bakteri dan yeast. Selain daripada sel uniseluler juga terdapat organisme yang tersusun dari banyak sel yang disebut dengan multiseluler contohnya manusia, hewan dan tumbuhan.



Sebelum membahas mengenai topik utama pada kali ini yang berjudul “Jelaskan Yang Dimaksud Makhluk Hidup Uniseluler? Ini Arti & Contohnya”. Pertama-tama tahukah anda apa yang dimaksud dengan pengertian Sel dan sejarahnya?.



Apa Yang Dimaksud Dengan Sel?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian sel adalah unit terkecil yang mempunyai bentuk, ukuran dan fungsi yang berbeda-beda bergantung pada tempat dimana jaringan yang disusunnya. Dalam sejarahnya, Sel pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama Robert Hooke tahun 1665. Pada saat itu, Sel disebut dengan Cellula yang didefinisikan dengan “bilik kecil”.



Mengapa gerangan disebut dengan bilik kecil? alasannya karena saat ditemukan, yang terlihat adalah sel gabus yang mirip dengan bilik hal itu karena yang diamati adalah benda mati. Kemudian melalui fase perkembangannya, ternyata apa yang terjadi adalah Hooke melihat terdapat perbedaan yang mendasar antara sel gabus dengan sel hidup dimana dalam sel hidup terdapat cairan kental yang saat dikenal dengan Protoplasma.

Penelitian demi penelitian dilakukan, hingga diketahui bahwa sel merupakan tempat yang berongga dan kantong yang berisi. Berkat perkembangan teknologi yang semakin maju, melalui alat Scanning Electron Mycroscope (SEM) diketahui bahwa sel adalah wadah yang di dalamnya terjadi aktivitas biosintesis ribuan molekul yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan organisme yang punya sel itu.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Makhluk Hidup Uniseluler?

Berdasarkan dari penjelasan dasar diatas, maka membahas mengenai topik utama pada kali ini yakni makhluk hidup uniseluler adalah:

Yang dimaksud dengan pengertian makhluk hidup uniseluler adalah makhluk hidup yang terdiri dari satu sel tunggal yang dapat hidup secara berkelompok atau individu. Adapun contoh-contoh makhluk hidup uniseluler adalah ameba (amoeba), jamur seperti ragi, bakteri, beberapa jenis Protista dan Cyanobacteria.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Uniseluler Adalah?

Sedangkan untuk ciri-ciri umum daripada organisme uniseluler adalah:

    1. Dinding luar yang tipis
    2. Bisa tembus dilalui oleh zat kimia
    3. Mempunyai sitoplasma
    4. Memiliki nukleus
    5. Serta mempunyai struktur yang melepaskan energi dari makanan, membuang zat-zat sisa, atau melindungi sel dari serangan organisme lain.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Yang Dimaksud Makhluk Hidup Uniseluler? Ini Arti & Contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *