Jelaskan Yang Dimaksud Improvisasi? Ini Pengertiannya


Pengertian Improvisasi  Adalah РDalam bahasa inggris, istilah Improvisasi berasal dari kata improve. Arti dari kata ini adalah menambah-nambahkan atau mengembangkan. Kata improvisasi adalah istilah yang biasa disebutkan oleh banyak orang apalagi para politikus, organisatoris dan juga para seniman, seperti seniman tari, drama, teater, musik dan pembaca naskah. Kata improvisasi biasa keluar dari mulut seseorang dalam menilai, apakah orang tersebut mampu memainkan sesuatu hal dengan memadukan sesuatu hal yang berbeda.

Untuk lebih mudahnya seperti ilustrasi berupa penyanyi profesional dan penyanyi biasa saja atau amatir?.Membedakannya adalah kemampuan improvisasinya, sehingga lagu yang didengar saat mereka memainkan ada yang terdengar berbeda dan lebih indah. Seakan-akan, lagu yang dinyanyikan memberikan kejutan yang merupakan sisi menarik dari hal itu semua baik dengan memakai ekspresi, tekanan suara, dan gerak tarik atau dari musiknya.

Contohnya adalah lagu dua mata saya atau lagu topi saya bundar yang dinyanyikan dengan nada, tari, gerak dan musik biasa saja. Improviasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah atau menambah sebagian melodi, tanpa merubah melodi pokok yang menjadi dasar dari lagu tersebut. Melakukan improvisasi dituntut untuk tidak serupa dengan improvisasi sebelumnya.

Bahkan pada lagu yang sama dimainkan pada hari yang sama juga harus terdengar berbeda. Improvisasi biasanya dimainkan di dalam interlude maupun keseluruhan lagu, atau di antara putaran lagu pertama dan putaran lagu kedua, serta dimainkan secara tunggal (solit) dengan alat musik: piano, gitar, biola, keyboard, atau saxophone.



Pengertian Improvisasi Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian improvisasi adalah suatu tindakan untuk membuat atau melakukan sesuatu dengan apa pun yang tersedia pada saat itu secara kreatif yang berbeda dengan sebelumnya atau yang biasa-biasanya saja.



Pengertian Improvisasi (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Improvisasi (Foto: Artikelsiana.com)

1. Pengertian Improvisasi Dalam Musik dan Lagu

Berdasarkan arti diatas, maka pengertian improvisasi dalam musik adalah memainkan musik secara spontan tanp perencanaan atau bacaan tertentu. Dalam musik, pengertian improvisasi dalam lagu adalah suatu kebebasan dalam memainkan suatu notasi dengan tidak terikat atau tidak sama dengan notasi lagu aslinya.



2. Pengertian Improvisasi Dalam Drama

Sedangkan dalam drama, apabila ingin melakukan teknik improvisasi yang perlu diketahui sebelumnya bahwa improvisasi pada hal ini adalah cara pengungkapan yang dilakukan secara spontan atau tanpa terencana terlebih dulu. Umumnya drama yang bersifat improvisasi hanya memakai kerangka naskah yang menyajikan kronologi cerita.

Dari penjelasan diatas, maka pengertian improvisasi dalam drama adalah suatu ucapan atau gerakan menyimbang yang bertujuan untuk lebih menghidupkan pemeranan. Improvisasi adalah ciptaan spontan ketika seorang aktor bermain peran (Rendra, 1993:70). Menurut Panuti Sudjiman (1990:37 arti improvisasi dalam drama adalah penciptaan seketika, tanpa persiapan atau rencana. Sedangkan Ruth Beall Heining (1993:184) improvisasi sebagai aktivitas drama yang dihasilkan secara spontan melalui suatu situasi.

3. Pengertian Improvisasi Dalam Tari

Sedangkan dalam tari, pengertian improvisasi dalam tari adalah proses pengembangan kreativitas melalui aktivitas gerak yang dihasilkan dengan gerak sebanyak-banyaknya melalui spontanitas yang bisa dengan mengikuti arah musik. Diharapkan bahwa penari mempunyai keterbukaan bebas dalam mengekspresikan perasaannya lewat media gerak. Improvisasi diartikan sebagai penemuan gerak secara keseluruhan atau spontan, walaupun gerak-gerak tertentu muncul dari gerak-gerak yang pernah dipelajari atau temukan sebelumnya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Yang Dimaksud Improvisasi? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *