Jelaskan Yang Dimaksud Gerakan Salto Pada Senam Lantai? Ini Artinya


Senam merupakan bagian dari latihan fisik yang dilakukan secara sistematis terencana dengan tujuan tertentu. Hal itu karena didalam olahraga ini punya berbagai macam gerakan. Tentu bagi setiap orang, tidaklah asing dengan olahraga ini karena olahraga ini begitu populer dan banyak digemari oleh masyarakat salah satunya adalah senam lantai.

Sebagai bagian dari senam artistik dan senam ini sangat murah meriah dan juga tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk menggunakannya karena olahraga ini dilakukan dengan menggunakan matras.

Tidak hanya itu, olahraga ini juga salah satu cabang olahraga tersendiri yang membuatnya disebut sebagai olahraga dasar dengan fokus utama adalah kombinasi terpadu dari setiap anggota tubuh. Itulah mengapa komponen utama dari senam lantai adalah kekuatan,kecepatan keseimbangan, kelentukan, kelincahan dan ketepatan.

Dalam senam lantai terdapat berbagai macam gerakan yang dalam tingkat sekolah dasar terdapat gerakan yang begitu populer dan mengasyikkan dilakukan oleh anak sekolah dasar dalam hal ini adalah Salto.



Apasih yang dimaksud dengan Salto dan bagaimana cara melakukannya, berikut penjelasannya dibawah ini tentang jawaban pada topik:



Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Salto?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Salto adalah gerakan atau bentuk latihan berupa gerakan berguling di udara. Salto dapat dilakukan ke depan ataupun ke belakang.



Adapun penjelasan dari kedua jenis salto ini adalah:

1. Pengertian Salto Depan

Yang dimaksud dengan Salto depan atau biasa disebut dengan front somervault adalah gerakan mengguling (roll) di udara ke arah depan. Tujuannya dapat membuat badan dapat berputar di udara, sikap badan harus bulat. Poros putaran gerakan salto disebut sumbu putaran transfersal.

Cara Melakukan Salto Depan

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan salto depan adalah:

    1. Awalan lari beberapa langkah saja.
    2. Selanjutnya menolak dengan dua kaki ke atas kuat, bersamaan dengan kedua lengan diayunkan kuat ke atas.
    3. Setelah mencapai titik tertinggi tangan digerakkan memeluk lutut dan kepala menunduk.

2. Pengertian Salto Belakang

Salto belakang atau di istilahkan dengan flic-flacadalah suatu bentuk gerakan dalam senam lantai yang dimulai dengan berdiri, kemudian membengkokkan lutut.

Cara Melakukan Salto Belakang

Sedangkan tata cara dalam melakukan salto ke belakang adalah:

    1. Posisi berdiri, kaki rapat, dan kedua lengan lurus ke depan.
    2. Turunkan lengan dan ayun ke belakang, lutut ditekuk hingga setengah jongkok.
    3. Ayunkan kembali kedua lengan ke depan atas, bersamaan dengan tolakan kaki yang kuat, kepala tegak dilipat ke belakang.
    4. Badan melenting, kedua kaki lurus, badan melayang sebelum kedua tangan menumpu di atas matras.
    5. Setelah mencapai posisi handstand, kedua kaki dihentakkan (snap), panggul ditekuk disertai dengan tolakan tangan.
    6. Kedua kaki mendarat, dada dan kepala terangkat, kedua lengan lurus ke depan.

Demikianlah informasi yang berjudul Jelaskan Yang Dimaksud Gerakan Salto Pada Senam Lantai? Ini Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *