Jelaskan Yang dimaksud Dengan Guling Belakang? Ini Arti & Caranya


Senam merupakan latihan fisik yang dilakukan secara sistem dengan gerakan yang tidaklah sembarangan. Gerakan dalam senam merupakan gerakan pilihan dengan tujuan tertentu. Olehnya itu, sudah pasti bahwa di dalam senam terdapat berbagai macam gerakan.

Hal ini tentu tidak hanya dikatakan sendiri oleh penulis, sebab olahraga ini bukanlah olahraga ekslusif yang hanya segelintir orang bisa mengetahuinya, melainkan banyak orang juga ikut mengenal olahraga ini dan saking banyaknya sampai-sampai banyak istilah tentang olahraga ini seperti senam jantung sehat, senam aerobic, senam artistik, senam tera dan senam akrobatik.

Salah satu senam yang bisa dilakukan dan populer untuk semua kalangan adalah senam lantai. Hal itu karena baik tua muda dan dari latar belakang apapun bisa mengikuti olahraga ini sebab olahraga ini bagian dari senam artistik. Selain itu olahraga ini sangat murah meriah sebab hanya dengan bermodalkan matras, maka setiap orang bisa melakukan olahraga ini.

Tidak hanya karena murah meriah, olahraga ini juga adalah olahraga dasar dengan fokus utama adalah gerak dengan kombinasi terpadu dengan semua anggota tubuh dan kemampuan komponen motorik/gerak seperti kekuatan,kecepatan keseimbangan, kelentukan, kelincahan dan ketepatan.



Dalam olahraga ini terdapat gerakan yang tentu bagi sebagian orang mengingat gerakan ini biasa dilakukan pada saat sekolah dasar yang begitu mengasyikkan dan begitu populer dalam hal ini adalah gerakan guling ke depan, guling ke belakang dan guling lenting.



Sesuai dengan hal itu, maka pada kali ini penulis akan membahas salah satu dari ketiga jenis gerakan guling dalam hal ini adalah guling belakang atau Back Roll, hal itu sebagaimana dalam topik kali ini yang berjudul Jelaskan Yang dimaksud Dengan Guling Belakang? Ini Arti & Caranya



Perlu diketahui bersama bahwa olahraga Roll ke kebelakang depan sangatlah mudah dan juga mengasyikkan, akan tetapi tetap saja dapat membahayakan keselamatan ketika teknik dalam melakukan gerakan roll ke belakang ini tidak diketahui dan dipahami.

Maka dari itu, selain membahas mengenai apa yang dimaksud dengan pengertian guling belakang (back roll), pada kali ini penulis juga akan membahas mengenai cara melakukan guling belakang. Adapun pembahasan pengertian guling belakang dan tata cara melakukannya adalah:

Jelaskan Yang dimaksud Dengan Guling Belakang?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Guling Belakang (Back Roll) adalah gerakan senam lantai yang mengguling ke belakang seperti roda dengan posisi tubuh yang membelakangi matras.

Cara Melakukan Guling Belakang Adalah?

Berikut adalah penjelasan langkah-langkah melakukan back roll:

    1. Tubuh dalam posisi jongkok, kedua kaki rapat dengan tumit agak sedikit diangkat.
    2. Kepala menunduk dan posisi dagu menyentuh dada.
    3. Kaki ditolakkan pada lantai ke arah belakang, dijadikan pendorong untuk menggulingkan badan.
    4. Saat posisi punggung di matras, letakkan tangan yang sudah ditekuk di samping telinga.
    5. Kaki diangkat dan diayunkan melewati kepala.
    6. Pada saat yang bersamaan tangan digunakan sebagai tumpuan dan tolakan.
    7. Sesudah berguling posisikan tubuh kembali jongkok.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Yang dimaksud Dengan Guling Belakang? Ini Arti & Caranya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *