Jelaskan Yang Dimaksud Bounce Pass? Ini Artinya


Permainan bola basket tidak jauh beda dengan permainan bola lainnya yang mempunya dua team yang satu sama lain saling berlawanan dan membutuhkan kerja sama tim baik dalam koordinasi dan penyelesaian permainan.

Namun permainan bola basket juga mempunyai keunikan tersendiri yang membedakan dengan permainan bola lainnya. Olehnya itu, permainan ini masih tetap laku dan mempunyai fans yang fanatik yang kebanyakan fansnya juga mengetahui cara permainan bola basket.

Padahal dalam memainkan bola basket bisa dibilang tidak mudah juga, sebab terdapat teknik-teknik dasar dan peraturan yang begitu detail. Dengan mengetahui kedua hal mendasar ini, maka keindahan dan sisi menarik dari permainan bola basket akan terlihat. Apalagi jika dalam permainan bola basket ini dikombinasikan dengan teknik dasar satu dengan yang lainnya.

Sejalan dengan hal itu, Agus Salim menyampaikan bahwa kemampuan dasar itu diantaranya menangkap bola, melempar atau mengoper bola, mengiring bola dan menembakkan bola kebagian dalam ring jala lawan. Walaupun memang terdengar sederhana, hanya terdapat beberapa teknik tapi dalam teknik dasar tersebut terdiri berbagai varian yang membuat tampilan permainan bola basket terlihat menarik dan indah.

Selain dari macam-macam teknik dasar tersebut, dapat di kategorikan lagi dalam 3 jenis yaitu passing, dribble dan shooting yang saling mendukung satu sama lain dan dapat dikombinasikan oleh setiap pemain basket. Salah satu teknik yang dapat dipelajari diawal dalam mempelajari permainan ini adalah passing. Apasih yang dimaksud passing itu?

Menurut Rachmad Fadillah bahwa yang dimaksud passing adalah teknik memberikan bola atau mengoperkan bola kesesama pemain dalam satu regu. Sedangkan menurut Agus Salim bahwa yang dimaksud dengan pengertian passing atau mengoper bola adalah kemampuan yang paling mendasar dari permainan bola basket.

Selanjutnya ia menambahkan mengumpan adalah cara paling efektif untuk menggerakan bola dari satu bagian kebagian lain dari lapangan tanpa kehilangan penguasaan terhadap bola.

Macam-macam teknik passing diantaranya Operan dada (chest pass), Operan pantul (bounce pass) dan Operan atas (overhead pass). Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai salah satu jenis dari teknik passing dalam permainan bola basket yakni Bounce Pass atau Operan Pantul. Apasih yang dimaksud dengan Bounce Pass atau Operan Pantul?

Apa Yang Dimaksud Dengan Bounce Pass?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Bounce pass adalah melempar atau memberikan operan kepada rekan setim dengan memantulkan bola kelantai terlebih dahulu. Maka dari itu bounce pass disebut sebagai lemparan yang berguna saat ada pemain bertahan didalam sebuah tim dan akan efektif apabila pemain bertahan lebih tinggi dan lengannya terjulur keatas.

Teknik bounce pass dalam bola basket mempunyai peran penting dalam permainan bola basket untuk diketahui, karena bounce pass ini memanfaatkan pantulan di lapangan yang berfungsi untuk memberikan umpan tajam dan mengecoh lawan sehingga melalui teknik dasar passing Bounce Pass ini berguna dalam membongkar pertahanan lawan.

Walaupun dalam permainan bola basket teknik dasar passing Bounce Pass ini mempunyai peran penting dan fungsi yang baik dalam permainan bola basket, akan tetapi dalam menggunakan passing tersebut masih belum sering digunakan.

Hal itu bisa dilihat dalam pembelajaran permainan bola basket yang kebanyakan para siswa masih banyak menggunakan teknik chess pass dan untuk teknik passing bounce pass masih jarang digunakan. Apalagi bertanya soal mengkombinasikan kedua teknik passing ini, yang jadi kombinasi penting dalam mengoper ke teman.

Melalui kedua kombinasi passing tersebut, terlihat irama permainan akan lebih bervariasi dan terlihat lebih baik. Dalam penggunaan teknik bounce pass juga membuat umpan tidak mudah terbaca karena dipantulkan dan menjadi umpan yang sulit dihalau karena terpantul dibawah lantai yang sulit dijangkau dengan menggunakan tangan.

Olehnya itu, agar bagi yang ingin bermain bola basket atau ingin mempelajari tata cara bounce pass apalagi dalam pembelajaran disekolah, maka yang diutamakan bukanlah hasilnya. Melainkan sejauh mana dalam proses melakukan gerakan bounce pass tahap demi tahap demi kesesuaian antara teknik dengan teori yang sebenarnya. Pembelajaran teknik bounce pass bisa dilakukan dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan ke tahap gerak lanjut atau disebut Follow Through.

Cara Melakukan Teknik Bounce Pass Dalam Permainan Bola Basket

Adapun tata cara dalam melakukan bounce pass dapat dilakukan dengan beberapa langkah yaitu:

    1. Saat ingin melakukan bounce pass, pantulkan bola ke lantai di antara pengumpan dan penerima dengan titik 1/3 dari penerima bola.
    2. Memantulkan bola ke lantai dengan menggunakan kedua tangan.
    3. Gerakkan kaki ke depan sebagai tambahan dorongan atau kuatkan badan untuk memberikan daya dorong, atau tidak melemaskan badan.
    4. Lalu pantulkan bola dengan kuat dengan menarik dengan hentakan cepat bola ke dekat dada lalu mendorongnya ke lantai.
    5. Tambah dorongan dengan menggunakan jari tangan agar semakin cepat dan memberi efek hentakan dan daya kejut bagi lawan.
    6. Pastikan penerima bola tepat di dadanya untuk lebih mudah bagi rekan tim dalam mengambil langkah shoot.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Bounce Pass? Ini Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *