Jelaskan Tujuan Orang Melakukan Senam Lantai? Ini Jawabannya


Menjaga tubuh agar tetap sehat memang keinginan setiap orang. Hal itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan lari-lari kecil setiap hari, ataukah melakukan permainan olahraga.

Memang jika berlari kecil seperti tak ada rasanya sama sekali dan hanya beberapa bentuk badan saja yang berubah, dan apabila melakukan permainan olahraga seperti sangat berat. Namun diantara itu semua, terdapat olahraga yang sangat sederhana namun mempunyai tujuan yang begitu luar biasa bagi tubuh manusia dalam ha ini adalah senam lantai.

Sesuai dengan namanya, senam lantai hanya dilakukan di lantai beralaskan matras. Olahraga ini mempunyai gerakan dan bentuk latihan yang mengandalkan seluruh tubuh. Sehingga tidak hanya otot kaki yang akan terasa tetapi seluruh tubuh. Olahraga ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga atau mereka yang jarang keluar rumah namun ingin berolahraga.

Selain hanya bermodalkan matras, dalam melakukan senam lantai juga bisa menambahkan beberapa perkakas atau benda seperti balok atau tongkat. Itu difungsikan untuk menambah ketangkasan, kelemasan, kekuatan dan keseimbangan saja apabila dinilai biasa-biasa saja. Banyak orang yang menganggap bahwa olahraga ini sederhana dan tidak begitu menantang,



Padahal mereka belum mengetahui bahwa dalam senam lantai hal yang utama dalam melakukan olahraga ini adalah kombinasi terpadu dan terdiri atas rangkaian gerakan yang terbagi atas 2 yaitu gerakan bebas dan gerakan wajib. Gerakan bebas dinilai dari apa yang dilakukan peserta, sedangkan gerakan wajib dilihat dari keseimbangan, kekuatan, lompatan, salto, dan lainnya.



Jelaskan Tujuan Orang Melakukan Senam Lantai? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Tujuan Orang Melakukan Senam Lantai? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)

Berkaca pada sejarah, pada zaman Yunani Kuno tahun 1776, senam lantai dimaksukkan dalam pendidikan sekolah dan pada saat itu, Johan Christian Fedrich Gathmuts menciptakan gerakan senam lantai yang sistematis yang kemudian dinobatkan sebagai bapak senam dunia. Di negara kita sendiri, olahraga ini baru berkembang di awal 1900-an pada masa penjajahan Belanda.



Perkembangan itu diawali dimana olahraga ini diajarkan di sekolah hingga terbentuk Persani (Persatuan Senam Indonesia) tahun 1963 yang membina para atlet senam. Setelah itu, mulai muncul macam-macam senam seperti senam lantai, senam aerobik, dan lainnya.

Bagi mereka yang mengidam-idamkan tubuh ideal, maka senam lantai adalah pilihan yang tepat dengan olahraga yang mudah didapatkan dan tujuan yang akan didapatkanpun sangat luar biasa bagi tubuh seperti:

Jelaskan Tujuan Orang Melakukan Senam Lantai?

Tujuan senam lantai Dikutip dari Cerdas dan Bugar Dengan Senam Lantai (2009) yaitu:

    1. Meningkatkan daya tahan kardiovaskuler atau daya tahan jantung dan paru-paru (cardiovascular endurance).
    2. Meningkatkan daya tahan otot (muscle endurance) dan Kekuatan otot (muscle strength).
    3. Membuat tubuh menjadi lincah dan seimbang.
    4. Meningkatkan kecepatan reaksi.
    5. Membuat tubuh semakin flexibel.
    6. Menjaga agar komposisi tubuh (body composition) dan juga kecepatan gerak (speed of movement).
    7. Koordinasi (coordination).
Jelaskan Tujuan Orang Melakukan Senam Lantai? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Tujuan Orang Melakukan Senam Lantai? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Tujuan Orang Melakukan Senam Lantai?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *