Jelaskan Tentang Gerakan Sikap Lilin Adalah? Ini Arti & Cara Melakukannya


Gerakan Sikap Lilin Adalah –¬†Pendidikan jasmani adalah mata pelajaran di sekolah yang banyak disukai oleh siswa karena sifatnya yang kreatif. Dalam pendidikan jasmani, harapan besar tersemat didalamnya bahwa siswa bisa mendapatkan banyak hal seperti pengalaman. Tujuan dari pengalaman ini agar setiap siswa atau orang yang didik untuk bisa mengungkapkan kesan pribadi yang menyenangkan, kreatif, inovatif, terampil.

Selain itu yang paling utama dalam fungsi pendidikan jasmania adalah agar mampu meningkatkan dan memelihara kesegaran jasmani serta pemahaman terhadap gerak manusia. Salah satu jenis dalam pendidikan jasmani adalah senam. Apasih yang dimaksud dengan pengertian senam itu? Arti senam adalah salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas. Maka dari itulah, senam disebut sebagai olahraga dasar.

Perlu diketahui bersama bahwa didalam gerakan senam terdapat kombinasi gerakan yang mengandalkan kemampuan yang utamanya adalah komponen motorik. Apasih yang dimaksud dengan komponen motorik? Kompone motorik adalah seperti kekuatan, kecepatan, power, daya tahan, keseimbangan, kelenturan, agilitas, dan ketepatan.

Ada banyak jenis senam, salah satunya adalah senam lantai yang merupakan bagian dari senam artistik. Senam ini menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik untuk mendapatkan efek keindahan melalui alat lantai (floor exercises).



Dalam melakukan senam lantai, terdapat unsur-unsur yang biasa terdapat dalam senam lantai, seperti mengguling, melompat, meloncat, berputar diudara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang pada saat meloncat kedepan atau kebelakang.



Jelaskan Tentang Gerakan Sikap Lilin Adalah?

Dalam senam lantai terdapat berbagai macam gerakan atau sikap salah satunya adalah gerakan sikap lilin. Sikap lilin merupakan keterampilan gerak dasar dalam senam lantai. Perlu diketahui bersama bahwa sikap lilin adalah sikap yang dilakukan dengan posisi tidur terlentang.



Setelah itu dalam sikap lilin selanjutnya adalah dilakukan dengan mengangkat kedua kaki (rapat) lurus ke atas dengan kedua tangan yang menopang pinggang dan bisa bertahan pada posisi itu selama beberapa saat.

Dalam proses belajar keterampilan senam lantai, disamping teknik gerakan, perlu ditunjang oleh unsur-unsur kemampuan tubuh yang meliputi kekuatan, kecepatan, kelentukan, keseimbangan, daya tahan, daya tolak, reaksi, koordinasi dan kelincahan. Tidak semua unsur-unsur kemampuan gerak ini berpengaruh pada suatu gerakan tertentu seperti gerakan sikap lilin.

Dari berbagai macam unsur tubuh itu, unsur-unsur tubuh yang bisa mempengaruhi gerakan sikap lilin adalah kekuatan. Perlu diketahui bahwa Kekuatan ini sebagai kemampuan otot untuk menahan suatu beban dengan waktu yang cukup lama. Tanpa menggunakan kekuatan, maka seseorang tidak bisa melakukan berbagai hal seperti berlari cepat, melompat, menarik, menahan, memukul, mengangkat, dan lain sebagainya.

Pengertian Gerakan Sikap Lilin Adalah

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Gerak sikap lilin adalah sebuah keterampilan dasar yang ada dalam senam lantai yang dilakukan secara tidur terlentang, mengangkat kedua kaki (rapat) lurus ke atas dengan kedua tangan menopang pinggang dan dapat bertahan pada posisi tersebut selama beberapa saat.

Pengertian Gerakan Sikap Lilin (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Gerakan Sikap Lilin (Foto: Artikelsiana.com)

Sedangkan gerakan sikap lilin yang salah adalah pinggang hanya ditopang dengan ibu jari, kedua kaki condong kebelakang dan kedepan sehingga berat untuk di topang dan tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama, penempatan sikusiku tangan terlalu keluar dari garis lebar badan, tidak atau kurang bertumpu pada pundak.

Cara Melakukan Gerakan Sikap Lilin

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan gerakan sikap lilin terdapat langkah-langkah atau posisi yang bertahap yang harus dilakukan. Adapun cara melakukan gerakan sikap lilin adalah:

  1.  Tidur terlentang, dengan dilanjutkan mengangkat kedua kaki lurus ke atas (rapat) bersama-sama.
  2. Pinggang ditopang oleh kedua tangan, sedangkan pundak tetap menempel pada lantai.
  3. Bagi pemula sering kali masalah kelurusan kedua kaki dan badan sering menjadi kendala.

Cara berlatih agar sikap lilin ini dapat lurus, maka dapat dilakukan dengan cara dibantu oleh temannya untuk saling koreksi dan membantu meluruskan pinggul dan kedua kaki.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Tentang Gerakan Sikap Lilin Adalah? Ini Arti & Cara Melakukannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *