Jelaskan Teknik Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Dada Adalah? Ini Jawabannya


Teknik Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Dada  – Berenang merupakan aktivitas olahraga yang disenangi oleh banyak orang. Olahraga ini bisa dikatakan sangatlah bersahabat dengan banyak orang karena olahraga berenang tidak memandang umur dan latar belakang apa yang dimiliki orang tersebut bahkan untuk bayi sekalipun juga bisa berenang. Setiap orang bisa memilih ingin berenang di air tawar atau air laut.

Baik itu air tawar atau air laut sama-sama menyajikan pesona yang indah dan membuat setiap orang ceria untuk berenang. Banyaknya orang yang suka berenang juga di latarbelakangi dari kemudahannya yang hanya membutuhkan waktu sedikit untuk mempelajari sebab teknik dasar dari berenang yang paling mendasar adalah mengapungkan dan mengangkat tubuh ke atas permukaan agar bisa bernafas serta bergerak maju ataupun mundur.

Walaupun ditengah kemudahan dalam olahraga ini, ternyata masih ada saja orang yang berpikiran bahwa berenang itu sulit dan berbahaya. Mereka seakan-akan trauma dengan informasi yang terdapat di televisi dan di media online tentang seseorang akan tenggelam atau kehabisan nafas dll, padahal ada banyak faktor yang mengakibatkan mereka mengalami kondisi demikian.

Bisa karena mereka memang tidak tahu teknik dasar berenang atau tidak pernah sama sekali ke air sungai atau laut sehingga membuatnya baru mengalami kondisi demikian dan langsung menghadapi situasi yang menantang. Siapa yang tidak kaget apabila diperhadapkan dengan kondisi seperti itu.



Maka dari itu apabila ingin bermain di sungai atau di laut, paling tidak adalah memposisikan diri ke daerah yang tidak terlalu dalam, dan usahakan untuk memanfaatkan waktu tersebut untuk belajar berenang mulai dari teknik-teknik berenang yang paling mendasar hingga teknik dalam bernafas.



Perlu diketahui bersama bahwa, di dalam berenang juga terdapat berbagai macam atau jenis gaya yang bisa dilakukan saat berenang. Seperti renang gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya bebas, dan gaya dada. Semua jenis gaya renang tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dalam melakukannya. Sebab terkadang, ada seseorang yang mahir pada jenis renang gaya seperti ini dan ada yang mahir pada jenis gaya renang seperti itu.



Pada dasarnya hal itu bergantung sejauh mana setiap orang dalam memahami teknik-teknik dasar dalam setiap jenis gaya renang. Sebab ada posisi badan dan teknik lengan serta teknik kaki yang harus diketahui. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas menjelaskan teknik gerakan kaki pada renang gaya dada (katak) tapi sebelum itu tahukah anda apa yang dimaksud dengan pengertian renang gaya dada (katak) tersebut?

Pengertian Renang Gaya Dada?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Renang Gaya Dada (Katak) adalah gaya renang yang ciri khas posisi dada menghadap ke permukaan air dengan posisi badan/dada menghadap ke permukaan air, kedua kaki menendang ke arah luar sedangkan kedua tangan dibuka melebar ke samping seperti gerakan membelah air agar badan lebih cepat ke depan.

Diketahui bahwa renang gaya dada telah ada saat Zaman Batu yang dibuktikan dari lukisan di Gua Perenang, dekat Wadi Sora, Mesir barat daya. Renang gaya dada atau bisa disebut dengan gaya katak karena meniru gerakan kaki katak.

Jelaskan Teknik Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Dada Adalah

Mengapa penulis membahas ini, sebab pelu diketahui bersama bahwa dalam teknik renang gaya dada dan bahkan teknik renang gaya apapun, hal yang mendasar adalah menggunakan fungsi kaki. Kaki memiliki peranan besar karena kaki. Sehingga dalam jenis renang gaya apapun itu kuncinya adalah terletak pada kaki. Lantas demikian bagaimana teknik gerakan kaki dalam renang gaya dada?. Adapun penjelasan teknik gerakan kaki pada renang gaya dada adalah:

    1. Luruskan tungkai dengan jari-jari kaki merapat.
    2. Tekuk lutut dan kaki ke samping. Buka kaki dengan posisi tetap tertekuk dan putar jari-jari kaki keluar.
    3. Buka kedua kaki selebar mungkin dengan dorongan yang kuat.
    4. Rapatkan kembali kedua tungkai dan luruskan seperti semula.
    5. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Teknik Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Dada Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *