Jelaskan Teknik Dasar Menendang Dalam Permainan Sepak Bola? Ini Caranya


Teknik Dasar Menendang Dalam Permainan Sepak Bola – Sepak bola adalah permainan beregu yang menggunakan bola sepak. Setiap pemain bebas memainkan bola dengan anggota badan kecuali memakai tangan. Namun pengecualian bagi kiper yang bebas memakai semua anggota badannya untuk memainkan bola. Permainan sepak bola ini bermain di lapangan berumput dan berbentuk persegi panjang. Dalam permainan ini di pimpin oleh seorang wasit dan dua pembantu yakni asisten wasit.

Tujuan dari permainan sepak bola adalah mencetak atau memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin dan berusaha agar tidak kebobolan oleh pihak lawan. Jadi pemain harus melindungi gawangnya sembari juga menyerang gawang lain.

Permainan ini sangat terkenal dan populer apalagi banyaknya perlombaan yang terjadi di setiap negara dan disetiap musim. Permainan yang menekankan pada kerja sama tim untuk mencetak gol ini memerlukan kemampuan dan keterampilan individu agar bisa bermain secara individu serta agar bisa bermain dalam tim.

Hal itu bisa dilakukan ketika setiap pemain dalam sepak bola menguasai teknik dasar permainan sepak bola. Setiap cabang olahraga tentu mempunyai teknik dasar tidak hanya sepak bola. Sehingga untuk mengetahui dan bisa bermain olahraga ini dibutuhkan penguasaan paling tidak hal dasar sebelum menyentuh pada kombinasi dari gerakan dan trik teknik dasar sepak bola yang biasa dilakukan oleh para freestyle sepak bola.



Fungsi teknik dasar sepak bola adalah sebagai modal bagi setiap pemain bermain sepak bola. Dalam sepak bola terdapat 2 teknik dasar yaitu teknik badan dalam hal ini terbagi 3 yaitu lari, lompat, dan gerak tipu. Sedangkan yang kedua adalah teknik bola yang terbagi atas 4 yaitu teknik menendang, menyundul, mengumpan dan menahan.



Sedangkan menurut Depdikbud terdapat 5 teknik dasar yaitu menendang bola, menggiring bola, menahan bola, merebut bola, menyundul bola. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai teknik dasar menendang dalam permainan sepak bola yaitu:



Teknik Dasar Menendang Bola Adalah

Menendang bola adalah karakteristik dasar permainan sepak bola yang dominan. Dengan penguasaan teknik dasar ini, pemain akan dapat bermain dengan efisien sebab teknik menendang bola digunakan atau difungsikan untuk mengumpan (passing), menembak ke gawang (shooting on the goal), dan menyapu untuk menggagalkan serangan lawan (sweeping).

Karena fungsinya yang begitu banyak dalam permainan sepak bola, sehingga menendang bola adalah teknik yang paling dasar yang harus dijelaskan dan dituliskan dalam benak setiap orang khususnya bagi orang yang ingin belajar bermain sepak bola.

Seorang pemain perlu menguasai prinsip-prinsip teknik menendang bola. Prinsip-prinsip menendang bola yang baik terdiri dari 5 yaitu pandangan mata, kaki tumpu, kaki yang menendang, bagian bola yang ditendang dan sikap badan saat menendang. Dengan memperhatikan prinsip tersebut maka teknik dasar dalam permainan sepak bola dalam hal ini menendang dapat membuahkan hasil yang bagus dengan tendangan yang keras, terarah dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemain sepak bola.

Macam-Macam Cara Menendang Bola 

Diketahui dalam menendang dalam permainan sepak bola, terdapat 4 macam yaitu menendang dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, menendang dengan punggung kaki, menendang dengan kaki bagian dalam. Adapun penjelasan tentang tata cara atau langkah-langkah menendang terhadap berbagai jenis menendang dalam sepak bola adalah:

A. Menendang dengan kaki bagian dalam

    1. Badan menghadap sasaran dibelakang bola
    2. Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15cm, ujung kaki menghadap kesaran, lutut sedikit ditekuk.
    3. Kaki tendang ditarik kebelakan dan ayunan kedepan sehingga mengenai bola.
    4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada mata kaki dan tepat di tengah-tengah bola.
    5. Pergelangan kaki ditegangkan pada saat mengenai bola.
    6. Gerak lanjut kaki tendang diangkat menghadap sasaran.
    7. Pandangan ditujukan ke bola dan mengikuti arahnya jalannya bola terhadap sasaran
    8. Kedua lengan terbuka di samping badan.

B. Menendang dengan kaki bagian luar

    1. Posisi badan berada di belakang bola, sedikit serong kurang lebih 40 derajat dari garis lurus bola, kaki tumpu diletakkan di samping belakang bola kurang
      lebih 30cm dengan ujung kaki membuat sudut 40 derajat dengan garis lurus bola.
    2. Kaki tendang berada di belakang bola kaki serong 40 derajat ke arah luar.
    3. Kaki tendang tarik ke belakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola.
    4. Perkenaan kaki pada bola tepat dipunggung kaki bagian dalam dan tepat pada tengah bawah bola dan pada saat kaki mengenai bola, pergelangan kaki ditegangkan.
    5. Gerak lanjutan kaki tendang diangkat dan diarahkan ke depan.
    6. Pandangan mengikuti jalannya bola kesasaran.
    7. Lengan dibuka berada di samping badan sebagai keseimbangan.

C. Menendang dengan punggung kaki

    1. Badan di belakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan di samping bol dengan ujung kaki menghadap sasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
    2. Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap ke depan/sasaran.
    3. Kaki tendang ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola.
    4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dan tepat pada tengah-tengah bola dan pada saat mengenai bola pergelangan kaki ditegangkan.
    5. Gerak lanjut kaki tendang di arahkan dan diangkat ke sasaran.
    6. Pandangan mengikuti jalannya bola dan sasaran

D. Menendang dengan punggung kaki bagian dalam

    1. Posisi badan di belakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola kurang lebih 25cm, ujung kaki menghadap ke sasaran dan lutut sedikit ditekuk.
    2. Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap ke dalam.
    3. Kaki tendang ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola.
    4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki bagian luar dan tepat pada tengah-tengah bola, pada saat perkenaan dengan bola pergelangan kaki ditegangkan.
    5. Gerak lanjut kaki tendang diangkat serong kurang lebih 45 derajat menghadap ke sasaran.
    6. Pandangan ke bola dan mengikuti jalannya bola ke sasaran.
    7. Kedua lengan terbuka menjaga keseimbangan di samping badan.

 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Teknik Menendang Permainan Sepak Bola? Ini Caranya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *