Jelaskan Struktur Teks Biografi? Berikut Jawabannya


Struktur Teks Biografi – Dalam biografi tokoh yang diceritakan umumnya orang yang mempunyai pengaruh positif di masyarakat dan dunia. Umumnya menceritakan orang-orang sukses seperti Steve Jobs Pendiri Apple, dan Bill Gates pendiri Microsoft.

Selain itu ada juga dari Bj Habibie penemu pendeteksi keretakan pada pesawat hingga dijuluki Mr. Crak, Albert Enstein penemu teori relativitas,

Dan yang terakhir penemu yang sangat menggemparkan terlebih masih mudah dengan pikiran yang begitu gila dan tidak terpikirkan sebelumnya ialah Elon Musk. Elon Musk menemukan paypal dan masih banyak lagi.

Sebenarnya masih banyak lagi para tokoh atau penemu yang menggugah para masyarakat yang ada didunia dengan karya-karyanya dan juga buku biografi tentang orang-orang tersebut banyak beredar di tokoh-tokoh buku, di gramedia, dan di tokoh online seperti yang banyak diketahui saat ini.



Namun, hanya beberapa buku biografi yang menggugah para pembaca baik itu melalui judul, pada isi dan juga alur ceritanya.



Sedangkan buku-buku biografi lainnya tidak laku hingga menyebabkan buku tersebut ditarik dipasaran atau penerbit.



Apa yang membuat demikian, tentu saja cara penyajian dari teks atau buku biografi yang berbeda-beda. Namun bagi kita semua yang baru belajar untuk mengetahui seperti apakah itu biografi dan bagaimana sebenarnya struktur teks biografi akan dijelaskan dibawah ini:

Pengertian Biografi: Apasih itu?

Secara etimologi, sebenarnya istilah dari Biografi berasal dari bahasa Yunani dari kata dua kata yaitu “bios” dan kata “graphien”.

Yang dimaksud dari arti kata bios adalah “hidup”. Sedangkan yang dimaksud arti dari kata graphien ialah “tulis”.

Itulah secara etimologi, sedangkan untuk terminologinya arti dari Biografi adalah tulisan tentang kehidupan seseorang atau kisah riwayat hidup seseorang.

Selain itu, biografi juga dapat didefinisikan kisah/keterangan perjalanan kehidupan seseorang yang berasal dari kisah nyata.

Biografi itu ada yang singkat dan juga ada yang biografi panjang, sehingga dalam membuat biografi bagi yang tidak ingin menguras tenaga cukup dengan menulis biografi singkat dimana berisi fakta-fakta soal kehidupan dan peran penting seseorang.

Sedangkan untuk biografi yang panjang adalah tentang saja berisi penjelasan detail dengan gaya tulisan yang baik. Selain itu, agar teks biografi yang dibuat dapat membuat para pembaca dapat membaca sampai habis, pastikan untuk menggali sebuah misteri.

Sebab pada dasarnya siapasih yang ada didunia yan tidak memiliki rahasia, apalagi sekelas tokoh-tokoh besar yang berkecimbung langsung dalam penemuan, politik dll.

Selain itu, jangan salah sangkah bahwa hanya tokoh penting saja yang diceritakan, tokoh tidak terkenal pun juga bisa, ada banyak buku biografi yang bisa ditarik contohnya.

Walaupun penjelasan diatas terkesan sangat mudah, perlu dipahami membuat biografi juga butuh bahan dan sumber pendukung seperti buku harian, surat-surat, kliping koran dll.

Sedangkan untuk bahan pendukung biasa ialah buku referensi, yang menjelaskan peranan seseorang dalam biografi.

Untuk mengetahui biografi sebenarnya sangatlah mudah, sebab ciri biografi ialah Biografi terdiri dari struktur yang terbagi tiga yaitu orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.

Sedangkan yang kedua memiliki informasi fakta dan disajikan dalam bentuk narasi atau cerita.

Selain itu, terdapat komponen penting dalam biografi tentu saja ialah judul, dan berisi sesuatu yang menarik dan mengesankan dari tokoh yang diceritakan untuk menggugah para pembaca, serta isi dari biografi itu mengandung nilai-nilai moral atau dapat diteladani.

Sehingga bagi anda yang ingin membuat sebuah teks biografi atau buku tentang biografi alangkah lebih baiknya untuk tetap berada pada ciri dan komponen biogarafi itu sendiri.

Bukan cuma itu saja yang perlu diketahui terdapat macam-macam biografi, ada beradasarkan sisi penulisnya yang dibedakan menjadi dua yaitu autobiografi dan biografi itu sendiri.

Diketahui autobiografi itu ditulis oleh tokoh itu sendiri. Sedangkan biografi ditulis oleh orang lain dengan atas seizin tokoh yang diceritakan.

Tidak hanya itu, terdapat juga biografi yang jika didasarkan pada isinya terbagi dua yaitu biografi yang menjelaskan tentang perjalan hidup tokoh selain itu biografi yang menjelaskan perjalanan karirnya.

Jelaskan Struktur Teks Biografi? Berikut Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Struktur Teks Biografi? Berikut Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)

Bahkan tidak sedikit juga biografi yang banyak bertaburan di pasaran yang mana terdapat biografi yang membahas tentang sesuatu persoalan atau permasalahan seperti biografi politik yang tokoh atau orang yang bergerak dalam dunia politik atau disebut politikus, biografi jurnalistik dengan menggunakan tahapan wawancara, riset dll dan intelektual biografi yang tentu saja dengan menggunakan gaya penulisan ilmiah.

Melihat menjamurnya biografi diberbagai tokoh buku ataupun digramedia apalagi jaman sekarang yang serba olshop ada banyak buku-buku biografi yang dijual.

Pada dasarnya dalam membuat biografi sangatlah sederhana sebab terdapat struktur yang menjadi panduan ataupun langkah-langkah bagi penulis.

Struktur Teks Biografi

Sehingga dalam membuat teks biografi tidak keawalahan atau kesusahan, selain itu ada juga yang menggunakan metode dengan mecontoh biografi.

Ada juga yang berpendapat bahwa seorang penulis biografi harus memiliki ciri khas tersendiri,

Walaupun demikian para penulis tetap berpegang teguh pada struktur umum yang menjadi landasan bagi penulis untuk menuliskan tokoh atau seseorang. Adapun struktur teks biografi tersebut ialah:

1. Orientasi

Yang dimaksud dengan struktur teks biografi pada bagian ini adalah struktur yang berisi pengenalan tokoh dan gambaran awal dari tokoh yang diceritakan.

2. Peristiwa atau Masalah

Selain itu untuk bagian ini pada struktur teks biografi adalah berisi tentang berbagai permasalahan yang dihadapi oleh tokoh yang berisi hal-hal menarik, mengesankan, mengagumkan dan mengharukan dari tokoh tersebut. Bagian ini disebut juga bagian inti dari biografi.

3. Reorientasi

Sedangkan untuk bagian reorientasi adalah bagian akhir dari biografi yang biasanya berisi tentang quote dari si tokoh tersebut. Biasanya berisi kata-kata motivasi bagi kita untuk tidak mudah menyerah dan mencontoh kisah hidup dari suatu tokoh.

Demikianlah informasi mengenai Jelaskan Struktur Teks Biografi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan memudahkan bagi teman-teman untuk membuat suatu teks biografi sebab pada era saat ini, penulis menjadi sesuatu yang menjadi trend bagi para masyarakat.

Lihat saja ada banyak penulis-penulis yang melambung namanya dengan hanya permainan penanya. Dan bahkan ia dikenang sepanjang masa. Olehnya itu mari menulis mari tingkatkan semangat literasi. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *