Jelaskan Proses Pembuahan Pada Tanaman Jagung? Ini Jawabannya


Salah satu komoditas pangan dengan potensi yang begitu besar adalah jagung atau dengan nama latin Zea mays. Jagung banyak dimanfaatkan untuk kepentingan industri pakan dan pangan. Selain itu, jagung juga banyak dikonsumsi oleh manusia.

Hal itu karena jagung mempunyai kandungan yang menarik dan bermanfaat dimana terdiri dari vitamin 355 kalori;92, gr protein; 3,9 gr lemak; 73,7 gr karbohidrat, dan 10 mg kalsium.

Tanaman ini juga dikenal sebagai sumber pangan yang terdapat di beberapa daerah. Penduduk beberapa daerah seperti yang ada di Madura dan Nusa Tenggara memanfaatkan jagung untuk makanan pokok.

Biji jagung juga bisa dimanfaatkan menjadi minyak dan bisa digunakan untuk membuat tepung jagung atau biasa disebut maizena. Apalagi kalau soal tongkol jagung yang dapat di pakai sebagai pembuatan furfural. Bahkan jagung bisa menjadi penghasil bahan farmasi bagi jagung yang sudah direkayasa genetik.

Pada tahun 2021 ini, Kementan mengatakan beberapa sentra produksi jagung telah mencapai target produktivitas yakni 8 sampai 9 ton per hektare. Hal itu menjamin tercukupinya kebutuhan jagung. Hal itu dibuktikan dari data, Oktober 2019 – September 2020 telah mencapai 5,5 juta hektar (ha) dengan luas panen dari Januari-Desember 2020 mencapai 5,16 juta ha.

Melimpahnya jagung di Indonesia juga mendorong pemerintah untuk menerapkan program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) yang berfokus dalam peningkatan kontribusi di sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus untuk kesejahteraan petani.

Di Indonesia sendiri terdapat jenis jagung berdasarkan penampilan dan tekstur bijinya serta yang biasa dibudidayakan dan ditemui dipasaran seperti jagung mutiara, jagung gigi kuda, jagung manis, jagung berondong, jagung ketan dan jagung polong. Ditengah banyaknya jenis jagung dan melimpah ruahnya lahan jagung di Indonesia,

Maka sudah barang tentu bagi setiap orang untuk mengetahui dan mampu menjelaskan proses-proses yang terdapat pada jagung salah satunya adalah proses pembuahan pada tanaman jagung. Maka dari itulah, penulis terinspirasi untuk membagikan informasi mengenai proses pembuahan pada tanaman jagung yang dapat dilihat dibawah ini:

Jelaskan Proses Pembuahan Pada Tanaman Jagung Adalah?

Jagung berkembang biak dengan cara generatif (secara kawin) dengan penyerbukan (proses melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik). Lalu, serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Lembaga yang berada didalam biji merupakan calon tumbuhan baru atau jagung baru.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Proses Pembuahan Pada Tanaman Jagung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *