Jelaskan Pertempuran Medan Area? Ini Sejarah, Tanggal Terjadinya & Hasil Akhirnya


Pertempuran medan area berawal pada saat pasukan sekutu yang dipimpin oleh T.E.D Kelly mendarat di Medan pada tanggal 9 oktober 1945. Kedatangan pasukan sekutu ini ternyata juga di susupi oleh Pasukan Nica (Nederlandsch Indische Civiele Administratie).

Tujuan kedatangan pasukan sekutu adalah untuk membebaskan tawanan perang yang kemudian dipersenjatai dan di bentuk menjadi tentara KNIL (Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger).

Itulah latar belakang yang memicu kemarahan rakyat Medan. Melalui tokoh bernama Ahmad Tahir dengan latar belakang sebagai bekas tentara Giyugun, itu kemudian menjadi salah satu tokoh yang mempelopori pembentukan Barisan Pemuda Indonesia di di Fuji Dori No. 6 (Jalan Imam Bonjol, lalu menjadi Hotel Dirga Surya) pada 23 September 1945.

Pada tanggal 10 oktober 1945, Dibentuklah TKR Sumatra Timur yang beranggotakan bekas Giyugun dan Heiho. Melihat kekuatan rakyat Medan membuat pasukan sekutu mengeluarkan ultimatum  sebagaimana yang terjadi di kota-kota yang lainnya. Pada tanggal 1 Desember 1945, sekutu memasang patok patok yang bertuliskan “Fixed Boundaries Medan Area“.



Hal itu membuat kemarahan rakyat Medan sehingga dari tulisan itu yang menjadi latar belakang terjadilah pertempuan pasukan sekutu dengan rakyat medan. Perlawanan rakyat medan itu kemudian dikenal dengan istilah Pertempuran Medan Area. Itulah penjelasan singkat mengenai pertempuran medan area.



 

Pertempuran Medan Area Terjadi dan Berakhir Pada Tanggal?

Pertempuran Medan Area termasuk dalam pertempuran yang cukup lama yang mana dalam sejarahnya diketahui terjadi pada tanggal 9 Oktober 1945 dan pertempuran medan area ini berakhir pada tanggal 15 Februari 1947.



Hasil Akhir Pertempuran Medan Area Adalah?

Dalam pertempuran itu hasil akhir yang diperoleh adalah sekutu belum berhasil diusir keluar sumatera khususnya medan dan yang terjadi pemerintah keluar gan hingga markas gubernur diisi oleh TKR dan melalui kota pindah ke Pematang Siantar namun perjuangan belum berakhir sebab rakyat medan terus berjuang dengan membentuk laskar rakyat medan.

hasil akhir yang terjadi dalam pertempuran medan area (foto: artikelsiana.com)
hasil akhir yang terjadi dalam pertempuran medan area (foto: artikelsiana.com)

Dampak Positif dan Negatif Pertempuran Medan Area

Adapun dampak positif yang bisa dipetik dalam pertempuran Medan Area adalah meningkatkan rasa nasionalisme para pemuda dan menjadi pemicu semangat bagi daerah lainnya. Sedangkan untuk dampak negatif pertempuran medan area adalah jatuhnya banyak korban dan kota medan yang hancur berantakan.

Tokoh Yang Terlibat Dalam Pertempuran Medan Area?

Adapun nama-nama tokoh yang terlibat dalam pertempuran medan area adalah:

    1. Brigjen. T.E.D. Kelly
    2. Ahmad Tahir
    3. Teuku Muhammad Hasan (Gubernur Sumatera)
    4. Jendral Suhardjo Hardjo WadjojoR.
    5. Soehardjo Hardjowardojo
    6. Abdul Karim M. S.
    7. Dr. Ferdinand Lumbantobing
Nama-nama tokoh yang terlibat dalam pertempuran medan area (Foto: Artikelsiana.com)
Nama-nama tokoh yang terlibat dalam pertempuran medan area (Foto: Artikelsiana.com)

Mengapa Pemuda Medan Melakukan Perlawanan Terhadap Sekutu

Yang membuat Pemuda Medan tergerak untuk melawan sebab salah seorang tentara NICA itu kemudian merampas dan menginjak-injak lencana merah putih yang dipakai oleh seorang anak kecil yang lewat di Markas NICA di Gedung Pension Wilhelmina Jalan Bali ini, tanggal 13 Oktober 1945, yang membuat 7 orang pemuda gugur, 7 orang NICA tewas, dan 96 orang NICA lainnya luka-luka.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pertempuran Medan Area? Ini Sejarah, Tanggal Terjadinya & Hasil Akhirnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *