Jelaskan Perbedaan Zaman Batu Dengan Zaman Logam? Ini Bedanya


Perbedaan Zaman Batu Dengan Zaman Logam – Sebelum berbicara soal pembagian zaman praaksara, tahukah anda seperti apa itu ciri khas yang menjadi perbedaan utama antara masa praaksara dengan masa sekarang. Pada dasarnya mencari perbedaannya sangatlah sederhana, pada masa praaksara manusia belum mengenal soal tulisan. Ini adalah arti sederhana untuk mengetahui tentang seperti apakah itu masa praaksara dan untuk memberikan perbedaan tentang masa-masa lainnya.

Pada masa praaksara ini adalah kehidupan manusia purba yang muncul di permukaan bumi sekitar 3 juta tahun. Peninggalan atau hasil kebudayaan yang diwariskan oleh masa ini hanya diketahui melalui peninggalan berupa fosil, artefak, abris saus roche, kejokken moddinger dan lainnya.

Dari hasil peninggalan tersebut, maka pakar arkeology yang berbicara soal benda-benda kebudayaan atau materialnya, mengatakan bahwa masa praaksara bisa dibagi dalam dua zaman yaitu zaman batu dan zaman logam. Berdasarkan dari kedua zaman ini, tahukah anda apa perbedaan antara zaman batu dan zaman logam itu?. Namun sebelum itu, apasih yang dimaksud dengan zaman logam dan zaman batu?

Apa itu Zaman Batu?

Secara umum, yang dimaksud dengan zaman Batu adalah zaman saat manusia membuat alat-alat kebudayaan dari batu di samping kayu dan tulang. Zaman Batu terjadi sebelum manusia mengenal logam. Pada zaman ini batu merupakan bahan yang sangat berharga. Batu menjadi bahan yang digunakan untuk membuat peralatan senjata dan berbagai peralaran lainnya. Biasanya batu yang digunakan oleh para manusia disebut hominid ini adalah batu api.



Pada zaman ini diketahui terdiri atas empat pembagian zaman yaitu zaman batu tua (Palaeolitikum), zaman batu tengah (Mesolitikum), zaman batu muda (Neolitikum) dan zaman batu besar (Megalitikum). Arti zaman batu tua (Palaeolitikum) adalah zaman dimana alat-alat batu masih kasar, tidak diasah dan dipolis. Serta pada zaman ini masih mengumpulkan makanan dan berpindah-pindah (nomaden).



 

Selain itu arti zaman batu tengah (mesolitikum) adalah alat batunya masih kasar, masih nomaden dan mengumpulkan makanan serta mempunyai berbagai varian kapak genggam, alat kebudayaan dari tulang dan kebudayaan alat serpih dari abris sous roche.



Yang ketiga adalah zaman batu muda atau (Neolitikum) adalah zaman alat-alat batu buatan manusia sudah diasah sehingga halus dan indah contohnya adalah kapak persegi (beliung, pacul dan torah), kapak batu (kapar persegi berleher). Selain itu pada zaman Neolitikum mempunyai perhiasan gelang dan kalung dari batu indah yang ditemukan di Jawa dan pakaian yang terbuat dari kulit payu serta berbagai hasil peninggalan lainnya.

Sedangkan zaman yang terakhir adalah zaman batu besar (megalitikum) adalah zaman yang timbul pada masa neolitikum dan berkembang pesat pada zaman logam contoh peninggalan zaman megalitikum adalah menhir (tugu batu), sarkofagus (peti mati), dolmen (meja sesaji), arca, punden berundak, dll.

Apa itu Zaman Logam?

Secara umum, Yang dimaksud dengan Zaman logam adalah zaman dimana orang sudah membuat alat dari logam baik itu alat untuk berburu, bercocok tanam dan perhiasan. Hal itu karena pada zaman ini orang sudah mengenal teknik melebur logam dan mencetaknya menjadi peralatan. Perlu diketahui bersama bahwa dalam teknik pembuatan alat logam diketahui terdiri atas 2 macam yaitu dengan cetakan batu yakni bivalve dan yang kedua adalah dengan cetakan tanah liat dan lilin atau a cire perdue.

Pada zaman ini juga dikenal dengan zaman perundagian. Alasannya pada zaman logam banyak di kalangan masyarakat yang mempunyai kemampuan dalam pekerjaan tangan atau disebut dengan golongan undagi. Pada umumnya, teknik pembuatan alat logam pada zaman ini yakni dengan cara melebur terlebih dahulu bijih-bijih logam yang nanti dituangkan dalam bentuk alat-alat yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Diketahui juga pada zaman ini terbagi atas dua yaitu zaman perunggu dan zaman besi. Zaman perunggu atau Dongson-Tonkin China adalah zaman dimana manusia purba dapat mencampur timah dengan tembaga sehingga tercipta sebuah logam yang dikenal perunggu.

Pada zaman ini tercipta berbagai hasil kebudayaan yakni Kapak Corong atau Kapak Perunggu, Nekara Perunggu (moko), Bejana Perunggu, Arca Perunggu. Selain itu pada zaman besi ini adalah zaman dimana manusia purba bisa melebur besi dari bijinya yang dituangkan menjadi alat-alat yang dibutuhkan seperti Mata sabit, Mata kapak bertungkai kayu, Mata pedang dan Mata pisau.

Jelaskan Perbedaan Zaman Batu dan Zaman Logam

Zaman Batu dimana manusia purba memakai peralatan dari batu, misalnya kapan perimbas, kapak genggam, kapak lonjong, yang dalam perkembangannya semakin halus. Sedangkan pada zaman logam atau zaman perundagian adalah zaman yang menggunakan logam sebagai alat untuk berburu, bercocok tanam dan perhiasan. Alasannya manusia telah mengerti cara mengolah logam seperti tembaga, perunggu dan besi. Salah satu bukti peninggalannya pada zaman logam adalah nekara.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Perbedaan Zaman Batu Dengan Zaman Logam? Ini Bedanya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *