Jelaskan Perbedaan Statistik dan Statistika? Ini Jawabannya


Walau terlihat sama, akan tetapi masih terdapat perbedaan yang jelas antara statistik dan statistika. Menemukan perbedaan antara statistik dan statistik tidak begitu sulit. Walaupun demikian, tetap saja terdapat beberapa orang yang masih bingung membedakan antara statistik dan statistika dan bahkan ada yang menyebutkan bahwa keduanya sama saja.

Istilah yang biasa terdapat dan digunakan dalam menulis laporan penelitian ini biasa dijumpai dalam membuat hasil pengolahan data. Memang biasanya, statistik dan statistika biasa dipakai untuk menyelesaikan masalah khususnya berkaitan dengan data. Dengan penggunaan istilah yang sangat penting untuk aktivitas akademik setiap pelajar dan mahasiswa, maka diharapkan penggunaan istilah statistik dan statistika sesuai.

Jelaskan Perbedaan Statistik dan Statistika? Ini Jawabannya

Hal itu bisa dicapai dengan penempatan yang benar sesuai dengan makna dan arti keduanya. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai apa perbedaan statistik dan statistika berdasarkan pada pengertian, tujuan, metode dan beberapa contoh judul yang biasa dipakai dalam statistik dan statistika. Adapun pembahasan mengenai perbedaan statistik dan statistika adalah:

Apa Pengertian Statistik dan Statistika?

Jika dilihat dalam hal pengertian atau definisi keduanya, maka akan tampak perbedaan yang mendasar. Untuk pengertian statistik adalah hasil data yang ditampilkan dalam bentuk tabel hingga grafik. Menurut KBBI, bahwa yang dimaksud dengan pengertian statistik adalah angka-angka atau catatan yang dikelompokkan, dikumpulkan serta ditabulasi. Pengumpulan informasi bisa dengan wawancara atau tanpa wawancara.



Sedangkan yang dimaksud dengan pengertian statistik adalah metode atau sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, merencanakan, menginterpretasi dan menganalisa data. Tujuannya untuk mempresentasikan hasil data yang didapatkan. Jadi statistika ini cabang ilmu terkait dengan data-data serta bagaimana mengumpulkannya.



Kesimpulannya adalah pada dasarnya statistik adalah kumpulan data yang didapatkan dari apa yang didapatkan atau dipelajari dari statistika. Sehingga statistika adalah ilmunya dan statistik adalah datanya.



Apa Tujuan Statistik dan Statistika?

Selain itu apabila melihat dari segi tujuan, juga terdapat perbedaan yang besar antara statistik dan statistik. Untuk tujuan dan fungsi statistik secara sederhana adalah untuk mendapatkan gambaran atas data yang telah dikumpulkan dan dikaji sebelumnya sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan.

Sedangkan untuk tujuan dan fungsi daripada statistika adalah untuk mengubah data serta informasi acak menjadi sebuah data statistik yang bisa dipahami.

Apa Metode yang Dipakai?

Sedangkan dalam hal metode, perbedaan antara statistik dan statistika juga cukup besar dimana statistik menggunakan metode yang sifatnya interpretatif atas statistik yang telah dikeluarkan dari pengolahaan dengan memakai metode yang terdapat dalam statistika.

Sedangkan untuk metode yang dipakai pada statistika lebih berfokus pada pengolahan serta pengelolaan data yang sudah dikumpulkan. Hasil data ini nantinya akan dikeluarkan menjadi statistik.

Sebagai Kesimpulan adapun perbedaan antara statistik dan statistika ialah:

Statistika adalah disiplin ilmu yang didalamnya memuat dan mempelajari metode, cara, teknik mengumpulkan, mengelola, menganalisa dan menyajikan data secara ilmiah yang bertujuan mendapatkan gambaran lebih detail soal karakteristik data, sehingga bisa ditarik kesimpulan.

Sedangkan statistik hasil data atau kumpulan data baik yang bilangan atau non bilangan yang sudah dikelola melalui proses statistika yang disajikan lewat tabel, daftar, diagram, grafik dan sebagainya sehingga lebih memudaklan dalam menginterpretasikan dan menggunakannya untuk tujuan tertentu.

Contoh-Contoh Statistik dan Statistika

Setelah memahami perbedaan statistik dan statistika, kini kalian bisa melihat contoh dari keduanya. Dengan mengetahui contoh penerapannya, maka kalian bisa lebih paham lagi terkait perbedaan konsep keduanya.

Contoh statistik pada kehidupan sehari-hari:

    1. Data belanja daerah dan anggaran pemerintah daerah milik Kementerian Keuangan (DPJK)
    2. Data kepemilikan kendaraan bermotor di wilayah tertentu
    3. Data kependudukan suatu desa melalui survei
    4. Data guna lahan kabupaten tertentu yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanahan
    5. Data kependudukan dan perekonomian milik Badan Pusat Statistik (BPS)

Contoh statistika pada kehidupan sehari-hari:

    1. Prediksi penduduk di masa depan dengan memanfaatkan proyeksi penduduk aritmatik
    2. Pengolahan data kependudukan wilayah tertentu untuk menentukan piramida penduduk dengan analisis cohort demografi
    3. Pengolahan data kependudukan kawasan tertentu untuk menentukan transisi demografi
    4. Menemukan median usia penduduk pada suatu desa
    5. Menemukan rata-rata serta standar deviasi atas nilai ujian mahasiswa

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Perbedaan Statistik dan Statistika? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *