Jelaskan Perbedaan Peristiwa Membeku dan Menguap? Ini Jawabannya


Pernahkah kalian melihat es atau menaruh air yang masih cair dan encer ke dalam kulkas dan kemudian tak berselang lama, air tersebut membeku. Begitupula dengan sebuah danau atau laut yang jika memasuki musim dingin, danau dan laut tersebut permukaannya akan membeku. Tentu peristiwa ini tidaklah asing bagi kita semua yang kita ketahui sebagai peristiwa menguap yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu dalam peristiwa berbeda adalah saat air yang dimasak yang lama kelamaan air tersebut akan berkurang dan apabila ditutup, maka air tersebut seakan-akan menyelimuti penutup tersebut. Jika dibiarkan terus dimasak, maka air tersebut akan habis.

Peristiwa itupun sama dengan air yang ketika saat bensin yang dibiarkan ditempat terbuka tanpa ditutup sedikitpun, lama kelamaan akan habis. Itulah mengapa motor yang ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama sekalipun diisi bensin yang banyak dan tanpa digunakan, suatu saat akan habis dan harus diisi lagi. Contoh peristiwa ini dikenal dengan menguap.

Kedua peristiwa itu mencair dan menguap merupakan materi yang umum dibahasa dalam materi yang berjudul perubahan bentuk zat. Perubahan bentuk zat adalah perubahan termodinamika dari suatu fase benda ke keadaan bentuk zat yang lainnya.

Perubahan Bentuk Zat Adalah?

Perubahan bentuk zat ini dapat terjadi apabila terdapat peristiwa pelepasan dan penyerapan kalor. Perubahan bentuk zat ini terjadi saat titik tertentu tercapai oleh alam/senyawa yang biasanya dikuantitaskan dalam angka suhu.

Selain dari kedua perubahan bentuk zat ini yakni membeku, mencair, menguap, mengembun, menyublin dan mengkristal. Namun pada kali ini penulis hanya akan membahas mengenai peristiwa menbeku dan peristiwa menguap.

Jelaskan perbedaan peristiwa membeku dan menguap. (Foto: Artikelsiana.com)

Jelaskan Perbedaan Peristiwa Membeku dan Menguap Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang menjadi perbedaan peristiwa membeku dan menguap adalah:

    1. Membeku adalah perubahan wujud dari benda cair ke benda padat karena penurunan dari suhu benda tersebut.
    2. Menguap adalah perubahan wujud dari benda cair ke gas karena benda cair tersebut mengalami kenaikan suhu.

Contoh Peristwa Menguap 

    1. Penguapan pada air mendidih yang dimasak.
    2. Penguapan bensin dalam tangki kendaraan bermotor saat udara panas.
    3. Penguapan air permukaan membentuk uap air di awan.

Contoh Peristiwa Membeku

    1. Es krim dimasukkan ke dalam lemari es menjaid beku.
      Gula jawa setelah dimasak kemudian didiamkan menjadi beku.
    2. Agar-agar yang dimasak menjadi beku.
    3. Lilin yang kembali membeku setelah meleleh.
    4. Es krim dimasukkan ke dalam lemari es menjaid beku.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Perbedaan Peristiwa Membeku dan Menguap? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *