Jelaskan Perbedaan Pasar Monopoli Dengan Pasar Regional? Ini Artinya


Perbedaan Pasar Monopoli Dengan Pasar Regional – Pasar adalah tempat bagi setiap orang untuk berjual beli dengan jumlah penjual lebih dari satu baik itu yang disebut dengan pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, plaza, mall, atau dengan sebutan yang lainnya.

Perlu diketahui bersama bahwa fokus utama dari pasar adalah dengan menitik beratkan transaksi jual dan beli. Sehingga pada dasarnya prinsip utama dari pasar adalah aktivitas yang terjadi didasarkan adanya kebebasan dalam bersaing, untuk pembeli maupun penjual. Penjual punya kebebasan untuk memutuskan barang atau jasa apa yang bisa diproduksi serta yang perlu dapa yang seharusnya untuk diproduksi serta yang akan di distribusikan.

Sedangkan bagi pembeli atau konsumen mempunyai kebebasan untuk membeli dan memilih barang atau jasa yang sesuai dengan tingkat daya belinya. Pasar menurut kajian ilmu ekonomi adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.

1. Pengertian Pasar Monopoli Adalah

Secara umum yang dimaksud dengan pasar monopoli adalah suatu pasar yang terjadi dimana seluruh penawaran barang pada pasar yang telah dikuasai oleh salah seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.



    • Terdapat 1 penjual yang berperan pengambil keputusan harga (guna melakukan monopoli pasar).
    • Penjual lain tidak dapat menyaingi dagangannya.
    • Untuk pedagang lain tidak bisa masuk sebab terdapat hambatan dengan undang-undang atau karena terdapat teknik yang canggih.
    • Jenis barang yang diperjualbelikan tersebut hanya semacam.
    • Tidak ada campur tangan dari pemerintah dalam masalah penentuan harga.

2. Pengertian Pasar Regional Adalah

Secara umum yang dimaksud dengan Pasar Regional adalah pasar yang terletak di lokasi yang luas dan strategis, jenis bangunan permanen dan mempunyai kemampuan seluruh wilayah kota hingga keluar kota.



    • Pasar yang berfungsi memberikan pelayanan antar kota, yang berlokasi di pinggiran kota atau perkotaan sekitar jalan arteri sekunder, kolektor prima pada kawasan perkotaan dan sekitarnya.
    • Fasilitasnya berupa perkantoran ekonomi, pertokoan, perpasaran kantor-kantor pelayanan umum dan City Center.
    • Radius pelayanannya yaitu 5-10 km.
    • Perkiraan kepadatan yaitu 300/ha.
    • Status pasar adalah pasar kota.

Jelaskan Perbedaan Pasar Monopoli Dengan Pasar Regional?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan perbedaan pasar monopoli dengan pasar regional adalah untuk pasar regional berada dibawah pengawasan pemerintah sehingga harganya tidak mudah begitu saja berubah dan untuk pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh kelompok tertentu sehingga penentuan harga akan terjadi seluruh pasar yang ada.



Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Perbedaan Pasar Monopoli Dengan Pasar Regional? Ini Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *