Jelaskan Peranan Literasi Dalam Pengembangan SDM?


Dalam pengembangan sumber daya manusia atau (SDM) adalah sesuatu yang teramat penting sebab pengembangan SDM menjadi faktor utama yang menjadi penentu dalam efektifitas dan efisiensi sebuah organisasi, perusahaan atau instansi untuk dapat mencapai tujuan bahkan dari pada individu itu sendiri.

Itulah mengapa dalam perekrutan di sebuah organisasi, perusahaan dan instansi selalu mengutamakan sumber daya manusia (SDM) atau disebut juga human capital. Nah salah satu cara untuk mengembangkan sumber daya manusia adalah dengan pendidikan.

Sehingga antara Sumber Daya Manusia (SDM) dengan pendidikan sangatlah terkait. Apabila seseorang tersebut mempunyai pendidikan yang baik baik dalam hal formal maupun informal maka dapat menentukan kemampuan dirinya atau sumber daya yang dimilikinya baik dari segi skill, pola pikir dan juga sikap atau etikanya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan pendidikan kita adalah dengan memperkuat minat baca atau kemampuan literasi. Literasi sendiri jika diartikan secara sederhana adalah kemampuan dalam mebaca dan menulis segala sesuatu.

Pentingnya literasi ini merupakan kempuan yang pertama kali yang harus dimliki oleh setiap orang untuk menjalani kehidupan yang ada di masa depan untuk menciptakan golden age yang dialami sejak usia dini. Apalagi pada abad 21 ini merupakan abad dengan informasi yang menjadi aspek penting untuk bangsa dan negara ini bisa keluar sebagai pemenang.

Peningkatan literasi di era digital atau era industri 4.0 menjadi hal yang urgen sebab segala sesuatu akan menuju ke pada era digital sehingga setiap orang dituntut agar tidak latah atau kaku dan lebih jeli melihat informasi yang ada di dunia digital. Maka dari itu ada yang disebut dengan information literasi dan ada juga yang menyebut literasi dgital.

Suatu masalah yang terjadi jika kemampuan literasi yang kurang adalah mudahnya seseorang terjebak dalam informasi yang tidak benar yakni hoax atau juga bisa saja informasi yang masih dipertanyakaan kebenaranya. Selain itu, masalah yang biasa dihadapi ketika tidak memiliki kemampuan literasi yang mempuni adalah ketinggalan informasi yang kebanyakan informasi tersebut tersebar luas dan lebih cepat dibandingkan dengan informasi yang akan ditemui dilapangan.

Hal ini juga bisa membantu setiap orang untuk membaca rancangan program pemerintah melalui isu-isu yang tersebar di publik untuk dianalisa lewat kemampuan literasi yang dimiliki. Dengan berbagai informasi tersebut, maka akan meningkatkan kemampuan seseorang dalam meningkatkan sumber daya dirinya atau sumber daya manusia. Setiap orang yang paham dengan literasi tentunya akan mudah mengakses informasi yang dapat menambah kemampuannya sehingga mampu dalam meningkatkan sumber daya atau skill yang dimilikinya.

Upaya Dalam Peningkatan Literasi

Lantas bagaimana cara dalam peningkatan literasi apabila literasi menjadi kunci utama dewasa ini?. Sebenarnya sangatlah sederhana, dimulai dari kesadaran setiap orang untuk mengubah dirinya untuk dapat maju dan dapat mengubah hidupnya.

Lewat hal yang pertama ini maka setiap manusia atau individu dapat menumbuhkan minat bacanya dengan melihat berbagai hal termasuk memahami dan mengingatnya, seperti tulisan yang ada di setiap jalan, disetiap papan informasi dan yang ada disekitarmu apabila hal itu berguna.

Setelah itu, apabila menjadi sebuah kesukaan tersendiri apabila mengetahui apa yang kamu lihat dan baca, maka cobalah untuk membaca lebih dalam tentang apa yang ada di televisi dan di sosial media seperti berita dll. Telusuri apa yang kamu lihat dan coba untuk menuliskan kesimpulan yang dapat kamu petik dari informasi tersebut di sosial media kamu baik itu di facebook atau di instagram.

Selanjutnya adalah dengan membaca buku dua dan tiga paragraf setiap harinya dan pada bulan selanjutnya cobalah tingkatkan menjadi satu lembar dalam sehari. Hingga hal itu menjadi sebuah kebiasaan bagi dirimu.

Upaya dalam mengakses bukupun tidaklah sulit, saat ini sudah banyak buku-buku yang tersebar di sosial media dan akses untuk membaca buku diperpustakaan sudah lebih nyaman dan sudah bervariasi. Olehnya itu tunggu apalagi, mari tingkatkan kemampuan literasi sebagai upaya dalam pengembangan sumber daya manusia atau pengembangan kemampuanmu.

Jelaskan Peranan Literasi Dalam Pengembangan SDM?

Dengan literasi yakni kemampuan membaca dan menulis, setiap orang dapat dengan mudah mengakses, mengetahui dan memahami informasi tersebut lebih cepat, lebih detail dan lebih baik. Melalui peranan tersebut maka dapat meningkatkan kemampuan setiap orang dalam mengetahui dan menguasai bidang tertentu.

Dengan literasi seseorang menjadi terdidik dan dengan menjadi terdidik seseorang dapat memiliki kemampuan (SDM) dan dengan SDM seseorang dapat berkontribusi bagi organisasi, perusahaan, pemerintah dan bagi bangsanya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Peranan Literasi Dalam Pengembangan SDM? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *