Jelaskan Pentingnya Penguasa Yang Adil Bagi Tegaknya Amar Ma’ruf Nahi Munkar


Dewasa ini seseorang dengan sikap dan tanggung jawab yang tulus semakin sulit untuk didapatkan dan ditemukan. Bahkan sekalipun itu disiasati dengan citra yang ditampilkan di khalayak tak membuat seseorang tersebut benar-benar baik dan tulus.

Bisa dilihat di banyak social media, dimana banyak orang-orang yang mengemas dirinya sedemikian rupa untuk membuatnya sebagai orang yang bijaksana, kharisma dan orang yang dermawan. Namun apa yang terjadi ternyata orang tersebut jauh dari apa yang muncul di media.

Ternyata dirinya berbanding terbalik dari apa yang di citrakan, seakan memang niatnya untuk menipu masyarakat bahwa dirinya baik dan tulus. Seperti itu juga yang banyak terjadi di Indonesia, yang banyak dari kalangan pejabat atau pemimpin kita yang mengemas dirinya sebagai orang yang baik atau pemimpin yang adil.

Namun apa yang disaksikan ternyata pemimpin tersebut berbuat zalim dan melakukan tindakan-tindakan tidak adil serta bahkan berani melakukan tindakan korupsi. Tindakan seperti ini tentunya, adalah tindakan yang buruk dilakukan oleh pemimpin apabila tidak berbuat adil kepada rakyatnya.



Banyak pemimpin yang cenderung diskriminasi dengan mengangkat teman, kerabat dan keluarganya untuk menduduki jabatan tertentu. Padahal dirinya tidak memenuhi kualitas untuk menduduki jabatan tersebut. Hal ini banyak terjadi dan didesain sedemikian rupa untuk meloloskan kerabat temannya.



Padahal ada banyak anggota atau bawahannya yang setiap dan mengabdi serta pencapaian yang sudah terlampau banyak tak mendapatkan bagian dalam penempatan jabatan tersebut. Disinilah mengapa pentingnya pemimpin yang adil yang sangat jauh ditemukan saat ini.



Apalagi pada saat pembangunan wilayahnya, pemimpin tersebut harus adil dengan membangun sesuai apa yang telah direncanakan tanpa ada pengurangan sedikit pun bahan bangunannya ataupun orang-orang yang mengerjakannya harus sesuai dengan proses yang ada hingga penetapan.

Namun hal itu juga tidak luput dari permainan, dimana banyak pemimpin yang tidak adil dengan mendesain pemenang tender proyek dari pembangunan semisal jalan atau bangunan publik. Biasanya proses tidak terpuji ini melibatkan suap menyuap antara pemenang tender dengan pengelola tender itu sendiri.

Tentu proses yang terjadi melibatkan pemimpin itu sendiri. Apabila pemimpin itu adil maka dia mampu untuk mencegah hal itu untuk menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang diketahui bersama bahwa merupakan sebuah frasa dalam bahasa Arab yang berisi perintah menegakkan yang benar dan melarang yang salah.

Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi setiap orang yang melakukan proses dengan benar dan baik lalu mendapatkan pemimpin adil. Pasti dirinya akan menjalani proses dengan serius untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan tanpa melabrak hukum dan moral sosial dan agama.

Namun jika pemimpin tersebut tidak adil tentu hanya kepasrahan yang bisa didapatkan oleh orang-orang tersebut sambil terus berikhtiar sebab tentu proses yang akan berjalan tidak lagi benar dan adil. Tetapi hal itu juga tidak akan berlangsung lama, sebab setiap waktu mereka akan dihantui dengan yang namanya penjara hingga suatu waktu pasti akan terjerat dan mendekam di jeruji besi.

Tetapi sebelum itu, selama itu pula suatu daerah dan beserta masyarakatnya akan mengalami sensara karena mendapatkan pemimpin yang tidak adil dan malah membawa kemunkaran. Itulah mengapa pentinya penguasa yang adil bagi tegaknya Amar Ma’ruf Nahi Mungkar.

Sebab orang-orang yang mampu berbuat adil telah dijelaskan dalam sabda Nabi yakni: “Orang-orang yang berbuat adil, nanti pada hari kiamat akan berada di atas mimbar cahaya di sisi Allah … yaitu mereka yang berbuat adil dalam hukum mereka, dalam keluarga mereka, dan terhadap apa-apa yang mereka urus” (HR Ahmad, Muslim, dan Nasa’i).

Tugas utama seorang pemimpin pemerintahan adalah mengambil keputusan tentang masalah-masalah yang menyangkut hajat hidup rakyatnya. “Sehari seorang pemimpin yang adil lebih utama daripada beribadah 60 tahun, dan satu hukum ditegakkan di bumi akan dijumpainya lebih bersih daripada hujan 40 hari” (HR Thabrani, Bukhari, Muslim, dan Imam Ishaq).

Jelaskan Pentingnya Penguasa Yang Adil Bagi Tegaknya Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban dari pada topik utama yang berjudul jelaskan pentingnya penguasa yang adil bagi tegaknya amar ma’ruf nahi munkar adalah:

Pentingnya seorang penguasa bertindak adil bagi tegaknya Amar ma’ruf nahi munkar adalah bahwa saat seorang penguasa bertindak adil maka tercipta ketertiban umum dalam kehidupan bermasyarakat, maka masyarakat itu sendiri akan selalu melakukan kebaikan dan tidak akan melakukan setiap tindakan yang buruk/jahat dalam setiap aspek kehidupannya. Dengan taatnya masyarakat terhadap setiap perintah Allah, maka kiranya masyarakat berserta penguasa sebagai pimpinan masyarakat, akan mendapatkan berkat yang melimpah dari Allah.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pentingnya Penguasa Yang Adil Bagi Tegaknya Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *