Jelaskan Pentingnya Keberadaan Pemerintahan Daerah Dalam Proses Penyelenggaraan Pemerintahan RI


Indonesia merupakan negara yang begitu luas dengan pulau yang berjumlah ribuan dengan kekayaan alam yang begiu luar biasa baik dari Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusianya (SDM). Di Indonesia mempunyai sistem pemerintahan yang desentralisasi yang dimana kewenangan dan tanggung jawab pemerintah pusat itu dibagi ke pemerintah daerah.

Apalagi tidak mungkin bagi seorang presiden mampu mengurus penuh negara yang memiliki luas 1,905 juta km2 secara bersamaan dengan keberagaman suku, ras, agama dan bahasa yang membutuhkan pikiran yang matang. Maka dari itu, konsep pembagian tersebut dikenal dengan otonomi daerah.

Yang dimaksud dengan otonomi daerah menurut para ahli dalam hal ini Syarif Saleh adalah suatu hak yang mengatur serta memerintah daerah sendiri dimana hak itu ialah hak yang didapatkan dari suatu pemerintah pusat.

Sedangkan apabila meninjau dari pendapat J.Wajong bahwa otonomi daerah adalah kebebasan untuk memelihara dan memajukan kepentingan khusus dengan keuangan sendiri dalam menentukan hukum dan pemerintahan sendiri. Sistem otonomi daerah membuat hak dan kewajiban bisa mengatur daerahnya sendiri walau dalam pelaksanaannya terdapat kontrol yang dijamin undang-undang.



Tidak hanya itu, apa yang disampaikan oleh Miriam Budiardjo dalam bukunya yang berjudul Dasar-dasar Ilmu Politik (2003), kalau pemerintah pusat berwenang menyerahkan sebagian kekuasaannya ke daerah berdasarkan hak otonomi. Alasannya adalah negara kesatuan dengan sistem desentralisasi. Namun, pada tahap terakhir kekuasaan tertinggi tetap di tangan pemerintah pusat.



Dalam otonomi daerah, pemerintah daerah sangatlah penting sebab menjadi visi ditengah era disentralisasi saat ini berperan menciptakan masyarakat yang mandiri dan menciptakan kesejahteraan agar dapat memperbaiki perekonomian suatu daerah.



Pemerintah daerah keberadaannya sangatlah penting dalam proses penyelenggaraan pemerintahan republik Indonesia (RI). Sebab pemerintahan daerah memegang peran penting sebagai perencana untuk mendesain dan membentuk interaksi dalam suatu proses menuju sasaran yang hendak dicapai.

Seiring dengan kebijakan otonomi daerah yang diatur dalam UU RI 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah memberikan kewenangan lebih luas, nyata dan bertanggung jawab kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan melaksnakan kewenangan atas prakarsa sendiri sesuai dengan kepentingan masyarakat setempat dan potensi daerah masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Sedangkan untuk peran dari pemerintah pusat dalam hubungan dengan pemerintah daerah dari adanya otonomi daerah adalah pemerintah pusat bersifat dalam penentuan kebijakan makro, supervisi, monitoring, evaluasi, kontrol dan pemberdayaan (capacity building). Tujuan ini dilakukan agar daerah dapat optimal menjalankan otonominya dalam hal ini pelaksanaannya.

Namun keberadaan pemerintahan daerah dalam pengambil keputusan harus sesuai dengan Peraturan Perundangan yang lebih tinggi yang ditentukan oleh pusat baik norma, standar dan prosedur. Adapun hubungan yang dijalankan pemerintah daerah dengan pusat adalah

    1. Hubungan wewenang
    2. Keuangan
    3. Pelayanan umum
    4. Pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya lainnya.

Hubungan keuangan, pelayanan umum, pemanfaatan sumber daya alam, dan sumber daya lainnya dilaksanakan secara adil dan selaras. Hubungan wewenang, keuangan, pelayanan umum, pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya lainnya menimbulkan hubungan administrasi dan kewilayahan antar susunan pemerintahan.

Jelaskan Pentingnya Keberadaan Pemerintahan Daerah Dalam Proses Penyelenggaraan Pemerintahan RI

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban dari topik utama pada kali ini yakni jelaskan pentingnya keberadaan pemerintahan daerah dalam proses penyelenggaraan pemerintahan RI adalah:

Hadirnya pemerintah daerah sangat penting dalam proses penyelenggaraan pemerintahan RI dimana membantu dalam menjalankan sistem pemerintahan yang tidak bisa dijalankan pusat karena faktor geografis sehingga dibagi dalam provinsi dan kota/kabupaten serta susunan pemerintahannya diatur dengan undang-undang. Olehnya itu, mulai dari hak, wewenang dan kewajiban diberikan kepada daerah untuk mempercepat kesejahteraan, pelayanan, pemberdayaan dan pemerataan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pentingnya Keberadaan Pemerintahan Daerah Dalam Proses Penyelenggaraan Pemerintahan RI. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *