Jelaskan Pengertian Tata Surya Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian Tata Surya Adalah –  Secara etimologi, tata surya sebenarnya berasal dari istilah bahasa inggris dari kata solar system. Arti solar system sendiri adalah sebuah bintang yang disebut matahari dan objek-objek yang yang mengelilinginya.

Kita manusia berada dalam tata surya, dimana tempat yang kita pijak saat ini adalah bumi. Bumi adalah salah satu planet yang berada dalam sistem tata surya. Selain itu, terdapat planet yang bisa disaksikan dengan kasat mata seperti pada malam hari, kita melihat bulan dan pada siang hari kita melihat matahari.

Selain itu, untuk beberapa bagian planet dan pada waktu tertentu dapat melihat planet-planet yang terdapat dalam tata surya secara kasat mata seperti mars, venus, merkurius dan yupiter. Namun untuk bisa melihatnya dengan jelas dibutuhkan teropong khusus dan cuaca yang baik agar penglihatan tidak terhalang oleh awan.

Tidak hanya itu, tidak pernah kalian berpikir bahwa benda-benda diluar angkasa akan menabrak bumi? tentu hal itu sering kali terbesit dalam pikiran kita. Namun tidak perlu khawatir, sebab dalam tata surya terdapat aturan-aturan yang dikenal dengan orbit berbentuk elips yang dimana menjadi lintasan bagi para planet seperti planet, dan komet serta asteroid serta satelit-satelit alami.



Tata surya dikekalkan oleh pengaruh gaya gravitasi matahari dan sistem yang setara tata surya, yang mempunyai garis pusat setahun kecepatan cahaya, ditandai adanya taburan komet yang disebut awan Oort. Selain itu juga terdapat awan Oort berbentuk piring di bagian dalam tata surya yang dikenali sebagai awan Oor dalam.



Diketahui bahwa tata surya kita terdiri atas 8 planet dengan matahari sebagai pusat atau inti tata surya. Adapun 8 planet tersebut adalah merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, urans, neptunus.



Pada waktu mengedari matahari di lintasan orbitnya, setiap anggota tata surya pada satu waktu berada dekat dengan matahari dan pada lain waktu akan jauh dari matahari. Titik atau tempat pada lintasan orbit yang terdekat dengan matahari disebut titik perihelion. Titik yang terjauh dari matahari disebut titik aphelion.

Tata surya terletak di tepi galaksi Bima Sakti dengan jarak sekitar 2,6 x 1017 km dari pusat galaksi, atau sekitar 25.000 hingga 28.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Berarti dari kecepatan 220 km/detik itu dibutuhkan 225–250 juta tahun sekali untuk tata surya bisa mengelilingi pusat galaksi. Dari perhitungan itu yang dimana tata surya diprediksi berumur 4,6 milyar tahun maka sudah terdapat 20-25 kali tata surya mengelilingi pusat galaksi.

Pengertian Tata Surya Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Tata Surya adalah kumpulan benda-benda langit yang terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari sebagai inti dan benda atau semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya.

Jelaskan Pengertian Tata Surya Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Tata Surya Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Selain itu secara sederhana, pengertian tata surya adalah kumpulan benda-benda langit dimana matahari sebagai pusatnya. Komponen dari Tata Surya diketahui terdiri atas matahari, planet-planet, dan berbagai benda-benda langit seperti satelit, komet, dan asteroid.

Tata surya terletak di galaksi Bimasakti atau yang biasa juga disebut juga Milky Way. Bumi tempat kamu berpijak adalah salah satu dari delapan planet yang ada di dalam tata surya.

Proses Pembentukan Tata Surya

Sedangkan dalam proses pembentukannya terdiri atas bermacam-macam teori seperti ada teori pada Hipotesis Nebula, Planetisimal, Pasang Surut Bintang, Bintang Kembar, Proto Planet (Awan Debu) dan The Big Bang.

Dalam teori nebula awal terbentuknya atau terciptanya tata surya berasal dari kabut raksasa yang terbentuk dari debu, es, dan gas yang menyusut akibat gaya gravitasi, membuat suhu memanas, dan menjadi bintang (matahari), dan planet-planet lainnya.

Pengertian Tata Surya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Tata Surya (Foto: Artikelsiana.com)

Sedangkan dari teori planetisimal adalah teori yang mengatakan bahwa tata surya terbentuk dari bintang yang lewat cukup dekat dengan matahari yang membuat tonjolan pada permukaan Matahari yang saling tarik menarik membuat terbentuk 2 lengan spiral yang memanjang.

Sebagian materi tetap di orbit, mendingin dan memadat, dan menjadi benda-benda yang berukuran kecil yang saling bertabrakan dari waktu ke waktu membentuk planet, bulan dan sisanya terbentuk komet dan asteroid.

Hampir sama dengan teori planetisimal dimana teori pasang surut bintang yang mengatakan bahwa tata surya terbentuk dari kedekatan antara bintang dengan bintang lainnya sehingga tertarik sejumlah besar materi dan membuat gaya pasang surut dan terjadi proses kondensasi.

Begitu juga dengan teori bintang kembar yang dikatakan dulu terdapat 2 bintang dengan ukuran sama dan berdekatan hingga salah satu meledak dan meninggalkan serpihan-serpihan kecil yang kemudian membentuk planet, koment dan asteroid.

Sedangkan untuk teori yang paling terkenal terbentuknya tata surya adalah teori the big bang yang menjelaskan bahwa awal mula terbentuknya tata surya dari ledakan yang terjadi berjuta-juta tahun dengan satu planet yang mempunyai massa dan dan berat yang sangat besar dan kemudian meledak yang beserakan membentuk kelompok-kelompok yakni galaksi sekarang ini.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Tata Surya Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *