Jelaskan Pengertian Simbiosis? Ini Jawaban & Jenis-Jenisnya


Ekosistem terdapat banyak komponen baik itu yang biotik dan juga abiotik. Setiap komponen itu saling berhubungan dan setiap komponennya juga tidak bisa berdiri sendiri. Dengan keterkaitan itu maka terbentuklah suatu interaksi.

Interaksi pada ekosistem antara komponen biotik dan abiotik tersebut melibatkan banyak organisme dan pengaruh yang terjadi. Interaksi itu dilakukan sebagai usaha organisme untuk memenuhi kebutuhan akan makanan dan untuk mempertahankan hidupnya.

Bentuk interaksi yang terjadi ada bermacam-macam bisa dengan kompetisi (persaingan), predasi (pemangsaan), dan simbiosis (kerjasama). Kompetisi disini terjadi antara organisasime yang membutuhkan bahan makanan yang sama.

Selain itu, terkadang juga untuk mendapatkan makanan mereka harus memangsa organisme lain, inilah yang dikatakan dengan predasi (pemangsaan). Organisme yang melakukan ini disebut predator atau pemangsa. Sedangkan yang diincar oleh predator disebut mangsa.



Namun saat dua spesies hidup sangat dekat dalam suatu lingkungan, berinteraksi tanpa melakukan kompetisi atau predasi maka akan terbentuk suatu interaksi baru yang bisa saling menguntungkan, yang satu diuntungkan sedangkan yang lain tidak diuntungkan atau tidak dirugikan sama sekali walaupun tidak diuntungkan juga.



Interaksi baru ini dikenal dengan simbiosis. Sejalan dengan hal itu, pada pembahasan kali ini penulis akan membahas mengenai Simbiosis. Apasih yang dimaksud dengan simbosis itu?



Jelaskan Pengertian Simbiosis

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka adapun yang dimaksud dengan pengertian simbiosis adalah bentuk hubungan interaksi antara dua organisme dari 2 spesies yang berbeda yang saing menguntungkan satu dan satunya lagi dirugikan, atau bisa juga menguntungkan organisme satu namun tidak memberikan pengaruh apapun bagi organisme lainnya.

Istilah simbiosis secara sederhana berarti “hidup bersama“. Apabila melihat asal muasal istilah simbiosis sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas dua kata yaitu “sym” yang berarti dengan, dan kata “biosis” yang berarti kehidupan.

Sehingga bisa dikatakan bahwa yang dimaksud dengan simbiosis adalah interaksi yang kuat antara makhluk hidup yang berbeda jenis yang hidup secara berdampingan dalam kurun waktu tertentu. Simbiosis merupakan suatu pola hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis. Apabila terdapat individu dari 2 spesies yang hidup secara langsung dan berhubungan maka bentuk hubungan itulah dikatakan simbiosis.

Jenis-Jenis Simbiosis Adalah?

Diketahui bahwa jenis-jenis simbiosis yang terjadi dibedakan menjadi tiga jenis yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme dan komensalisme. Adapun yang dimaksud dengan ketiga jenis tersebut adalah:

1. Simbiosis Parasitisme

Parasitisme adalah bentuk interaksi simbiosis yang hanya menguntungkan satu pihak dan yang lain dirugikan. Organisme yang diuntungkan mengambil nutrisi dari organisme lain, sedangkan inangnya dirugikan.

2. Simbiosis Komensalisme

Secara umum yang dimaksud dengan simbiosis adalah simbiosis yang terjadi yang menyebabkan satu diuntungkan dan yang lainnya tidak dirugikan. Dalam interaksi ini dimana organisme tidak terusik dengan keberadaan organisme lainnya.

3. Simbiosis Mutalisme

Yang dimaksud dengan pengertian simbiosis mutualisme adalah simbiosis yang kedua spesies saling mendapatkan keuntungan agar dapat bertahan dan berkembang.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Simbiosis? Ini Jawaban & Jenis-Jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *