Jelaskan Pengertian Shalat Jumat? Ini Jawaban & Hukumnya


Islam merupakan agama universal yang bermakna penyerahan diri secara patuh dan taat kepada Allah SWT. Olehnya itu, dalam kehidupan sehari-hari apa yang dilakukan oleh manusia harus sesuai dengan ajaran Allah SWT.

Alasannya sangatlah sederhana, manusia harus bisa berbuat sesuatu yang dapat pertanggung jawabkan di hadapan-Nya, baik di dunia ini maupun, khususnya kelak dalam Pengadilan Ilahi di Akhirat.

Salah satu cara yang wajib untuk dilakukan oleh manusia khususnya bagi umat muslim adalah dengan melaksanakan shalat. Sebab dengan menjalankan shalat, umat Islam akan terhindar dari sifat keji dan juga mungkar.

Hal itu karena secar harfiah, arti shalat sendiri adalah doa. Sedangkan dalam konteks ini, maka yang dimaksud dengan shalat adalah do’a yang disampaikan dengan tata cara syarat dan rukun yang khas dalam bentuk bacaan-bacaan dan gerakan-gerakan tertentu.



Dalam Islam, shalat jumat ini mempunyai peran penting dan mempunyai keutamaan yang begitu luar biasa sebab menjadi momen penting bagi pertemuan kaum muslimin, yang merupakan pertemuan agung dari banyaknya pertemuan lainnya, dan nilai fardunya lebih mulia, selain pertemuan dihari Arafah.



Selain itu dalam Islam, hari jumat dikenal juga sebagai hari raya bagi orang mukmin dan untuk umat Nabi Muhammad SAW dikhususnya oleh Allah SWT sebagai hari mulia yang diketahui apabila terdapat seseorang muslim yang meninggal pada hari Jumat akan diberi pahala dan dikatakan juga pahalanya sama dengan orang yang mati syahid. Keutamaan lainnya pada hari jumat adalah dijaga dari fitnah kubur serta menjadikan shalat jumat sebagai pelebur noda dan dosa selama seminggu melaksanakan aktivitas.



Hal itu tertuang dalam firman Allah dalam Al-Quran Surah Al Jumuah ayat 9-10 yang perintahnya untuk melaksanakan shalat Jum’at jika telah mendengar adzan, apabila adzan telah dikumandangkan maka tinggalkanlah segala aktivitas dan bersegerahlah untuk shalat Jum’at, apabila shalat Jum’at telah ditunaikan maka diperintahkan untuk kembali mencari karunia Allah atau menjemput rezeki, prilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap surah Al-Jumuah adalah sebagai kaum Muslimin hendaklah senantiasa menjalankan shalat dengan khusyuk dan tepat waktu, senantiasa bekerja dengan baik tanpa melupakan ibadah kepada Allah, mengedepankan beribadah dari pada pekerjaan

Dalam sejarah singkatnya, shalat jumat pertama kali dikerjakan oleh Rasulullah SAW di Madinah, yang pada saat itu nab hijrah dari mekah ke madiha saat sampainya di Qubah. Shalat Jum’at yang pertama dilakukan di suatu kampung ‘Amru bin Auf’. Rasulullah SAW tiba di Qubah pada hari Senin dan berdiam di sini hingga hari Kamis, selama waktu itu beliau membuat/menegakkan Mesjid buat Sembahyang kaum Muslimin di Qubah.

Pengertian Shalat Jumat Adalah?

Berdasarkan dari kesimpulan diatas, maka adapun yang dimaksud dengan pengertian shalat jumat secara umum adalah shalat wajib dua raka‟at yang dilaksanakan dengan berjama‟ah diwaktu dzuhur dengan didahului oleh dua khutbah.

Hukum Shalat Jum’at Adalah?

Shalat Jum’at hukumnya fardhu ain bagi setiap orang yang memenuhi syarat-syarat. Seluruh ulama sepakat bahwa syarat-syarat shalat Jum’at itu sama dengan syarat-syarat shalat lainnya, seperti bersuci, menutup aurat, menghadap Kiblat.

Dan waktunya dari mulai tergelincirnya matahari sampai bayangan di tempat lainnya, segala sesuatu sama panjangnya. Dan ia boleh didirikan di dalam masjid atau di tempat lainnya, kecuali mazhab Maliki mereka menyatakan bahwa shalat Jum’at itu tidak sah kecuali bila dikerjakan di dalam masjid.

Dan seluruh ulama telah sepakat bahwa shalat Jum’at itu diwajibkan atas laki-laki saja, sedang wanita tidak. Shalat Jum’at dinilai sebagai pengganti shalat Zhuhur. Karena itu, tidak lagi wajib atau dianjurkan kepada yang telah shalat Jum’at untuk melakukan shalat Zhuhur.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Shalat Jumat? Ini Jawaban & Tata Caranya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *