Jelaskan Pengertian Shadaqah Adalah? Ini Tujuan & Keutamaan Sedekah


Pengertian Shadaqah Adalah – Orang yang bersedekah atau Shadaqah adalah orang yang mulia. Begitulah ungkapan setiap orang yang bersedekah atau shadaqah. Setiap itu, banyak yang berkata, orang-orang yang bersedekah atau shadaqah akan mendapatkan manfaat yang sangat besar walaupun hukum dari sedekah adalah sunnah seluruh umat Islam.

Banyak orang yang apabila ketiban musibah atau semakin mendapatkan keuntungan, maka diharuskan bagi mereka untuk bersedekah atau shadaqah. Sebab sedekah juga dikatakan sebagai ungkapan rasa syukur terhadap apa yang telah didapatkan baik itu mensyukuri terjadinya musibah, malahan dengan hadirnya musibah maka setiap orang semakin terbuka untuk selalu bersedekah atau shadaqah.

Ada banyak jenis-jenis shadaqah atau sedekah yang bisa dilakukan setiap orang, sebab tujuan dan fungsi dari sedekah itupun juga sangatlah berguna. Sedekah bisa dilakukan tidak hanya berbentuk harta benda, melainkan sedekah atau shadaqah juga bisa dilakukan dengan ibadah fisik non material.

Seperti dengan menolong orang lain dengan tenaga dan pikirannya, mengajarkan ilmu, senyum, memberi nafkah keluarga, berdzikir dll. Katanya orang-orang yang bersedekah atau bershadaqah, maka Allah SWT allah akan memberikan balasan yang sangat besar baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung.



Hal yang biasa ditemukan oleh cerita dari masyarakat bagi orang bersedekah atau shadaqah adalah menolak balah, menahan musibah serta reseki dilipat gandakan, demikian ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yakni “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” dan “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”



Selain itu dalam QS. Al-Baqarah ayat 245 menjelaskan bahwa dengan bunyi



مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya adalah “siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” Selain itu dalam salah satu hadits yang diriwayatkan Baihaqi yakni “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. dan juga riwayat muslim “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu”.

Bahkan saat hari kiamat, Sedekah adalah salah satu kunci bagi seorang mukmin sebagaimana dalam hadits riwayat Ahmad yakni “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya”. Karena Sedekah atau shadaqah akan menghapus dosa sebagaimana hadits riwayat At-Tirmidzi yakni “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”.

Selanjutnya keutamaan bersedekah atau shadaqah untuk manfaat yang akan didapatkan oleh mereka sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah QS Al-Baqarah ayat 261 yang bunyi ayatnya adalah:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي
كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Itulah berbagai penjelasan mengenai tujuan, keutamaan dan manfaat yang didapatkan bagi orang-orang yang bersedekah atau shadaqah yang dijelaskan dan dituliskan berdasarkan dasar hukum atau landasan ayat dan hadits sebagaimana diatas. Lantas demikian, dapatkah anda menyimpulkan bahwa apasih itu yang dimaksud dengan pengertian Shadaqah atau sedekah?. Adapun pembahasan itu akan dijelaskan dibawah ini:

Pengertian Shadaqah Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian sedekah (shadaqah) adalah pemberian dari seorang muslim secara suksrela tanpa dibatasi waktu dan jumlah ( haul dan nisbah) sebagai kebaikan dengan mengharap ridho allah. Secara etimologi, istilah sedekah berasal dari bahasa arab yakni shadaqa. Secara sederhana, shadaqoh juga didefinisikan sebagai mendermkan sesuatu kepada orang lain.

Perbedaan Infaq Dengan Shadaqoh Adalah?

Antara infaq atau shadaqoh terdapat perbedaan makna yang terletak pada bendanya. Kalau infaq berkaitan dengan amal yang material, sedangkan shadaqoh berkaitan dengan amal baik yang wujudnya material maupun non-material.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Shadaqah Adalah? Ini Tujuan & Keutamaan Sedekah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *