Jelaskan Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi & Contohnya


Pengertian Seni Rupa Terapan –¬†Seni rupa merupakan cabang seni yang mengekspresikan seni melalui media yang bisa dilihat oleh indra. Ini bisa dilakukan karena mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan. Tentu saja ini adalah pembentuk atau bisa dikatakan sebagai unsur dari seni rupa, dimana yang utamanya adalah estetika. Sampai saat ini, seni rupa dibedakan dalam 3 kategori yaitu seni rupa murni, seni rupa kriya atau seni rupa terapan dan seni rupa desain.

Berbicara soal salah satu dari jenis seni rupa diatas yakni Seni Rupa Terapan adalah seni rupa yang saat ini banyak disekitar kita. Hal itu karena seni rupa terapan atau kriya lebih mengedepankan kepada fungsi dan kemudaha dalam produksinya. Sehingga tidak jarang contoh-contoh seni rupa terapan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di rumah, di lingkungan kerja atau di sekolah, barang-barang seni rupa terapan selalu ada.

Hal itu juga karena seni rupa terapan merupakan karya aplikatif. Maksudnya karya sen irupa ini diterapkan pada bentuk fungsional untuk memenuhi hidup manusia. Wujud atau bentuk-bentuk dari karya seni rupa terapan bisa sebuah perlengkapan makanan, perhiasan, perlengkapan ibadah, perabot rumah tangga, perlengkapan pertunjukan dan pakaian.

Sejak dulu, karya seni rupa terapan sudah ada. Apabila ditinjau dari sejarahya, karna seni rupa terapan ini sudah ada sejak zaman prasejarah. Pada saat itu, nenek moyang Indonesia memakai kapan bau dan tulang untuk berburu yang dianggap masuk sebagai salah satu karya seni rupa terapan. Pada perkembangan selanjutnya, pembuatan dari alat tersebut semakin berkembang hingga ditemukannya teknik peleburan logam.



Ditemukannya teknik tersebut membuat berbagai contoh karya seni rupa terapan pun bermunculan pada masa itu seperti moko, nekara, bejana, dll. Berdasarkan dari penjelasan diatas, apasih yang dimaksud dengan pengertian karya seni rupa terapan itu>



Pengertian Karya Seni Rupa Terapan Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Karya Seni Rupa Terapan adalah karya seni yang dipergunakan sehari-hari dan mengandung nilai keindahan/estetika. Secara harfiah, Pengertian seni rupa terapan adalah suatu benda seni yang berwujud dan dapat digunakan. Karya seni rupa terapan merupakan karya seni untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan).



Jelaskan Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi & Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi & Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari pengertian diatas, maka bisa dikatakan bahwa perbedaan seni rupa terapan dengan seni rupa murni adalah seni rupa terapan mengutamakan fungsi walaupun juga terdapat keindahan. Sedangkan untuk seni rupa murni lebih mengandung estetika dibandingkan kegunaan. Olehnya itulah, mengapa ada banyak contoh-contoh karya seni rupa terapan yang bisa ditemukan seperti patung, poster, baju/pakain, dan keramik dll.

Dalam merangkum seluruh contoh-contoh karya seni rupa terapan bisa dengan dikelompokkan dalam beberapa jenis seperti seni bangunan, seni ilustrasi, seni grafis terapan, seni dekorasi dan seni kriya terapan.

Fungsi Seni Rupa Terapan Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi dari seni rupa terapan adalah:

  1. Pemenuhan kebutuhan yang bersifat praktis (kegunaan), adalah karya yang berfungsi sebagai benda pakai, dan mengandung nilai hias. Seperti perabotan rumah tangga, contohnya lemari, meja, kurni dan tekstil.
  2. Pemenuhan kebutuhan yang bersifat estetis (keindahan), adalah fungsi yang semata-mata sebagai benda hias. Seperti karya batik atau tenun yang dibuat khusus untuk hiasan dinding dan benda-benda kerajinan untuk penghias ruangan, seperti topeng, vas bunga, dan patung.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi & Contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *