Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar? Ini Arti & Tujuannya


Pengertian Segmentasi Pasar –¬†Biasanya pembeli mempunyai perbedaan antara satu dengan lainnya saat di pasar. Perbedaan itu bisa terjadi baik dari motif dan perilaku serta kebiasaan pembeli. Hal itu bisa ditinjau dari ciri dan sifat pembeli atau konsumen. Dari perbedaan tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa pasar suatu produk tidaklah homogen, melainkan heterogen.

Hal itu karena pasar menjadi tempat berkumpulnya jumlah konsumen yang banyak serta secara geografis tersebar. Selain itu di pasar, konsumen juga punya aneka ragam kebutuhan, keinginan, dan kemampuan membeli yang berbeda-beda. Dengan perbedaan ini, maka perusahaan terkadang kesulitan untuk melayani dan memenuhi para pembeli atau konsumen. Dari hal inilah para ahli yakni kotler menyampaikan terdapat 3 strategi pemasaran yakni segmentasi, targetting, positioning.

Berbicara soal segmentasi pasar, perusahaan terkadang membagi-bagi, pasar yang besar dan heterogen menjadi segmen yang lebih kecil. Tujuanya agar dapat tercapai lebih efisien dan efektif dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Inilah pentingnya segmentasi pasar dalam pemasaran. Dengan strategi segmentasi pasar, maka perusahaan yang memahami kebutuhan pelanggan mungkin akan memilih untuk menerapkan pendekatan segmentasi berbasis kebutuhan, yang berfokus pada pelanggan yang menghargai atribut spesifik.

Dengan memahami segmentasi pasar, maka keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan dan juga konsumen atau pembeli sangatlah besar. Sebab dengan segmentasi pasar, kita bisa mendesain produk yang responsif, menganalisis pasar, mengetahui pesaing pasar, menemukan peluang, menguasai posisi superior dan kompetitif, dan menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien.



Dalam mendapatkan keuntungan itu tidaklah mudah, sebab dalam segmentasi pasar terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi. Syarat segmen pasar adalah harus besar atau potensial, memiliki daya dan kesediaan membeli, ada perbedaan yang jelas dengan lainnya, mengidentifikasi tentang ada atau tidaknya pemain pada segmen itu, terjangkau dengan media dan distribusi, dan yang terakhir punya sumber daya yang cocok dengan keterampilan sumber daya manusia yang dimiliki.



Berdasarkan dari penjelasan diatas, dapatkah anda mengambil kesimpulan mengenai pengertian segmentasi pasar dan tujuan segmentasi pasar? dibawah ini penulis akan menyajikan informasi mengenai apa yang dimaksud dengan pengertian segmentasi pasar dan tujuan segmentasi pasar itu?.



Pengertian Segmentasi Pasar Adalah?

Secara sederhana arti segmentasi pasar adalah proses pengelompokan pasar kedalam segmen yang berbeda-beda. Sedangkan secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Segmen pasar (market segmen) adalah sekelompok pembeli yang memiliki karakteristik yang sama dan memberikan respon yang sama terhadap aktivitas pemasaran tertentu.

Pengertian Segmentasi Pasar (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Segmentasi Pasar (Foto: Artikelsiana.com)

Menurut para ahli Philip Kotler, menjelaskan bahwa arti segmentasi pasar adalah usaha untuk meningkatkan ketepatan pemasaran perusahaan. Sedangkan menurut Rhenald Kasali (dalam sutisna, 2002) bahwa yang dimaksud dengan definisi Segmentasi adalah proses mengotak-ngotakkan pasar yang heterogen kedalam potensial customer yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter yang dimiliki respons yang sama dalam membelanjakan uangnya.

Tujuan Segmentasi Pasar

Tujuan utama segmentasi pasar dilakukan menurut Tjiptono (2012) ialah menempatkan suatu produk atau merek didalam benak konsumen sehingga produk atau merek itu keunggulan/keistimewaan kompetitif yang berkelanjutan. Sedangkan menurut Weinstein (dalam Kasali, 1998) bahwa tujuannya adalah melayani konsumen lebih baik dan memperbaiki posisi kompetitif perusahaan.

Sebab produk dipilih oleh konsumen karena keunikan ataupun perbedaan produknya. Selain itu tujuan segmentasi pasar juga dilakukan untuk membedakan preferensi pembelian setiap segmen pasar. Adapun lebih terperinci tujuan dari segmentasi pasar dilakukan adalah:

  1. Memudahkan diferensiasi atau membedakan pasar
  2. Untuk membuat layanan pelanggan menjadi lebih baik
  3. Untuk mengetahui strategi pemasaran yang lebih fokus dan terarah
  4. Untuk mengenal kompetitor dengan segmen yang sama
  5. Untuk evaluasi target dan rencana bisnis
Tujuan Segmentasi Pasar (Foto: Artikelsiana.com)
Tujuan Segmentasi Pasar (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar? Ini Arti & Tujuannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *